pengertian kode referral

Siapa nih yang sering menggunakan kode referral yang dibagikan oleh para influencer? Kenapa ya mereka gencar menyebarkan kode referral tersebut? Tentunya program referral code tersebut bisa sangat menguntungkan. Kalian bisa mendapatkan diskon pembelian sampai komisi yang besar. Nah, bagi yang ingin mendapatkan keuntungan dari kode referal dan belum tahu cara menggunakannya, kalian harus simak sampai tuntas nih Pengertian Kode Referral, Keuntungan, dan Cara Penggunaan

Pengertian Kode Referral

Kode referral adalah kode yang diberikan pada event tertentu kepada calon customer. Kode referral sendiri terdiri dari kombinasi unik antara angka dan huruf sebagai salah satu syarat member referral yang terdapat dalam program referral marketing.

Secara umum, kode referral digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk yang mereka miliki. Contohnya pada e-commerce, mereka memanfaatkan media sosial untuk mengiklankan kepada pelanggan akan mendapatkan potongan harga. Tentunya untuk menarik perhatian pelanggan baru untuk menggunakan produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.

Kode referral diperoleh dari berbagai macam promosi seperti di media sosial. Misalnya, seseorang mendapatkan kode referral ketika melihat iklan promosi di media sosial.

Semakin banyak mengajak dan memberikan kode referral kepada pengguna baru dari suatu aplikasi maka hadiah yang didapatkan juga semakin besar. Namun, tetap memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku agar nantinya kode referral tetap aktif untuk kedua belah pihak.

Secara umum, kode referral merupakan teknik marketing yang dapat memberikan keuntungan kepada pelanggan apabila sudah berhasil memenuhi syarat yang telah ditentukan, yakni meminta orang lain memasukan kode referral saat yang bersangkutan menjadi pelanggan baru.

Cara Kerja Kode Refferal

Ada beberapa langkah cara kerja kode referral:

1. Menetapkan kode promo

Hal pertama yang dilakukan yaitu menetapkan kode. Misalnya seperti kode statis, yang mana semua referensi menggunakan kode yang sama. Akan tetapi, tidak sedikit yang menentukan kode unik untuk masing-masing nasabah maupun pelanggan.

2. Meminta pelanggan membagikan kode

Membagikan kode pelanggan yang baru mendaftar melalui akun pelanggan maupun email. Sebaiknya ditulis syarat atau ketentuan sejelas-jelasnya dalam pengiriman kode.

Pelanggan juga bebas membagikan kode dan mengajak kawan-kawannya melakukan hal yang sama, seperti di media sosial, pesan singkat maupun blog.

3. Pengumpulan kode promo

Pelaku usaha perlu mengumpulkan serta mendata kode. Proses ini terjadi ketika pelanggan memasukkan kode setelah checkout atau perusahaan melacak kode dari cookie dan tautan.

Dari kode referral, biasanya pelanggan akan mendapatkan komisi atau insentif. Untuk mendapatkannya, perusahaan mempunyai peraturan masing-masing. Oleh sebab itu, kode referral cukup dibagikan di media sosial atau lainnya.

4. Klaim hadiah

Apabila member referral berhasil mengajak calon pelanggan baru untuk menggunakan suatu produk dari perusahaan menggunakan kode referral maka akan menerima kompensasi yang sudah dijanjikan oleh perusahaan.

Keuntungan Menggunakan Kode Referral Bagi Pengusaha

Berikut manfaat program referral code bagi pengusaha:

1. Menjaring lebih banyak pelanggan

Semakin tinggi jumlah produk yang terjual maka perusahaan akan berkesempatan mendapatkan pelanggan yang lebih banyak sehingga berbagi kode referral akan ada peluang yang besar orang berbelanja. Hal ini bagus untuk perkembangan serta pemasukan perusahaan. Selain itu, bisnis di perusahaan tersebut juga mempunyai peluang untuk berkembang.

2. Pemasaran

Kode ini sebagai salah satu strategi pemasaran atau marketing di dunia e-commerce, jasa keuangan maupun marketplace. Apalagi jika kode tersebut berisi bebas ongkir kirim dan potongan diskon. Harapannya akan semakin banyak orang yang tertarik dan bertransaksi.

3. Pengembangan produk

Apabila ada e-commerce yang menjual produk fashion dan ada rencana meluncurkan produk terbaru maka dapat melakukan survey kepada pelanggan tentang hal-hal yang menyangkut fashion.

Contohnya seperti model busana, baju, kualitas kain, cara merawat baju, dan sebagainya. Hasil survey dapat dijadikan patokan untuk mengembangkan produk. Tawarkan kode atau pemberian hadiah berupa produk terbaru agar banyak pelanggan yang mengisi survey tersebut.

4. Membentuk loyalitas

Loyalitas pelanggan bisa di dapatkan dari kode referral. Akan tetapi, pembagian kode harus berjalan dengan kualitas produk serta layanan pelanggan. Hal ini agar pelanggan tetap menggunakan jasa atau produk tersebut.

Untuk menghargai kesetiaan pelanggan dalam berbelanja maka berikan program loyalitas dengan berbagai keuntungan.

5. Membuat Nama Perusahaan Lebih Dikenal

Setiap perusahaan harus melakukan promosi agar produknya dapat dikenal lebih luas. Kini semua perusahaan berlomba-lomba melakukan promosi produk dengan cara yang efektif. Menggunakan kode referral adalah salah satunya.

Jangkauan promosi program referral ini bisa lebih efektif. Pengguna dapat mendistribusikan kode referral-nya ke mana saja secara personal. Dengan begitu, perusahaan akan terbantu untuk promosi di channel-channel yang tidak terjangkau sebelumnya. 

6. Meningkatkan Transaksi Penjualan Produk

Eitss, program referral juga mampu meningkatkan transaksi penjualan produk. Biasanya orang yang membagikan kode referral juga akan memberikan testimoni dan menyebutkan keunggulan dari produk.

Sebuah studi dari referralcandy.com mengungkapkan bahwa kode referral dipercaya oleh 86% pelanggan. Seorang konsumen juga 50x lebih mungkin untuk membeli produk ketika direkomendasikan oleh kawan dekat atau keluarga mereka. Konsumen lebih cenderung mempercayai rekomendasi dari orang terdekat daripada iklan bersponsor.

Hal tersebut membantu calon pelanggan baru yang biasanya mencari tahu apakah produk ini worth it atau tidak. Hasilnya, kemungkinan besar orang jadi tertarik untuk menggunakan produk yang dimaksud. Benar ternyata! Menurut McKinsey & Company, 41% pelanggan menentukan keputusan pembelian mereka dari komentar dari orang lain. 

Keuntungan Menggunakan Referral Code Bagi Konsumen

Berikut ini beberapa keuntungan referral code juga memberikan beragam keuntungan bagi konsumen.

1. Mendapatkan Komisi yang Besar

Keuntungan bagi konsumen yang pertama, yaitu memungkinkan konsumen mendapatkan komisi. Komisi diberikan baik untuk pemilik maupun pengguna kode referral tersebut. Komisi nantinya diberikan ketika ada aktivitas tertentu, seperti daftar akun baru ataupun pembelian suatu produk.

Perhitungan komisi umumnya diberikan pada setiap satu item pembelian. Besaran komisi yang diberikan cukup beragam, mulai dari 10-70%.

2. Membuat Harga Produk Jadi Lebih Murah

Selain mendapatkan komisi yang besar, keuntungan program referral adalah bisa membuat harga pembelian produk jauh lebih murah. Biasanya, kode referral akan memberikan rate diskon 10-50% bagi para penggunannya.

Tentu saja ini akan lebih menghemat pembelian produk. Siapa sih pelanggan yang tidak mau diskon? 

3. Memudahkan Konsumen untuk Berbagi Diskon ke Teman atau Keluarga

Selain menguntungkan kalian sendiri, kalian juga dapat membantu konsumen lain untuk mendapatkan diskon pembelian produk, lho.

Karena kode referral kalian bisa dibagikan kepada siapapun maka kalian bisa membantu orang lain, seperti kawan atau keluarga yang untuk nantinya sama-sama mendapatkan diskon produk yang besar. 

4. Mendapatkan Keuntungan Tanpa Mengeluarkan Modal

Tanpa melakukan transaksi sekalipun, kalian bisa mendapatkan keuntungan dari kode referral, lho. Entah dari orang yang mendaftar akun lewat kode atau tautan yang kalian bagikan. 

Ini berbeda dengan kode voucher, yang mana keuntungannya kalian bisa dapatkan setelah kalian melakukan suatu transaksi. 

5. Keuntungan yang Tak Pernah Habis

Umumnya, kode referral ini bersifat permanen alias tidak ada masa kadaluarsa. Tentu hal ini bisa sangat menguntungkan konsumen karena selagi kode kalian terus digunakan oleh konsumen baru maka kalian akan terus mendapatkan keuntungan. 

Nah, agar kode referral kalian banyak dipercaya orang lain maka kalian bisa mengemasnya dengan cara yang unik, seperti menaruhnya di website yang sesuai dengan niche referral aplikasi tersebut, membuat konten yang menarik di TikTok, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Kode Referral

Dalam dunia referral ada berbagai macam jenis referral yang digunakan untuk mempromosikan suatu brand, antara lain sebagai berikut :

1. Direct Referral

Direct referral adalah proses untuk mendaftar pada website tertentu dengan menggunakan link referral yang telah diberikan kepada orang lain. Misalnya, ketika kita memiliki kawan yang ikut mempromosikan link referral tersebut ke sosial media maka kawan kita akan tertarik pada link tersebut. Kita akan menjadi referral dan kawan kita menjadi sponsor atau upline.

Dalam pengelolaannya, direct referral tidak membutuhkan biaya karena sistem dapat bekerja secara otomatis. Ada beberapa keuntungan yang didapatkan apabila menggunakan direct referral, yaitu:

  • Pengguna referral dapat menghapus link referralnya apabila link tersebut sudah tidak lagi memberikan insentif atau pemasukan.
  • Pemilik referral tak perlu repot karena sistem otomatis yang dimilikin oleh direct referral sehingga apabila referral didiamkan, akan tetap bisa mendapatkan insentif ataupun pemasukan.

2. Rented Referral

Rented referral atau referral sewa adalah referral yang diperuntukan untuk orang yang akan mendaftar menjadi member. Mendaftar di situs PTC tanpa harus menjadi referral orang lain. Pemilik situs akan menyewakan referral tersebut kepada member yang akan menyewa dengan bayaran tertentu.

Pengguna rented referral sebaiknya mengelola dengan berhati-hati sebab referral ini berbayar. Rented referral diibaratkan seperti karyawan yang dibayar untuk menghasilkan uang untuk menjadi member referral.

Oleh karena itu, apabila akan menggunakan rented referral maka gunakanlah dan dikelola dengan baik agar nantinya mendapatkan keuntungan yang maksimal atau balik modal.

Langkah-Langkah Menjalankan Referral

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjalankan referral agar mendapatkan keuntungan yang maksimal, antara lain sebagai berikut:

1. Memberikan insentif

Perusahaan dapat memberikan insentif kepada konsumen yang akan menjadi member referral. Pemberian insentif ini sebagai salah satu bentuk untuk menarik konsumen agar menjadi member referral pada website PTC perusahan.

Selain memberikan dalam bentuk uang, perusahaan juga memberikan insentif dalam bentuk potongan harga dengan jumlah tertentu, voucher belanja atau bonus poin untuk member referral.

Insentif ini yang dapat meningkatkan semangat konsumen untuk terus memberikan ulasan serta rekomendasi pada produk perusahan melalui referral.

2. Mempublikasikan program referral

Publikasi merupakan hal yang sangat penting. Apabila perusahaan tidak memberikan publikasi maka dalam menarik konsumen atau member referral akan mengalami kesulitan.

Hal ini dikarenakan konsumen tidak mengetahui bahwa website PTC perusahaan membuka program untuk konsumen yang ingin menjadi member referral.

Perusahaan dapat mempublikasikan program referral dengan mengumumkan di laman website perusahaan.

3. Membuat program sederhana untuk program referral

Perusahaan dapat membuat program-program referral mulai dari regulasi, sistem hingga publikasi. Semakin sederhana program referral yang diterapkan maka semakin mudah juga untuk member referral membagikan referral tersebut.

Selain itu, kemudahan program dapat membuat member referral semakin mudah dalam memahami program yang diikuti sehingga member akan memberikan rekomendasinya atas jasa maupun produk perusahaan yang menerapkan program referral.

Fakta-Fakta Referral

Referral adalah strategi marketing yang dapat menghasilkan keuntungan besar dengan cepat memperkenalkan brand kepada khalayak luas. Akan tetapi, perusahaan kadang mengalami kesulitan untuk melihat atau melakukan cek apakah konsumen memang membeli produk tersebut berdasarkan referral seseorang atau tidak.

Sedangkan referral sendiri juga sulit ditelusuri bahkan membutuhkan usaha yang besar untuk menelusuri referral tersebut. Apabila pemilik usaha masih mengalami keraguan untuk menggunakan referral sebagai salah satu bentuk digital marketing.

Maka ada beberapa fakta-fakta mengenai referral yaitu:

1. Calon konsumen umumnya meminta rekomendasi dari orang lain

Secara umum, calon konsumen melakukan interaksi dan meminta rekomendasi dari seseorang yang sudah dikenal. Lalu, konsumen akan mempunyai kepuasan sendiri hingga akhirnya dengan sukarela memberikan rekomendasi produk kepada calon pembeli lainnya.

2. Referral disebarkan tidak hanya melalui kata tapi melalui pengalaman

Selain disebarkan melalui kata, referral juga disebarkan melalui pengalaman. Misalnya seperti produk perawatan kulit yang terbukti memberikan efek bagus pada satu konsumen.

Selanjutnya, konsumen tersebut memberikan rekomendasi terhadap produk yang dipakai dengan bukti perubahan kulit sebelum dan sesudah penggunaan. Apabila memberikan hasil yang bagus maka calon konsumen juga akan melihat sendiri hasil dari produk tersebut.

3. Referral dapat disebarluaskan melalui media sosial

Member referral dapat menyebarkan kode atau link melalui media sosial. Penyebaran ini bekerja seperti influencer marketing.

Selain itu, member juga mempunyai jumlah pengikut yang banyak atau followers di media sosialnya. Secara tidak langsung dapat menarik calon konsumen yang disebarkan hanya dalam satu kali unggahan.

Langkah-Langkah Menyebarkan Referral

Ada beberapa langkah meyebarkan referral, yakni sebagai berikut:

Membuat blog

Membuat blog merupakan salah satu alat promosi untuk mencari referral yang saat ini sangat efektif karena blog akan selalu online 24 jam nonstop. Dengan adanya blog, apabila mencari referral akan lebih memudahkan.

Memanfaatkan sosial media

Dapat berpromosi di berbagai forum atau grup yang akan dikunjungi.

Memanfaatkan situs komunitas, grup, dan forum

Memasang iklan di situs PTC. Memang berbayar namun yang dipakai untuk membayar merupakan uang hasil PTC tersebut sehingga tidak ada ruginya.

Mempromosikan referral ke kawan atau saudara

Memberi tahu kepada kawan atau keluarga dekat akan lebih mudah dan memiliki kesempatan besar untuk ikut bergabung.

Membeli referral

Apabila mempunyai dollar yang cukup banyak dapat membeli referral dari PTC yang sedang dijalani.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kode Referral?

Lalu, bagaimana cara mendapatkan kode referral? Dan di mana kita dapat kode referral tersebut? Untuk mendapatkan kode referral sebenarnya berbeda-beda pada setiap aplikasi. 

Tapi, secara umum langkah-langkah cara mendapatkan kode referal sebagai berikut:

  • Login ke aplikasi 
  • Lalu kalian bisa pergi ke profil akun kalian
  • Setelah masuk ke menu profil, kalian bisa cari opsi menu “Kode Referral”
pengertian kode referral 1
  • Setelah melihat kode referal-nya, kalian bisa lakukan kustomisasi sesuai yang kalian inginkan
pengertian kode referral 2
  • Bagikan kode referal atau link referral

Nah, pada beberapa aplikasi kalin bisa langsung membagikannya dalam bentuk link. Caranya sama, kalian bisa pergi ke bagian profil lalu cari opsi menu “ajak teman untuk bergabung..”. Setelah itu, kalian akan mendapatkan tautan dan bisa langsung membagikannya ke orang lain. 

Contohnya seperti ini:

pengertian kode referral 3

Cara mendapatkan kode referal sangat mudah, kan? Nah, kode referral berupa kombinasi karakter umumnya kalian bisa mengkostumisasinya. Tapi untuk yang tautan, kalian tidak dapat mengubah format link-nya.

Keuntungan kode referral bisa didapatkan oleh siapapun, termasuk kalian. Sebagai pengguna aplikasi yang menawarkan program referral code, kalian tentu harus memanfaatkannya sebab kalian tak perlu modal apapun, alias hanya perlu membagikannya.

Oia, Jetorbit punya Paket Website Toko Online, lho. Kalian bisa menjual apa saja dengan toko online milik kalian sendiri! Mudah digunakan oleh siapa saja yang tentunya disertai dengan dukungan bantuan terbaik yang kalian dapatkan. Tenang, kami juga menyediakan produk VPS yang bisa kalian gunakan sesuai kebutuhan kalian tentunya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 3

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment