pengertian cbt

Pembelajaran hingga ujian yang dilakukan secara online, akhirnya memunculkan inovasi ujian yang bisa dilakukan dengan menggunakan sistem CBT. Ujian yang dilakukan dengan sistem online lebih menghemat waktu serta tenaga dan mengurangi perkumpulan yang tidak penting. Proses memeriksa jawaban juga bisa lebih efisien dan praktis. Siswa dapat mengerjakan ujian tidak harus saat berada di sekolah. Artinya, sistem online ini menguntungkan banyak pihak dan tingkat kesalahan juga bisa diminimalisir. Tak usah lama-lama, langsung simak saja Pengertian CBT, Rekomendasi Aplikasi Ujian Online, dan Cara Installnya

Pengertian CBT

Tes berbasis komputer atau dalam bahasa inggris disebut Computer Based Test (CBT) adalah salah satu sistem pelaksanaan ujian yang menggunakan media komputer untuk melaksanakannya. Mulai dari pembuatan hingga pelaksanaannya dilakukan dalam sistem komputerisasi, biasanya paket soal yang disediakan terdiri dari beberapa paket soal yang berbeda sehingga siswa akan diberi soal secara acak dengan kawan lainnya.

pengertian cbt 1

CBT tentu berbeda dengan Paper Based Test (PBT) atau secara media pengerjaan, PBT biasanya dilakukan menggunakan media kertas dan pensil untuk membulatkan dan menghitamkan jawaban yang sesuai.

Sedangkan dalam CBT hanya dibutuhkan menggeser dan mengklik kursor pada jawaban yang sesuai. Ujian dengan menggunakan kertas membuat peserta harus memiliki ketelitian yang tinggi sebab jika jawaban yang dihitamkan tidak sesuai dengan aturan maka akan sulit dibaca nantinya.

Kertas ujian juga rentan rusak jika terus-terusan dihapus atau justru terkena air. Menggunakan sistem CBT akan mengurangi resiko tersebut sehingga kalian bisa lebih fokus dalam mengerjakan ujian.

Rekomendasi dan Contoh Aplikasi Ujian Online

Ujian online umumnya menggunakan aplikasi atau bisa dengan melalui laman website. Hal ini memudahkan kalian yang melakukan ujian secara online. Silakan baca selengkapnya aplikasi ujian online yang biasa digunakan untuk ujian.

Cara Install dan Spesifikasi Server CBT

Aplikasi yang tersedia bisa digunakan untuk ujian secara online, perangkat yang mendukung aplikasi ini berupa Android, iOS, dan PC. Cara installnya juga cukup mudah, sama seperti install aplikasi pada umumnya. Namun jika kalian menggunakan server untuk CBT maka akan memerlukan langkah-langkah dan persiapan yang matang untuk menggunakannya.

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan oleh Kemdikbud mengenai spesifikasi yang menyangkut server untuk pengadaan CBT untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maka pihak sekolah harus memenuhi komponen dan spesifikasi seperti berikut ini :

  1. Komputer yang digunakan adalah komputer jenis desktop, bukan laptop atau notebook
  2. Mempunyai CPU: 4 core, 1.6 Ghz
  3. RAM: 8GB DDR3
  4. Storage: 250Gb
  5. Menggunakan OS: Windows Server/10/8/7, Linux Ubuntu 14.04 (64 bit)
  6. Software: VM Virtual Box, Browser (Mozilla, Chrome, dan sebagainya), Exam Browser Admin
  7. LAN: 2 Unit LAN Card (NIC)
  8. Memiliki setidaknya 2 unit komputer server yang digunakan sebagai pendukung cadangan atau backup
  9. Telah dilengkapi dengan UPS dengan daya tahan 15 menit

Selain spesifikasi di atas yang harus dipenuhi pihak sekolah selaku penyelenggara ujian online maka para pesertanya, yakni para siswa dapat menggunakan komputer dengan spesifikasi minimal seperti:

  1. Menggunakan komputer desktop atau laptop
  2. Mempunyai CPU: Single Core
  3. RAM: 512 Mb
  4. Menggunakan OS: Windows 10/8/7/Vista/XP, Linux, iOS, Chrome OS
  5. Software: Browser (Edge, Mozilla, Chrome, dan sebagainya)
  6. Storage: 10 Gb
  7. LAN Card
  8. Memiliki soundcard atau audio dengan dukungan headset
  9. Telah adanya ketersedian unit cadangan minimal 10% dari jumlah komputer utama (100 unit komputer membutuhkan 10 unit cadangan).

Selain mengandalkan hardware, pihak sekolah juga membutuhkan software yang dapat beroperasi dan memulai proses serta web server yang tepat untuk membangun sebuah server CBT. Pihak sekolah juga dapat menggunakan NginX (LEMP) atau Apache (LAMP).

Nah, Jetorbit juga memiliki Aplikasi Ujian Online bernama Ujione! Berbasis Cloud Pertama di Indonesia! Jadi, bisa melaksanakan ulangan harian, quiz, ujian akhir, dan tugas bisa dari aplikasi Android, IOS, dan juga web. Kalian tidak perlu menyiapkan perangkat server/hosting lagi, lho. Pokoknya mudah! 

Ingin website semakin cepat dan handal? Gunakan layanan Cloud VPS dari Jetorbit!

Didukung dengan teknologi cloud panel yang modern memungkinkan kalian untuk membangun dan mengembangkan website sesuai keinginan!

Semoga bermanfaat dan tunggu informasi menarik lainnya dari kami, ya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment