pengertian infinite scrolling

Kalian sudah tahu kan bahwa dengan banyaknya platform media sosial, wadah hiburan online, website, toko online, dan e-commerce besar maupun kecil, membuat banyak orang menghabiskan waktu mereka secara online. Para pengunjung akan mengunjungi laman demi laman, melakukan scrolling untuk mencari apa yang sedang mereka cari. Okay, tak usah berlama-lama, simak yuk Pengertian Infinite Scrolling dan Cara Kerjanya

Dalam hal pemasaran konten dan desain web, ini menjadi sesuatu yang sangat penting, lho. Hal ini mengingat masyarakat modern suka membaca halaman web, yang akhirnya memutuskan untuk tetap tinggal atau pergi dalam hitungan detik saja. Nah, situs kompetitif mesti mengetahui bagaimana menjangkau audiens ini atau ia berisiko tertinggal dari pesaing mereka.

Menjadi bagian dari upaya untuk menarik perhatian, scrolling harus lebih menarik lagi karena teknik ini terbukti berhasil di beberapa situs media sosial yang sangat populer, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Ini disebut dengan infinite scrolling yang membuat banyak orang betah mengunjungi media sosial dalam waktu lama.

Pengertian dan Cara Kerja Infinite Scrolling

Infinite scrolling atau dalam Bahasa Indonesia artinya pengguliran tak terbatas adalah teknik yang memungkinkan pengguna untuk menggulir (scroll) sebagian besar konten tanpa garis akhir yang terlihat.

Teknik tersebut senantiasa menyegarkan halaman saat kalian melakukan scrolling ke bawah. Website populer yang menggunakan teknik ini, antara lain:

  • Instagram
  • Facebook
  • Twitter
  • Tumblr
  • TikTok
  • Pinterest

Meski teknik ini sekarang lebih sering ditemukan di media sosial, infinite scrolling masih berfungsi dengan cara yang sama seperti penelusuran website normal. Jadi, browser akan bekerja dengan meminta beberapa konten dan server web mengirimkannya kembali.

Perbedaan teknis utama adalah infinite scrolling akan mengirimkan permintaan menggunakan JavaScript. Sebagai pembaca, kalian mungkin tak menyadari bahwa hal ini terjadi meskipun konten dapat terlihat dimuat dengan lebih cepat. Oia, berbagai teknik termasuk pre-loading, sebenarnya bisa mempercepat proses.

Umumnya infinite scrolling sering bekerja secara otomatis dengan cara memuat konten baru ketika pembaca mencapai bagian bawah halaman atau mendekati halaman bawah. Namun, ada kompromi juga karena beberapa situs menampilkan tombol load more di bagian bawah konten mereka. 

Kelebihan dan Manfaat Menggunakan Infinite Scrolling

Berikut ini beberapa keuntungan jika menggunakan infinite scrolling:

Pembaruan konstan yang terus menerus

Perlu diketahui, semua orang mengunggah dan berbagi data setiap detiknya. Oleh karena itu, data bisa dihasilkan setiap detik sehingga scrolling tanpa akhir akan menambahkan informasi ke halaman dengan struktur yang relatif datar. Contoh terbaik di sini adalah pencarian gambar Google tanpa akhir atau tweet dari Twitter. Selain itu, scrolling yang diperbarui memberi kesempatan untuk mempelajari berita terbaru di atas.

Meningkatkan keterlibatan pengguna

Saat kalian menjelajahi website dengan infinite scrolling, kalian mungkin tetap berada di halaman web lebih lama karena itu benar-benar menarik perhatian kalian. Secara bersamaan, pengguna mengonsumsi lebih banyak konten di halaman yang mereka kunjungi, terlepas dari apapun perangkat yang mereka gunakan.

Akses cepat tanpa waktu tunggu atau loading

Kecepatan merupakan segalanya bagi pengguna abad ke-21 karena hal ini sama pentingnya dengan waktu. Para peneliti mengklaim bahwa 53 persen pengguna ponsel tidak akan menunggu lebih dari 3 detik untuk mengunduh halaman web. Setelah website terbuka, scrolling akan terjadi terus-menerus untuk unggahan konten tanpa henti.

Pengunjung dapat menemukan banyak hal

Fitur ini ditujukan untuk website yang memberikan informasi beragam untuk semua jenis pengguna yang hanya mengunjungi tanpa tujuan tertentu. Dalam kasus seperti itu, pengunjung mungkin secara tidak sengaja menemukan apa yang mereka sukai, yang mana hal ini sering melibatkan eksplorasi website yang lebih dalam.

Selain itu, ada banyak orang yang tidak akan pernah melangkah lebih jauh di halaman pertama yang mereka buka. Akan tetapi, dengan adanya teknik scrolling, mereka langsung mendapatkan lebih banyak hasil sekaligus.

Tidak harus mengklik

Melakukan scrolling memang lebih cepat dan lebih mudah sehingga mengalahkan persaingan di UX yang lebih besar. Kedengarannya menarik tetapi bagi banyak pengguna internet, navigasi paginasi mungkin tampak merepotkan. Pagination (paginasi) adalah pemberian nomor halaman yang biasanya berada di bawah. Selain itu, dengan popularitas perangkat touch screen di seluruh dunia, klik menjadi agak tidak relevan. Pada saat yang sama, scrolling sentuh menjadi intuitif bagi pengguna seluler.

Rekomendasi dari Facebook

Menjadi sangat populer di kalangan media sosial, umpan berita tanpa akhir adalah solusi untuk menjelajahi banyak konten yang dibuat pengguna dengan page refresh secara otomatis. Ada sejumlah website yang mana teknik scrolling terus menerus terbukti berhasil, di antaranya adalah Facebook, Instagram, dan Twitter.

Kebebasan untuk berinteraksi

Komunikasi dan pengalaman pelanggan hampir tidak membutuhkan biaya apapun dan bisa mengumpulkan data komersial yang tak ternilai berdasarkan penelusuran serta riwayat belanja. Data yang kalian kumpulkan akan sangat membantu dalam tindakan pemasaran kalian selanjutnya.

Desain paralaks

Scrolling paralaks menciptakan kesan kedalaman dan ilusi 3D di website. Teknik ini sangat ideal sebagai alat pelapis latar belakang sekunder untuk peningkatan UX yang lebih baik. Kalian bisa mengintip beberapa website dengan scrolling paralaks yang hebat hanya untuk mendapatkan gambaran umum tentangnya lalu memutuskan apakah teknologi ini sesuai dengan solusi bisnis kalian.

Okay, jadi singkatnya adalah infinite scrolling merupakan teknik yang mencegah browser scroll bar mencapai bagian bawah halaman. Nah, sebagai gantinya adalah konten diperluas saat pengguna melakukan scroll lebih jauh ke bawah halaman. Infinite scrolling ini juga dapat dilanjutkan atau dipersingkat dengan opsi Load More yang memungkinkan pengguna untuk melanjutkan atau keluar dari scrolling lanjutan.

Oia, bagi kalian yang ingin membuat website khususnya bagi pemula, santuy, Jetorbit punya ebook spesial untuk kalian. Kalian bisa download ebook Panduan Mengenal Website untuk Pemula dengan GRATIS! Kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Stay safe and always keep healthy 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment