Pengertian Brainware: Fungsi, Jenis-Jenis, Komponen, dan Contoh Brainware

Sharing is caring!

Ketika kalian mendengar brainware, kebanyakan dari kalian pasti akan berpikir kalau istilah tersebut berhubungan dengan komputer. Iyes, kalian benar! Jadi, sebenarnya pengertian brainware itu apa dan apa hubungannya dengan software dan hardware? Okay, yuk baca Pengertian Brainware: Fungsi, Jenis-Jenis, Komponen, dan Contoh Brainware

Apa Itu Brainware

Brainware adalah istilah yang digunakan untuk manusia yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer. Manusia merupakan suatu elemen dari sistem komputer yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Tingkatan brainware terdiri atas system analyst, programmer, administrator, dan operator. Sedangkan bagian brainware terdiri atas operator komputer, teknisi, trainer, konsultan, project manager, programmer, graphic designer, spesialis jaringan, database administrator, dan sistem analitis.

Sederhananya, istilah brainware merujuk pada orang-orang yang menggunakan atau mengoperasikan perangkat komputer. Hal ini menjadikan istilah brainware sebagai seorang manusia yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam menggunakan komputer. Brainware juga sering diasosiasikan sebagai perangkat intelektual yang mempunyai skill memakai dan menjelajahi sistem hardware maupun software.

Di dalam dunia bisnis dan pengembangan perusahaan, istilah brainware merujuk pada seseorang atau sekelompok orang yang memiliki kemampuan intelektual dalam mengeksplorasi serta menjalankan jaringan sistem informasi manajemen perusahaan tersebut. Dalam konteks ini, brainware sistem informasi manajemen bisnis akan sangat berguna dalam menghasilkan dan mengolah informasi menjadi benefit atau keuntungan.

Fungsi Brainware

Berikut ini merupakan beberapa fungsi brainware secara umum:

Sebagai Programer

Tugas utama dari seorang programer adalah untuk membuat program yang dibutuhkan dalam sistem komputerisasi. Selain itu, programer juga dapat berperan sebagai pihak yang menjaga keamanan dari sebuah sistem komputer.

Sebagai Administrator

Seseorang yang memiliki tugas dan kemampuan untuk mengelola suatu sistem operasi beserta program yang dijalankan pada sebuah komputer maupun jaringan dalam perusahaan.

Ada juga yang disebut dengan database administrator yang mana bertanggung jawab langsung terhadap sistem database perusahaan yang tugasnya mengatur, mengelola, dan menyimpan sebagai arsip perusahaan yang tidak boleh hilang.

Sebagai Operator

Operator adalah orang yang menjalankan sistem operasi dan program dalam perangkat komputer, misalnya merawat sistem operasi komputer, menyiapkan data untuk diakses, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Brainware

Pengguna komputer (brainware) atau yang biasa disebut juga dengan user, mereka dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

Programer

Seseorang yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam menguasai salah satu atau lebih bahasa pemrograman dalam dunia komputerisasi.

Programmer bertugas untuk membuat dan mempersiapkan program-program yang dapat mendukung sistem komputer yang akan atau telah dirancang. Programmer penting jika terjadi hack terhadap database perusahaan.

Operator Komputer

Operator komputer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mengoperasikan suatu sistem operasi atau program yang ada di dalam komputer, misalnya membuat dokumen di aplikasi Word, mengedit, dan menyimpan, dan lain-lain.

Teknisi

Teknisi komputer adalah seseorang yang memiliki kemampuan dan keahlian untuk merawat atau memperbaiki berbagai jenis masalah yang sering terjadi pada komputer. Biasanya teknisi komputer memiliki keahlian dan pengetahuan luas tentang trouble shooting dan lainnya untuk mengatasi masalah dalam perangkat komputer.

Konsultan

Konsultan adalah seorang brainware yang memiliki pengetahuan di bidang komputerisasi namun biasanya tidak berperan untuk menangani secara langsung, dia hanya sebagai penasehat handal.

Bisnis atau perusahaan membutuhkan komponen ini untuk mencari solusi terkait cara manajemen sistem informasi yang tepat dan meminimalisir terjadinya data yang tidak dikelola dengan baik.

Trainer

Trainer adalah seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan serta keahlian yang bertanggungjawab untuk memberikan pendidikan atau mengajar orang lain sesuai dengan bidangnya.

Project Manager

Merupakan seorang pemimpin dari suatu project tertentu. Biasanya juga disebut sebagai mandor. Dalam sebuah bisnis tentu saja ada beberapa project yang dipimpin oleh seorang project manager. Komponen ini penting sebagai bentuk dari pengendalian dan pengawasan.

Graphic Designer

Graphic designer adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang desain grafis atau membuat suatu objek animasi.

Sistem Analis

Seseorang yang bertanggung jawab terhadap perencanaan dan penelitian di dalam memilih software beserta dengan kebutuhan yang sesuai dengan organisasi bisnis atau perusahaan. Seorang analis harus memiliki keahlian, seperti manajerial, teknis, analisis, dan interpersonal.

Spesialis Jaringan

Spesialis jaringan adalah seseorang atau sekelompok orang yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang jaringan komputer. Brainware ini bertanggungjawab atas semua hal yang berhubungan dengan jaringan komputer.

Database Administrator

Database Administrator adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dalam pengoperasian perangkat komputer dan bertanggungjawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi, dan lain-lain.

Komponen Brainware

Secara umum, brainware dapat dibagi menjadi dua komponen yang bertugas dalam mengoperasikan dan mengelola setiap elemen dalam komputer. Berikut ini adalah beberapa komponen brainware:

Hardware Engineer

Hardware engineer adalah seseorang atau sekelompok orang yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang perangkat keras komputer. Mereka bertanggungjawab dalam mengembangkan metode atau teknik baru dalam pembuatan hardware sehingga nantinya akan menghasilkan produk baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Software Engineer

Software engineer adalah seseorang atau sekelompok orang yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang jaringan komputer. Mereka bertanggungjawab dalam merancang dan mengembangkan teknik-teknik baru di bidang jaringan komputer.

Selanjutnya, komponen brainware juga dapat dibedakan berdasarkan platformnya, yaitu:

  1. Berdasarkan Network Platform, terdiri atas:
  • Administrator
  • Backup operator
  • Network config operator
  • Power user
  • Remote desktop user
  • Replicator 
  • User 
  • Guest 
  • Debugger user
  • Help service group.
  1. Berdasarkan Web Platform, terdiri atas:
  • Analisis sistem
  • Programer
  • Operator

Contoh Brainware

Berikut ini ada contoh-contoh brainware dalam penerapannya:

Netter

Netter adalah rujukan bagi mereka pengguna internet yang menjelajahi situs-situs untuk mencari dan mendapatkan informasi. Istilah ini juga bisa mengacu pada individu, sekelompok orang maupun sebuah organisasi.

EDP Department

Beberapa orang menyebutnya sebagai orang-orang yang berada di IT Department. EDP Department atau Pengolah Data Elektronik adalah penggunaan suatu metode otomatis dalam mengolah data komersial untuk suatu perusahaan.

Network System

Istilah ini merujuk pada sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani suatu jaringan komputer. Normalnya sistem operasi ini terdiri dari atas banyak kumpulan layanan yang ditujukan agar dapat memberikan pelayanan bagi para pengguna komputer.

Jadi kesimpulannya Guys, brainware management berperan besar dalam membantu kompetensi personal, antara lain dalam memahami mengenai diri sendiri dan orang lain, kemampuan menyadari dan mengerahkan potensi diri, memotivasi diri sendiri dan sebagainya. 

Stay safe and keep healthy 🙂


Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Pengertian Brainware: Fungsi, Jenis-Jenis, Komponen, dan Contoh Brainware
Artikel
Pengertian Brainware: Fungsi, Jenis-Jenis, Komponen, dan Contoh Brainware
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sebenarnya pengertian brainware itu apa? Okay, yuk baca Pengertian Brainware: Fungsi, Jenis-Jenis, Komponen, dan Contoh Brainware
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment