Apa Itu PayPal, Manfaat, Keuntungan, dan Cara Daftarnya

Apa Itu PayPal, Manfaat, Keuntungan, dan Cara Daftarnya

Sharing is caring!

Pembayaran digital saat ini sudah sangat beragam, salah satu yang sudah lama ada dan mungkin pernah kalian dengar adalah PayPal. PayPal tentunya lebih familiar bagi kalian yang sering bertransaksi melewati batas negara dan di Indonesia sendiri penggunanya belum sebanyak di negara lain. Sebenarnya PayPal itu apa sih? Beda gak ya dengan kartu kredit? Keuntungan yang diperoleh apa saja? Tak usah lama-lama, simak ya Apa Itu PayPal, Manfaat, Keuntungan, dan Cara Daftarnya

Apa Itu PayPal?

pengertian paypal 1

Dilansir dari Investopedia, PayPal adalah perusahaan perdagangan elektronik yang memfasilitasi pembayaran antarpihak melalui transfer online. Dengan menggunakan PayPal, kalian bisa membuat akun di platformnya yang nantinya akan terhubung ke kartu kredit atau rekening giro milik kalian. 

Sedangkan dilansir dari laman resminya, PayPal adalah platform yang menyediakan cara mudah serta cepat untuk mengirim dan meminta uang secara online. Kalian dapat mentransfer uang (di luar negeri) ke keluarga, kawan, toko online, dan situs lelang seperti eBay.

Manfaat Menggunakan PayPal

Dengan menggunakan PayPal, kalian akan mendapatkan manfaat-manfaat sebagai berikut:

pengertian paypal 2

1. Fleksibilitas bagi penjual

PayPal sangat bermanfaat bagi penjual yang menawarkan produknya melalui situs belanja online. Pasalnya, seorang penjual dapat menerima transaksi dengan cepat dan mudah dari pembeli ketika seorang pembeli memutuskan untuk membeli barangnya secara online.

Pembeli tinggal menggunakan kartu kredit ataupun kartu debit lalu uang akan masuk dengan cepat dan mudah ke akun penjual. Fleksibilitas seperti ini tentu sangat memudahkan penjual untuk tetap menawarkan produknya melalui situs belanja online.

2. Cepat

Dengan menggunakan PayPal transaksi terbilang akan berjalan dengan cepat antara penjual dan pembeli.

Pasalnya, transfer dari sesama akun PayPal ataupun dari akun PayPal ke rekening bank hanya memakan waktu 24 jam.

3. Harga terjangkau

Meskipun membayar dengan PayPal akan dikenakan biaya administrasi tetapi biayanya tersebut terbilang sangat murah dan terjangkau.

Biaya administrasi ketika menggunakan PayPal adalah 30 sen dolar AS pertransaksi, ditambah 3% dari total jumlah tranksaksi.

4. Membeli dengan aman

Membeli menggunakan akun PayPal sudah dipastikan aman dan tidak akan ada penipuan sebab PayPal memberikan jaminan kepada penjual maupun pembeli.

Bagi pembeli, mereka dapat menghubungi PayPal apabila terjadi masalah terhadap pesanannya, seperti tidak sesuai ataupun barang tidak sampai dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Bagi penjual sendiri, PayPal sangat aman karena mereka tidak perlu takut penipuan yang akan dilakukan oleh pembeli karena hal tersebut dihindari oleh PayPal.

5. Privasi akun PayPal aman

Jangan khawatir ya bagi kalian sebagai pembeli terkait keamanan dari akun PayPal kalian. Hal ini karena PayPal menjaga kerahasiaan data diri kalian sehingga tidak menyebar ke mana-mana dan menimbulkan penyalahgunaan akun.

6. Mudah melihat histori transaksi

Ketika kalian menggunakan PayPal, kalian dapat melihat transaksi apa saja yang telah kalian lakukan selama sebulan atau bahkan seminggu ke belakang.

7. Bersifat global

Saat ini PayPal merupakan salah satu metode pembayaran yang mudah diterima oleh berbagai situs belanja online di seluruh dunia. Maka, PayPal ini bersifat global karena mampu melakukan transaksi jual beli antarnegara.

Keuntungan PayPal 

Berikut adalah keuntungan menggunakan PayPal seperti dilansir dari laman Lifepal:

  • Kecepatan. Transfer menggunakan PayPal Indonesia ke sesama akun PayPal atau ke rekening pribadi bank di beda negara hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 jam.
  • Biaya administrasi pertransaksinya terhitung murah. Untuk pengiriman uang antarsesama akun PayPal tidak dikenakan biaya administrasi.
  • Keamanan terjamin. Data-data dan informasi akun pembeli maupun penjual bakal dijamin.
  • Akun PayPal bisa digunakan untuk berbelanja di situs-situs e-Commerce di berbagai belahan dunia. Jadi lebih memudahkan berbelanja antarnegara.
  • Membeli barang dengan aman. Jika kalian sudah melakukan pembayaran untuk produk yang dipesan tapi pesanan tidak datang-datang maka PayPal Indonesia bisa mengembalikkan uang yang telah kalian transferkan ke penjual.
  • Bisa diakses hanya dengan smartphone atau perangkat komputer.
  • Sering memberikan diskon-diskon menarik untuk setiap pembelanjaan di beberapa merek atau e-Commerce yang bekerja sama dengan PayPal, seperti Nike, HP, Wal-Mart, dan lain-lain. 

Kekurangan PayPal

  • Rentan disalahgunakan. PayPal memungkinkan kalian bertransaksi ke berbagai negara dengan cara yang sangat mudah. Keterbukaan inilah yang menyebabkannya jadi rentan terhadap penipuan atau tindak kriminal lainnya.
  • Sulitnya melakukan komplain. Sayangnya, untuk PayPal Indonesia belum ada layanan aduannya. Nomor di situs yang tercantum adalah nomor PayPal di kantor Singapura. 
  • PayPal belum melayani transaksi dengan beberapa mata uang penting, seperti Rupee India.
  • Transaksi dari PayPal ke rekening non-PayPal bakal dikenakan biaya administrasi sekitar 3 persen dari jumlah transaksi ditambah 0,3 dollar AS.
  • Proses pembekuan yang berlangsung lama. Pembekuan akun dilakukan oleh PayPal apabila ditemukan indikasi penyalahgunaan. Pembekuan itu kadang berlangsung lama bahkan hingga berbulan-bulan.

Bagaimana Cara Menggunakan PayPal untuk Belanja?

Menurut Digital Unite, sebelum melakukan langkah-langkah selanjutnya, kalian perlu membutuhkan dua hal berikut:

  • Komputer ataupun handphone dengan koneksi internet
  • Rekening bank/ kartu kredit/ debit
pengertian paypal 3

1. Pergi ke website PayPal

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah pergi ke website PayPal, lalu setelah itu klik Sign Up / Daftar Sekarang untuk melakukan pendaftaran

2. Pilih akun pribadi

Setelah klik Sign Up, kalian akan dihadapkan oleh dua pilihan, yaitu akun bisnis atau akun pribadi. Pilih akun pribadi untuk menggunakannya untuk diri kalian sendiri.

Setelah itu klik Next.

pengertian paypal 4

3. Isi data diri

Kalian akan diminta untuk mengisi data diri yang meliputi nomor telepon. Setelah itu silakan isikan kode yang dikirimkan ke nomor telepon kalian. Selanjutnya, silakan isi alamat email, first name dan last name, dan password. Setelah semuanya terisi kalian tinggal klik Next.

pengertian paypal 5

4. Isi alamat lengkap

Isi alamat dengan selengkap mungkin karena ini akan menjadi tempat di mana kalian akan menerima barang dari barang yang kalian beli secara online.

Setelah diisi lengkap, klik Agree and create account.

pengertian paypal 6

5. Pilih belanja online

Dalam tahap ini, kalian akan dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu belanja online atau mengirimkan uang kepada orang.

Karena di contoh ini fokus kepada belanja online maka pilih belanja online setelah itu klik ‘Get Started‘.

6. Tambahkan kartu kredit atau debit

Setelah mulai, kalian tinggal menambahkan kartu kredit atau debit sebagai transaksi online menggunakan PayPal nanti.

7. Mulai Belanja

Nah, ketika kalian hendak belanja ataupun melakukan donasi online dengan menggunakan PayPal, kalian hanya perlu klik logo PayPal dan login menggunakan alamat email dan kata sandi untuk melakukan pembayaran.

PayPal akan secara otomatis memberikan jaminan kepada barang yang kalian beli apabila suatu waktu terjadi kerusakan atau barangnya tidak sesuai dengan yang kalian pesan. Selain membeli barang, kalian juga bisa menjual barang secara online menggunakan PayPal. Caranya pun sama, kalian tinggal login menggunakan alamat email dan kata sandi.

Nantinya, setelah pembayaran melalui PayPal masuk ke akun kalian, PayPal akan mengirimkan kalian tanda bukti transfer. Namun, seperti yang telah dijelaskan, kalian akan dikenakan biaya administrasi transaksi PayPal.

Perbedaan PayPal dengan Kartu Kredit 

Banyak yang masih beranggapan bahwa PayPal sama dengan penggunaan kartu kredit. Lalu, apa yang membedakannya? Berikut informasi penting mengenai perbedaan PayPal dengan kartu kredit yang perlu diketahui:

PayPalKartu Kredit
Membutuhkan top-up saldo untuk melakukan transfer atau pembayaran.Menggunakan sistem limit.
Lebih aman karena informasi mengenai data perbankan tersimpan dengan aman.Informasi kartu kredit rentan terekspos ke banyak pihak dan dicuri.
Sistem PayPal tidak membutuhkan biaya transfer untuk melakukan pembayaran.         Terdapat biaya layanan pada kartu kredit.

Okay, jadi itulah informasi seputar apa itu PayPal Indonesia, manfaat, keuntungan dan kekurangannya. Secara umum, PayPal adalah aplikasi yang menyediakan layanan jasa transfer dan transaksi pembayaran online yang bisa digunakan di berbagai negara.

Oia, bagi kalian yang ingin melakukan pembayaran layanan hosting dan domain di Jetorbit, silakan baca panduannya, ya. 

Guys, kenalan yuk sama Aplikasi Ujian Online milik Jetorbit, Ujione! Berbasis Cloud Pertama di Indonesia! Jadi, bisa melaksanakan ulangan harian, quiz, ujian akhir, dan tugas bisa dari aplikasi Android, IOS, dan juga web. Kalian tidak perlu menyiapkan perangkat server/hosting lagi, lho. Pokoknya mudah! 

Selain itu, kami juga menyediakan VPS, lho.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Pengertian PayPal, Manfaat, Keuntungan, dan Cara Daftarnya
Artikel
Pengertian PayPal, Manfaat, Keuntungan, dan Cara Daftarnya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sebenarnya PayPal itu apa? Beda gak dengan kartu kredit? Manfaatnya apa? Simak ya Apa Itu PayPal, Manfaat, Keuntungan, dan Cara Daftarnya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like