pengertian jaringan komputer

Siapa di sini yang belum pernah mendengar istilah jaringan komputer? Jaringan komputer bahkan menjadi materi ajar di sekolah. Okay, agar ingat lagi nih terkait jaringan komputer, simak lagi yuk sampai tuntas Pengertian Jaringan Komputer, Ciri, Kelebihan, dan Manfaat

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari komputer, hardware, dan software yang disusun agar bisa bekerja sama guna memperoleh manfaat dan tujuan untuk bisa berkomunikasi, mengakses informasi, menerima dan memberikan fasilitas informasi.

Sejarah Jaringan Komputer

Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken.

Awalnya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong maka dibuatlah proses beruntun (Batch Processing) sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.

Pada tahun 1950-an, ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Oleh karena itu, ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System).

Nah, untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar juga mulai terasa sangat mahal maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing).

Dalam proses tersebut, beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri di setiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak dibutuhkan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi. Hal ini karena selain proses yang harus didistribusikan, tentunya semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.

Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam, mulai dari menangani proses bersama maupun komunikasi antarkomputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat.

Maka, mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu:

1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumber daya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) user.

4. Internet

Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini, seringkali menggunakan hardware dan software yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap agar bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya.

Keinginan tersebut tentu butuh hubungan antarjaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini dibutuhkan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang dibutuhkan, baik hardware maupun software-nya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

5. Jaringan Tanpa Kabel

Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya, orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi meski sedang berada di atas mobil atau pesawat terbang maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat.

Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

Ciri-Ciri Jaringan Komputer

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri jaringan komputer yaitu:

  • Berbagi perangkat keras (hardware).
  • Berbagi perangkat lunak (software).
  • Berbagi saluran komunikasi (internet).
  • Berbagi data dengan mudah.
  • Memudahkan komunikasi antar user jaringan.

Manfaat Jaringan Komputer

Berikut ini terdapat beberapa manfaat dari jaringan komputer, yakni sebagai berikut:

  • Dengan memakai jaringan komputer bisa dengan ringan untuk menjalankan transisi data ataupun berbagi sumber daya.
  • Bisa memudahkan komunikasi dan transaksi.
  • Menolong memperoleh akses informasi secara cepat dan tepat waktu serta up to date.
  • Dengan jaringan komputer bisa memudahkan pekerjaan menjadi lebih segera.

Tujuan Jaringan Komputer

Tujuan dibangunnya suatu jaringan komputer adalah membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju ke sisi penerima (receiver) melalui media komunikasi.

Ada beberapa hal yang masih dirasa menjadi kendala, yaitu :

  • Masih mahalnya fasilitas komunikasi yang tersedia dan bagaimana memanfaatkan jaringan komunikasi yang ada secara efektif dan efisien.
  • Jalur transmisi yang digunakan tidak benar-benar bebas dari masalah gangguan (noise).

Manfaat Dibangunnya Jaringan Komputer

Manfaat yang diperoleh dalam membangun jaringan komputer, yaitu :

Media Berbagi Sumber Daya (Sharing Resources)

Sharing resources bertujuan agar seluruh yang ada pada jaringan daat berbagi program, database, hardware atau sumber daya lainnya tanpa pengaruh lokasi maupun pengaruh dari user. Dengan demikian sumber daya yang diperlukan dapat dikurangi.

Media Komunikasi

Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antarpengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya. Dengan demikian, orang-orang yang jaraknya berjauhan akan lebih mudah untuk bekerja sama.

Media Integrasi Data

Pembangunan jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Dengan adanya jaringan komputer maka pengembangan peralatan daapt dilakukan dengan mudah karena adanya kemampuan berbagi peralatan melalui jaringan.

Media Keamanan Data

Sistem jaringan komputer memberikan perlindungan terhadap data. Jaminan keamanan tersebut diberikan melalui pengaturan hak akses para user dan password serta perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan efektif, sumber daya lebih efisien, dan informasi terkini.

Pengembangan dan Pemeliharaan

Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer tersebut dapat digunakan bersama-sama. 

Jaringan komputer juga memudahkan user dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka user cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.

Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini

Dengan penggunaan sumber daya secara bersama-sama, tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu, data atau informasi yang diakses selalu terbaru karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap user.

Komponen Jaringan Komputer

Berikut ini adalah komponen jaringan komputer yaitu:

1. Koneksi Fisik (Physical Connection)

Koneksi fisik sebagai penghubung antara adapter card (MODEM, NIC) dari komputer ke dalam suatu jaringan. Transfer data yang megalir dalam koneksi fisik menggunakan transfer sinyal melalui media (kabel atau gelombang). Komponen yang dibutuhkan agar terjadi koneksi fisik adalah perangkat keras komputer dan perangkat keras jaringan, seperti komputer yang terhubung dengan modem.

2. Koneksi Logis

Koneksi logis adalah suatu koneksi menggunakan protokol atau aturan yang digunakan oleh komputer agar dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya. Protokol juga berfungsi sebagai media dalam mentransmisikan atau menerima data dan informasi ke dalam suatu jaringan (TCP/IP).

Komponen yang diperlukan agar terjadinya koneksi logis adalah protokol dan standar. Protokol adalah himpunan aturan-aturan main yang mengatur komunikasi data. Sedangkan standar adalah suatu hal yang penting dala penciptaan dan pemeliharaan sebuah kompetisi pasar dari penyedia layanan komunikasi, khususnya internet.

Sebuah komputer agar terhubung ke jutaan komputer di seluruh dunia membutuhkan koneksi internet. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutukan koneksi GPRS, 3G, atau protokol lainnya kepada penyedia layanan internet.

3. Aplikasi (Application)

Aplikasi adalah suatu kumpulan perintah atau kombinasi dari seluruh perintah yang bekerja bersama protokol dan digunakan sebagai media dalam menampilkan data atau informasi (web browser, FTP). Nah, aplikasi web browser lainnya adalah Internet Explorer, Mozila Firefox, dan Opera. Sedangkan aplikasi FTP (File Transfer Protocol) antara lain adalah WS-FTP, Go!Zilla, da Cute-FTP.

Keuntungan Jaringan Komputer

Jaringan komputer mempunyai keuntungan lebih jika dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri. Keuntungan yang diperoleh dari jaringan komputer yaitu:

  • Dapat berbagi sumber daya.
  • Ketahanan data tinggi.
  • Menghemat biaya.
  • Berbagi hardware.
  • Memberikan keamanan dan keteraturan data.
  • Manajemen sumber daya lebih efisien.
  • Mempertahankan informasi agar tetap handal dan up-to-date.
  • Membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).
  • Memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
  • Membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

Kerugian Jaringan Komputer

Selain keuntungan yang terdapat pada sistem jaringan komputer, juga ada kerugian yang ditimbulkan, di antaranya:

  • Manajemen hardware dan administrasi sistem.
  • Sharing file yang tidak diinginkan. “With the good comes the bad”.
  • Aplikasi virus dan metode hacking.
  • Pengaksesan file yang tidak terbatas.
  • Virus. 
  • Biaya.

Demikian penjelasan tentang pengertian jaringan komputer, jenisnya, cirinya, komponen, keuntungan, dan manfaatnya. Semoga bermanfaat ya, terutama bagi kalian yang sudah lupa materi tentang jaringan komputer.

Oia, kenalan yuk sama Aplikasi Ujian Online milik Jetorbit, Ujione! Berbasis Cloud Pertama di Indonesia! Jadi, bisa melaksanakan ulangan harian, quiz, ujian akhir, dan tugas bisa dari aplikasi Android, IOS, dan juga web. Kalian tidak perlu menyiapkan perangkat server/hosting lagi, lho. Pokoknya dijamin mudah!

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment