pengertian mailing list

Guys, kalian ingin membagikan informasi promo ke banyak orang dengan lebih cepat, kah? Wah, mailing list bisa jadi salah satu cara yang efektif, nih. Apalagi jika kalian mampu memilih jenis yang tepat sesuai audiens bisnis kalian. Okay, ketahui yuk pengertian mailing list dan cara membuatnya dengan baca Pengertian Mailing List dan Cara Membuatnya

Pengertian Mailing List

Mailing list adalah sebuah layanan untuk dapat mengirim email ke banyak orang dalam sebuah kelompok yang sudah ditentukan. Layanan ini juga biasa disebut milis.

Mailing list ternyata juga bisa digunakan untuk tujuan bisnis, terutama dalam upaya promosi produk menggunakan layanan hosting website kalian. 

Kelebihan mailing list bukan hanya karena informasi bisa lebih mudah disebarkan tapi upaya promosi juga akan lebih tepat menjangkau audiens yang relevan. Jadi, ketika kalian sudah punya daftar email calon pelanggan, selanjutnya kalian mengelompokkan mereka sesuai dengan kategori promo tertentu. Saat kalian menjawab pertanyaan audiens tentang sebuah promo, informasi itu akan diterima oleh semua anggota di dalamnya.

Jenis Mailing List yang Bisa Digunakan

Ada tiga jenis mailing list:

Announcement Type List

Jenis mailing list ini menggunakan komunikasi satu arah. Hal ini berarti pelanggan yang masuk sebagai anggota tidak bisa membalas email kalian.

Biasanya announcement type list digunakan untuk mengumumkan peluncuran produk baru, diskon produk atau newsletter sebagai alat kampanye merek bisnis. 

Response List (h3)

Mailing list jenis ini sudah memberikan komunikasi dua arah. Namun, response yang diperbolehkan sudah kalian tentukan sebelumnya. Jenis ini bisa digunakan saat meluncurkan sebuah produk baru dan ingin mengetahui minat audiens. Mereka bisa menjawab penawaran yang dilakukan dengan opsi “ya” atau “tidak” sebagai bahan survei produk kalian. 

Discussion Type List (h3)

Proses komunikasi dalam discussion type list berjalan dua arah secara penuh. Artinya, pelanggan dapat membalas email kalian layaknya komunikasi normal. Contoh mailing list ini banyak digunakan untuk promosi produk sekaligus melakukan transaksi penjualan.

Cara Membuat Alamat Email Grup (Mailing List)

Berikut adalah langkah-langkah cara buat email group (mailing list) di Jetorbit:

  • Masuk ke cPanel akun hosting kalian.
  • Setelah login, pilih menu Email >> Mailing List
pengertian-mailing-list-1
  • Isi List Name dengan nama email grup yang kalian inginkan. Contoh: nhbisnis. Untuk Access Type pilih Private agar kalian bisa mengatur sendiri siapa saja yang ingin kalian tambahkan sebagai anggota email grup. Selanjutnya klik Add untuk membuat email grup.
pengertian-mailing-list-2
  • Berikut notifikasi apabila kalian berhasil membuat email grup pada cPanel hosting kalian. Klik Go Back.
pengertian-mailing-list-3
  • Pilih Manage untuk mengatur email grup kalian.
pengertian-mailing-list-4
  • Pada kolom Details for owner, isikan dengan alamat email yang ingin kalian jadikan sebagai Admin. Pada contoh di bawah ini, email [email protected] kami jadikan sebagai admin.
pengertian-mailing-list-5
  • Selanjutnya klik Submit Your Changes yang berada di bagian bawah.
pengertian-mailing-list-6
  • Untuk menambahkan anggota grup, pilih Membership Management.
pengertian-mailing-list-7
  • Klik Mass Subscription untuk menambahkan anggota ke grup kalian.
pengertian-mailing-list-8
  • Isikan alamat email yang ingin kalian tambahkan pada kolom Enter one address per line below seperti pada gambar. Pada contoh ini, kami akan memasukkan 3 email berikut:

[email protected]

[email protected]

[email protected]

Ketikkan satu alamat email per baris.

pengertian-mailing-list-9

Setelah itu klik Submit Your Changes.

  • Klik Membership List untuk melihat apakah alamat email tadi telah berhasil ditambahkan.
pengertian-mailing-list-10
  • Berikut tampilan apabila kalian telah berhasil menambahkan alamat email anggota grup kalian.
pengertian-mailing-list-11

Sekarang kalian sudah dapat mengirimkan email ke beberapa alamat email sekaligus dengan menggunakan email grup. Contohnya, apabila email [email protected] mengirim email ke email grup ([email protected]) maka semua email yang tergabung dalam [email protected] akan menerima email dari [email protected] .

NB: untuk membuat email grup, kami hanya menyarankan untuk membuatnya di layanan mail hosting saja.

Alasan Mailing List Itu Penting

Apa saja sih manfaat dari mailing list?

Membagikan Informasi dengan Cepat

Mailing list bisa membantu untuk membagikan informasi dengan cepat dan praktis. Dalam sekali kirim, informasi dapat diterima oleh semua anggota.

Nah, kalau digunakan untuk promosi produk baru, tentu akan lebih efektif untuk meningkatkan penjualan. Apalagi sebagai bagian dari strategi email marketing, cara ini bisa 40% lebih optimal dibanding menggunakan media sosial, lho

Promosi Tepat Sasaran

Ketika membuat sebuah mailing list, kalian tentu akan mengelompokkan audiens sesuai kategori tertentu, bisa terkait promo atau produk. 

Nah, ketika berbagi informasi di mailing list, informasi yang diberikan akan lebih tepat sasaran. Hal ini karena audiens yang dituju memang memiliki ketertarikan pada informasi promo yang kalian sampaikan. 

Hemat Biaya Promosi

Dengan mailing list, upaya promosi yang kalian lakukan bukan hanya lebih cepat dan mudah tapi juga lebih murah. Sebab, kalian cukup memanfaatkan komunikasi via email yang praktis menggunakan layanan hosting yang kalian gunakan.

Guys, layanan mailing list cukup efektif untuk bisnis dan kalian bisa menggunakan mailing list untuk berbagai tujuan, terutama untuk promosi produk. Cara membuatnya juga cukup mudah, kan? Okay, selamat mencoba, ya!

Oia, buat email dengan domain sendiri sekarang lebih mudah, aman dan keren!
Gunakan layanan email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan terpercaya dalam bisnis. Selain itu, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Have a good day

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment