Pengertian dan Manfaat Email Marketing

Sharing is caring!

Email marketing dapat menjadi cara yang sangat efektif dan kuat untuk menjangkau pelanggan Anda dan mendorong mereka untuk membeli produk atau layanan Anda. Melalui email marketing, Anda dapat mengirim pesan yang relevan kepada pelanggan Anda dengan mengelompokkan daftar pemasaran Anda dan menyesuaikan pesan Anda berdasarkan preferensi pelanggan. Yuk baca sampai selesai tentang Pengertian dan Manfaat Email Marketing

Pengertian

Email marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para pelaku bisnis online dengan memanfaatkan media email. Email marketing merupakan cara yang paling efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan dan mengarahkan mereka untuk menjadi pelanggan setia anda.

Pemasaran melalui email juga memungkinkan Anda untuk bereaksi secara langsung terhadap tindakan pelanggan. Jika seorang pelanggan telah meninggalkan suatu proses di tengah transaksi, Anda dapat mengirim email kepada mereka untuk menawarkan insentif untuk menyelesaikan transaksi tersebut.

10 Manfaat Email Marketing

Di sini setidaknya ada sepuluh alasan mengapa email marketing dilihat oleh banyak orang sebagai saluran pemasaran yang paling efektif:

  1. Biaya Rendah

Salah satu keuntungan paling jelas dari email marketing adalah biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan cara pemasaran utama. Tidak ada biaya cetak atau ongkos kirim dan tidak ada biaya yang dibayarkan seperti pada papan iklan, majalah atau saluran televisi tertentu.

Pemasar email mungkin mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam perangkat lunak spesialis untuk mengotomatisasi, melacak, dan mengevaluasi email mereka. Mungkin ada overhead kecil untuk mengirim ribuan email sekaligus tetapi biaya ini jauh lebih rendah daripada apa yang Anda harapkan untuk membayar menggunakan cara pemasaran lainnya.

  1. Audiens yang Terlibat Sudah Dijangkau

Email marketing adalah satu-satunya cara yang diminta konsumen untuk menerima. Mayoritas bisnis yang menggunakan platform hanya mengirim pesan kepada mereka yang telah mendaftar untuk menerimanya. Ini dapat memungkinkan tingkat konversi yang jauh lebih tinggi karena bisnis hanya menargetkan mereka yang sudah memiliki minat terhadap merek mereka.

  1. Kirim Pesan yang Ditargetkan

Sebagian besar profesional pemasaran akan dengan senang hati membayar untuk memastikan mereka hanya menghabiskan uang dengan menargetkan mereka yang tertarik dengan merek mereka. Pemasar email dapat melangkah lebih jauh dengan cara hanya mengirim email ke pelanggan yang memenuhi kriteria tertentu.

Segmentasi daftar email berfungsi dengan baik untuk merek yang mendapatkan informasi tentang pelanggan mereka. Penelitian menunjukkan bahwa pemasar yang menggunakan taktik ini sering membanggakan peningkatan tingkat keterlibatan sebagai hasilnya.

  1. Mendorong Pendapatan

Email marketing sangat bagus untuk memanfaatkan pembelian impulsif. Tidak ada banyak platform pemasaran lain yang memungkinkan pelanggan beralih dari menyaksikan penawaran menjadi membeli barang dalam dua klik tombol. Dengan ajakan bertindak yang menggoda dan tautan langsung ke checkout, buletin email dapat mendorong penjualan tidak seperti cara lainnya.

  1. Mudah Dimulai

Email marketing tidak selalu memerlukan tim besar untuk menjadi sukses. Tentunya dimungkinkan untuk meramaikan campaign email dengan template mewah, video, gambar, dan logo. Namun, beberapa campaign yang paling sukses menggunakan email teks biasa yang menyatakan bahwa itu adalah konten dari email yang merupakan hal terpenting.

  1. Mudah untuk Mengukur

Manfaat utama lain dari email marketing adalah mudahnya melihat di mana Anda salah. Sebagian besar perangkat lunak email marketing akan memungkinkan Anda untuk melacak tingkat konversi terbuka, klik-tayang serta konversi, membuatnya lebih mudah untuk mengetahui bagaimana campaign dapat ditingkatkan.

Perubahan ini dapat dilakukan dengan segera sedangkan iklan cetak atau siaran membutuhkan sedikit upaya untuk mengubahnya.

  1. Mudah Berbagi

Pelanggan dapat meneruskan penawaran hebat dan menawarkan kepada teman-teman mereka dengan mengklik tombol. Tidak banyak jenis pemasaran lain yang dapat dibagikan semudah ini. Sebelum Anda menyadarinya, pelanggan bisa fokus dengan memperkenalkan bisnis Anda ke pasar baru.

  1. Mencapai Audiensi Global

Platform pemasaran apa yang memungkinkan Anda mengirim pesan secara instan ke ribuan orang di seluruh dunia? Tentu saja media sosial dapat membantu Anda menyebarkan berita di antara audiens global tetapi tidak ada yang tahu siapa yang benar-benar membaca konten Anda.

  1. Dampak Instan

Karena kedekatan email, bisnis dapat mulai melihat hasil dalam beberapa menit setelah emailnya dikirim. Penjualan 24 jam adalah taktik pemasaran yang brilian yang dapat digunakan melalui email karena menciptakan rasa urgensi dan meyakinkan pelanggan untuk mengambil tindakan segera.

  1. Return on Invesment yang Tidak Tertandingi

Di dunia bisnis, hasilnya bisa dibilang semua penting. Dengan pemikiran ini, alasan utama kebanyakan bisnis berinvestasi dalam email marketing adalah pengembalian investasi yang fantastis.

Jelas untuk melihat bahwa email terus menjadi cara pemasaran paling efektif yang tersedia untuk setiap bisnis. Mungkin sudah waktunya bagi bisnis Anda untuk mulai menjadikan email marketing sebagai prioritas.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah juga bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting Indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Pengertian dan Manfaat Email Marketing
Artikel
Pengertian dan Manfaat Email Marketing
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Email marketing dapat menjadi cara yang sangat efektif dan kuat untuk menjangkau pelanggan Anda. Yuk baca tentang Pengertian dan Manfaat Email Marketing
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

3 thoughts on “Pengertian dan Manfaat Email Marketing”

Leave a Comment