pengertian-e-commerce

Pengertian e-Commerce

Sharing is caring!

Pernah dan pastinya familiar dengan istilah e-commerce dong ya? Kami yakin, kalian pernah melakukan transaksi melalui e-commerce bahkan memiliki akun di salah satu e-commerce populer di Indonesia seperti Tokopedia dan Shopee. Baiklah, lanjut baca yuk artikel Pengertian e-Commerce

Apa Itu Electronic Commerce (e-Commerce)?

E-commerce adalah model bisnis yang memungkinkan perusahaan dan individu untuk membeli dan menjual barang melalui internet. E-commerce beroperasi di keempat segmen pasar utama berikut ini:

  • Bisnis ke bisnis (business to business)
  • Bisnis ke konsumen (business to consumer)
  • Konsumen ke konsumen (consumer to consumer)
  • Konsumen untuk bisnis (consumer to business)
pengertian-e-commerce-1

E-commerce, yang mana dapat dilakukan melalui komputer, tablet, atau smartphone dapat dianggap sebagai versi digital dari mail-order catalog shopping. Hampir setiap produk dan layanan tersedia melalui transaksi e-commerce, termasuk buku, musik, tiket pesawat, dan layanan keuangan, seperti investasi saham dan perbankan online.

Kesimpulan Utama

  • E-commerce adalah jual beli barang dan jasa melalui internet.
  • E-commerce dapat menjadi pengganti toko fisik meskipun beberapa bisnis memilih untuk mempertahankan keduanya.
  • Hampir semua hal dapat dibeli melalui e-commerce saat ini.

Penting: E-commerce memungkinkan perusahaan dan individu menjalankan bisnis melalui internet.

E-commerce telah membantu bisnis membangun kehadiran pasar yang lebih luas dengan menyediakan saluran distribusi yang lebih murah dan lebih efisien untuk produk atau layanan mereka. Misalnya, retailer massal target telah melengkapi kehadiran fisiknya dengan toko online yang memungkinkan pelanggan dapat membeli segala sesuatu, mulai dari pakaian, coffee makers, pasta gigi hingga action figures.

Keuntungan dan Kerugian Electronic Commerce

Keuntungan E-commerce:

  • Kenyamanan. E-commerce bisa terjadi 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.
  • Seleksi ditingkatkan. Banyak toko menawarkan rangkaian produk yang lebih luas secara online daripada yang mereka sediakan di toko fisik. Selain itu, banyak toko yang hanya ada secara online, yang mungkin menawarkan inventaris eksklusif kepada konsumen yang mana tidak tersedia di tempat lain.

Kerugian E-commerce:

  • Layanan pelanggan terbatas. Jika Anda berbelanja komputer secara online, Anda tidak bisa begitu saja meminta karyawan untuk mendemonstrasikan fitur model tertentu secara langsung. Meskipun beberapa situs mengizinkan Anda untuk  mengobrol secara online dengan seorang anggota staf, namun ini bukanlah praktik biasa yang bisa mendatangkan kenyamanan secara optimal.
  • Kurangnya kepuasan instan. Saat Anda membeli barang secara online, Anda harus menunggu barang tersebut dikirim ke rumah atau kantor Anda. Setelah itu, barulah Anda bisa merasakan kepuasan secara total.
  • Ketidakmampuan untuk menyentuh produk. Gambar online tidak selalu menyampaikan keseluruhan cerita tentang suatu barang sehingga pembelian e-commerce bisa menjadi tidak memuaskan ketika suatu produk yang diterima tidak sesuai dengan harapan konsumen. Contoh kasus: sebuah item pakaian mungkin dibuat dari kain yang lebih jelek daripada yang ditunjukkan oleh gambar online.


Jetorbitmenyediakan Paket Website Toko Online special untuk Anda! Anda bisa menjual apa saja dengan toko online milik Anda sendiri! Membuat Toko Onlinesemakin mudah sekarang, apalagi Jetorbit juga menawarkan banyak kemudahan. Anda akan dimudahkan dalam mengelola penjualan, Anda juga diberikan kemudahan pembayaran denganfitur unik kode pembayaran, Anda juga bebas melakukan kustomisasi, dan masih banyak lagi kemudahan yang akan Anda dapatkan.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Pengertian e-Commerce
Artikel
Pengertian e-Commerce
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Pernah dan pastinya familiar dengan istilah e-commerce dong ya? Baiklah, lanjut baca yuk artikel Pengertian e-Commerce hanya di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo