Pengertian dan Konsep Dasar Object Oriented Programming (OOP)

Sharing is caring!

Ada 4 prinsip utama yang membuat bahasa Object Oriented. Ini adalah Encapsulation, Data Abstraction, Polymorphism, dan Inheritance. Ini juga disebut sebagai empat pilar Pemrograman Berorientasi Objek. Yuk baca selengkapnya di artikel Pengertian dan Konsep Dasar Object Oriented Programming (OOP)

Pengantar Object Oriented Programming (OOP)

Dengan dunia dan teknologi yang berkembang pesat, peradaban manusia telah mulai menuntut lebih banyak solusi software berteknologi tinggi untuk memudahkan dan mengotomatiskan tugas sehari-hari mereka.

Setiap sistem akan dikomputerisasi sehingga operasinya menjadi semakin kompleks dan menyebabkan meningkatnya kompleksitas algoritma software. Terlihat bahwa bahasa pemrograman tradisional berjuang untuk menghasilkan output sesuai tuntutan karena meningkatnya kompleksitas algoritma software. Untuk mengatasi masalah pendekatan pemrograman konvensional, konsep object oriented programming diperkenalkan.

Pendekatan pemrograman terbaru, object oriented programming (OOP) menawarkan cara yang sangat kuat dan juga mudah untuk menangani kompleksitas.

Tujuan utama OOP adalah menghasilkan program yang jelas, handal, dan mudah dikelola. OOP dirancang pada konsep tertentu untuk mencapai tujuannya mengatasi kelemahan pendekatan pemrograman konvensional.

Pada artikel ini, kami akan menyampaikan beberapa konsep dasar pendekatan object oriented programming.

Konsep Dasar Object Oriented Programming (OOP)

Konsep dasar dari object oriented programming adalah sebagai berikut:

  1. Objects
  1. Classes
  2. Data abstraction
  3. Data Encapsulation
  4. Inheritance
  5. Polymorphism
  6. Overloading

OOP - 1

Objects

Objek adalah entitas runtime dasar yang dapat diidentifikasi dalam OOP. Objek dapat mewakili entitas dunia nyata, seperti orang, mobil, tempat, dan lain-lain. Misalnya, kita dapat mengatakan mobil adalah objek yang memiliki beberapa karakteristik khusus, seperti jumlah gear, warna serta memiliki beberapa fungsi seperti pengereman, akselerasi, dan sebagainya.

Jadi, suatu objek mewakili suatu entitas yang dapat menyimpan data dan memiliki interface melalui fungsi.

Classes

Kelas adalah struktur pembuatan tipe data yang ditentukan pengguna yang menampung seluruh kumpulan data suatu objek. Jadi, kelas pada dasarnya adalah template dari serangkaian objek yang berbagi beberapa properties dan behaviour.

Kita juga bisa mengatakan bahwa kelas adalah kumpulan objek bertipe serupa.

Setelah kelas dibuat, kita dapat membuat sejumlah objek milik kelas itu. Sebenarnya, kelas tidak menentukan data apapun. Kelas menentukan properti atau metode yang mungkin berisi dalam objek dari kelas itu. Kelas biasanya bertindak seperti tipe data bawaan tetapi sebenarnya tipe data yang ditentukan pengguna.

Data Abstraction

Abstraksi data adalah konsep yang menyembunyikan detail latar belakang dan hanya mewakili informasi yang diperlukan untuk dunia luar. Ini adalah proses penyederhanaan konsep dunia nyata menjadi komponen yang mutlak diperlukan.

Contoh sesuatu yang disebut abstraksi adalah Anda hanya tahu bagian-bagian penting untuk naik sepeda, seperti roda, rem, gear, tanpa menyertakan proses latar belakang atau penjelasan (akselerasi, pengereman, dan sebagainya).

Data Encapsulation

Enkapsulasi data adalah salah satu konsep terpenting dari OOP. Ini adalah teknik yang menggabungkan data members dan fungsi, beroperasi pada data itu dalam satu unit yang dikenal sebagai kelas. Teknik ini pada dasarnya mencegah akses ke data secara langsung. Satu-satunya cara untuk mengakses data disediakan oleh fungsi.

Jika Anda ingin membaca data dalam suatu objek, Anda harus memanggil fungsi anggota dalam objek. Fungsi akan membaca data dan mengembalikan data kepada Anda. Jadi, Anda tidak memiliki akses ke data secara langsung. Karena data disembunyikan, data tersebut diamankan dari perubahan yang tidak disengaja.

Inheritance

Warisan juga merupakan karakteristik penting dari OOP. Ini pada dasarnya adalah metode yang menyediakan cara yang kemampuan dan properti dari satu kelas untuk datang ke kelas lain. Teknik ini memberikan penggunaan kembali kode untuk programmer. Kita bisa membentuk kelas baru dari kelas yang ada, di mana kelas yang ada berisi beberapa properti atau metode yang juga ada di kelas baru. Di sini kelas baru disebut sebagai kelas turunan. Sedangkan kelas yang ada yaitu kelas dari mana kelas baru diturunkan disebut sebagai kelas dasar.

OOP 2

Polymorphism

Ini adalah kunci kekuatan OOP. Jika suatu bahasa tidak mendukung polimorfisme maka itu bukan dalam kategori bahasa OOP. Pada dasarnya polimorfisme adalah kemampuan suatu pesan atau data untuk diproses lebih dari satu bentuk. Ini adalah konsep penting dari pemrograman berorientasi objek yang mendukung kemampuan suatu objek kelas untuk berperilaku berbeda dalam menanggapi pesan atau tindakan.

OOP 3

Overloading

Overloading juga merupakan konsep kunci lain dari bahasa OOP. Dalam satu baris, kita dapat mendefinisikan beban berlebih karena merupakan kemampuan fungsi tunggal untuk melakukan tugas yang berbeda bergantung pada situasinya. Jadi, konsep overloading entah bagaimana terkait dengan properti polymorphism OOP. Ketika fungsi atau operator yang ada akan dioperasikan pada tipe data baru, itu disebut kelebihan beban (overloaded).

Overloading memungkinkan membuat metode yang berbeda dengan nama yang sama yang mana berbeda satu sama lain dalam jenis fungsi input dan output. Ini dapat digunakan dengan fungsi dan anggota.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Pengertian dan Konsep Dasar Object Oriented Programming (OOP)
Artikel
Pengertian dan Konsep Dasar Object Oriented Programming (OOP)
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Ada 4 prinsip utama yang membuat bahasa Object Oriented. Yuk baca selengkapnya di artikel Pengertian dan Konsep Dasar Object Oriented Programming (OOP)
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment