keterampilan-untuk-digital-marketer

Banyak orang datang ke industri pemasaran digital dengan soft skill yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Keterampilan ini dapat memudahkan mereka untuk mempelajari hard skill yang diperlukan untuk melakukan tugas pekerjaan mereka. Okay deh, yuk baca 20 Keterampilan Penting Untuk Digital Marketer

Dibutuhkan hard skill dan soft skill untuk melakukan pekerjaan terbaik kalian dalam pemasaran digital dan kabar baiknya adalah kalian dapat membangun kedua jenis tersebut.

Soft Skills

Soft skill adalah keterampilan yang berkaitan dengan cara kalian bekerja. Ini adalah keterampilan yang dimiliki banyak orang tanpa benar-benar memikirkannya.

  • Rasa ingin tahu

Ada begitu banyak aspek pemasaran digital dan begitu banyak area niche kecil. Menginginkan lebih banyak pengetahuan tentang bagaimana semuanya cocok, benar-benar membuat kalian lebih baik dalam peran apapun.

  • Keuletan

Jika kalian mudah menyerah, pemasaran digital mungkin bukan bidang yang cocok untuk kalian. Kalian dapat bekerja untuk menentukan peringkat situs atau kalian dapat mengajukan ide yang ditolak. Kalian mungkin dipanggil untuk membantu mencari tahu mengapa sebuah situs tidak berjalan dengan baik.

Setiap hari ada sesuatu yang baru dan itulah yang membuat semuanya tetap menarik.

  • Bersedia untuk Mendengarkan dan Belajar

Berpikir bahwa kalian tahu segalanya berarti kalian tidak memiliki kesempatan untuk menjadi lebih baik.

  • Kemampuan Beradaptasi

Kita, kalian, mungkin perlu mengajukan dan membantu orang lain untuk klien yang belum pernah mereka tangani.

Kenyataannya, selalu ada kemungkinan kalian perlu melakukan sesuatu yang lain atau ekstra sehingga kalian sebaiknya bersiap untuk itu.

  • Kemampuan untuk Multitask

Selalu ada banyak hal yang terjadi sekaligus dalam pemasaran digital. Kalian ingin membaca artikel terbaru, melihat tweet terbaru yang relevan, melakukan pekerjaan kalian, mencari cara untuk melakukan sesuatu dengan cara berbeda yang menghemat waktu, membuat laporan, dan lain-lain.

Jika kalian tidak dapat melakukan banyak tugas dengan baik, kalian akan cepat tertinggal.

  • Empathy

Mampu melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain sangat penting untuk pemasaran apapun. Penting untuk memahami mengapa seseorang berpikir dengan cara tertentu.

  • Mengeluarkan Ego Kalian Sendiri 

Terkadang kita begitu terjebak dalam apa yang kita pikir perlu dilakukan, kita tidak dapat mengambil langkah mundur, dan mendengarkan orang lain karena yang kita pikirkan hanyalah bahwa kita tahu apa yang terbaik.

Kita semua perlu menyadari bahwa kita tidak selalu melakukannya dengan benar bahkan jika kita benar, terkadang itu tidak masalah.

Kalian tidak dapat mengambilnya secara pribadi ketika kalian merasa harus menawar kata kunci tertentu dan klien ingin kalian menawar kata kunci yang berbeda, misalnya.

  • Etos Kerja yang Kuat

Jelas, kalian benar-benar membutuhkan ini di sebagian besar karier tetapi dengan sesuatu seperti membangun tautan, kalian tidak akan pernah berhasil tanpa ingin bekerja keras karena terkadang sangat membuat frustrasi dan membosankan.

Ketika pemasaran gagal, akan sangat sulit untuk memulai dari awal. Kalian akan menghadapi banyak hambatan dalam beberapa bentuk atau lainnya sehingga sangat penting untuk terus mencoba dan tidak menyerah.

  • Kejujuran dan Transparansi

Salah satu kekesalan kita pada umumnya adalah ketika seseorang tidak bisa mengakui kesalahan.

Orang-orang mengatakan hal-hal yang benar-benar tidak masuk akal. Dengan begitu, banyak orang yang tersedia untuk menggantikan kalian, tidak jujur itu ​​tidak dapat diterima, lho.

  • Mampu Mengatakan “Saya Tidak Tahu”

Kalian tidak belajar kecuali kalian mengakui bahwa kalian tidak tahu sesuatu. Jika kalian tidak tahu sesuatu, ya sebaiknya kalian punya rasa ingin menggali dan mencari tahu.

Hard Skills

Hard skill adalah keterampilan yang bisa diajarkan. 

  • Cara Mencari dengan Baik

Orang-orang terus-menerus mengajukan pertanyaan yang dapat mereka tanyakan dengan mudah di Google. Itu bisa membuang banyak waktu.

Nah, kalian harus bisa menggali informasi dan menjadi lebih baik dengan kueri pencarian kalian sehingga kalian tidak mengarungi banyak informasi yang tidak relevan.

  • Menggunakan Excel, Google Sheets, atau Spreadsheet Lain

Paling tidak, kalian harus dapat melakukan fungsi dasar dalam spreadsheet. Namun, bergantung pada pekerjaan kalian juga sih, sebaiknya pelajari cara menangani kumpulan data yang besar secara efisien.

Dari data kata kunci hingga backlink, sulit untuk mendapatkan info yang kalian inginkan tanpa menggunakan fungsi lanjutan tersebut.

  • Melakukan Penelitian dan Pengumpulan Data

Kalian kemungkinan besar perlu mengambil data dari berbagai sumber di beberapa titik. Kalian mungkin harus melakukan audit teknis di situs.

Ada begitu banyak alat dan sumber informasi sehingga penting bagi kalian untuk mengetahui di mana mencarinya dan bagaimana mendapatkan apa yang kalian butuhkan.

Jika kalian membuat konten, kalian juga harus dapat menemukan dan memverifikasi informasi.

  • Menggunakan Google Analytics

Kalian bisa mendapatkan begitu banyak informasi dari Google Analytics sehingga akan menjadi kesempatan yang terlewatkan untuk tidak mencoba dan menguasainya.

Jika Google memberi kalian informasi tentang situs kalian, kalian benar-benar perlu menggunakannya.

Dari melihat lalu lintas hingga melacak konversi, Google Analytics adalah alat yang harus dimiliki dan gratis.

Kuasai Google Analytics untuk meningkatkan nilai kalian sebagai seorang profesional SEO.

  • Menggunakan Setidaknya Satu Alat SEO Utama

Di luar Google Analytics, ada baiknya mengetahui cara menggunakan setidaknya satu alat yang dapat memberi kalian kumpulan data yang berbeda. Sungguh menakjubkan melihat berapa banyak informasi yang bisa kalian dapatkan dari alat ini dan laporannya.

  • Menganalisis Efektivitas Upaya Kalian

Beberapa orang mengukur kemajuan dengan peningkatan lalu lintas. Beberapa seperti konversi. Apapun KPI kalian, kalian perlu tahu cara melacaknya dengan handal.

  • Komunikasi

Mau kalian berkomunikasi lebih baik melalui tulisan atau berbicara, keterampilan komunikasi yang baik sangatlah penting.

Kami pikir keterampilan komunikasi yang baik datang secara alami untuk beberapa orang. Namun jika tidak datang kepada kalian, itu pasti sesuatu yang dapat kalian upayakan untuk ditingkatkan.

  • Mencari Tahu Apa yang Terjadi dan Apa yang Salah

Jika lalu lintas tiba-tiba turun atau bounce rate kalian meningkat secara drastis, penting bagi kalian untuk mengetahui cara mulai melacak penyebab potensial.

Tidak semuanya menyebabkan alarm ya. Mungkin ada penjelasan logis untuk apa yang kalian lihat.

Kalian hanya perlu tahu ke mana harus mencari dan bagaimana mendapatkan informasi yang cukup untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang terjadi dan kemudian mulai memperbaikinya.

  • Menggunakan Crawler

Ada beberapa alat perayapan hebat di luar sana dan kalian harus membiasakan diri dengan setidaknya salah satu dari mereka.

Bahkan jika kalian tidak terlalu teknis dengan pekerjaan kalian, hanya bisa mendapatkan informasi tentang pengalihan atau konten duplikat bisa sangat membantu kok, Guys.

  • Coding atau Memahami Kode

Coding juga mengajarkan kalian cara berpikir sangat logis dan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah kalian. Bahkan jika kalian tidak pernah memiliki kesempatan untuk membuat kode, kalian akan lebih siap untuk memikirkan masalah.

Nah, Kawan-kawan. Dari soft skills dan hard skills di atas, poin mana saja nih yang sudah kalian upgrade? Trus, kalian ada kendala di poin mana saja nih? Sharing yuk di kolom komentar 🙂

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

2 responses to “20 Keterampilan Penting Untuk Digital Marketer”

  1. […] tahap dari product life cycle, marketer harus melakukan investasi yang berbeda untuk memaksimalkan […]

    1. silvia Avatar

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami ya, Kak 🙂

Leave a Comment