Pengertian Affiliate Marketing, Kelebihan, dan Cara Kerjanya

Pengertian Affiliate Marketing, Kelebihan, dan Cara Kerjanya

Hi, Guys! Guys, di antara kalian ada yang sudah mencoba bisnis afiliasi, kah? Gimana prospeknya menurut kalian? Anyway, bisnis afiliasi saat ini banyak dilakukan oleh solo entrepreneur, blogger, dan content creator lho. Bisnis ini terlihat menarik karena bisa mendapatkan uang dari internet. Lalu, gimana cara memulainya agar mendapatkan hasil optimal? Okay, cari tahu detailnya yuk di artikel Pengertian Affiliate Marketing, Kelebihan, dan Cara Kerjanya

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah sebuah program pemberian komisi untuk seseorang yang sudah sukses dalam mempromosikan sebuah produk atau jasa melalui jalur digital, seperti website dan media sosial.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Afiliasi

Bisnis ini juga memiliki berbagai kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu, sebaiknya kalian perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dulu sebelum memutuskan untuk bergabung.

Kelebihan Bisnis Afiliasi

Berikut ini ada beberapa kelebihan bisnis afiliasi:

  • Biaya awal yang murah/rendah. Umumnya, kalian tidak perlu membayar untuk bergabung dengan program afiliasi. Sebagian besar perusahaan afiliasi akan menangani sendiri transaksi jual beli produk dan layanannya. Artinya, kalian tidak perlu khawatir tentang ketersediaan barang.
  • Kemudahan untuk bergabung. Hampir tidak ada kesulitan untuk bergabung dalam program afiliasi meski ada juga yang memiliki prosedur yang tidak mudah. Kalian cukup mengisi formulir dan mulai mempromosikan produk.
  • Tidak perlu berurusan dengan pengiriman atau pengembalian produk. Sebagai seorang affiliate, yang menjadi fokus hanyalah mempromosikan brand, produk, atau layanan merchant. Pengiriman atau pengembalian produk akan ditangani sepenuhnya oleh merchant.
  • Tidak perlu menyediakan produk atau layanan. Tugas sebagai seorang affiliate adalah untuk mengarahkan pengunjung situs ke website penyedia produk dan layanan. Terkait pengadaan barang akan dilakukan sendiri oleh merchant karena inilah yang perlu diperhatikan jika kalian ingin memiliki toko online sendiri.
  • Tidak ada persyaratan khusus. Selama kalian mampu mempromosikan produk dan layanan, kalian tidak perlu mengikuti pelatihan atau kursus lainnya.
  • Dapat menghasilkan uang 24/7. Sama seperti bisnis online lainnya, kalian dapat melakukan bisnis ini kapan saja.

Kekurangan Bisnis Afiliasi

Bisnis ini tentu saja memiliki beberapa kekurangan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Membangun referral membutuhkan waktu. Agar afiliasi dapat menghasilkan uang dalam jumlah yang signifikan, kalian perlu waktu untuk menciptakan referral.
  • Kalian harus memiliki kemampuan internet marketing. Memang tidak ada pelatihan khusus yang diperlukan untuk menjalani bisnis afiliasi. Jika ingin bisnis ini berjalan sukses, kalian harus punya kemampuan atau setidaknya paham untuk melakukan pemasaran melalui internet.
  • Ada batasan iklan. Program afiliasi tertentu memberlakukan batasan iklan, seperti tidak memperbolehkan penggunaan email marketing atau iklan PPC dengan keyword tertentu.
  • Ada persyaratan pembayaran. Beberapa program afiliasi hanya memberikan komisi apabila kalian sudah mencapai jumlah penjualan atau uang yang ditetapkan.

Cara Melakukan Afiliasi

Bagaimana sih cara melakukan afiliasi? Berikut ini ada dua cara melakukan afiliasi, yakni sebagai berikut:

Menggunakan Iklan dan Banner untuk Promosi

Cara ini merupakan cara termudah dalam mempromosikan produk bisnis afiliasi. Jika kalian memiliki blog atau situs web pribadi maka dapat mempromosikan produk afiliasi dengan menggunakan banner iklan. Pengunjung yang tertarik dengan produk/layanan yang diiklankan akan mengklik banner. Setelah itu, mereka akan diarahkan ke halaman website penjual untuk melakukan pembelian. Apabila proses jual beli berhasil maka kalian akan mendapatkan komisi.

Metode lain untuk mempromosikan produk atau layanan adalah dengan menambahkan link pada konten. Cara ini efektif untuk digunakan, terutama jika kalian adalah seorang blogger atau content creator. Kalian juga bisa menyertakan link suatu produk di artikel yang relevan, lho. Atau nih, kalian bisa membuat konten dengan topik tertentu lalu masukan link afiliasi produk yang berguna bagi para pembaca. Mudah, kan?

Langkah Pertama Sebagai Seorang Affiliate

Okay, ada pertanyaan: bagaimana caranya menghasilkan uang sebagai affiliate marketer? Meski disarankan untuk memiliki setidaknya sebuah blog atau website, saran ini tidaklah wajib dilakukan. Baiklah, untuk memulai bisnis afiliasi, kalian harus:

  1. Menentukan niche. Peluang untuk sukses afiliasi akan lebih baik jika kalian fokus pada topik tertentu.
  2. Mencari produk dan layanan yang terkait dengan niche kalian. Silakan lakukan riset terhadap reputasi program afiliasi dan bagaimana para pembuat program ini memperlakukan pelanggan dan affiliate mereka.
  3. Mencari tahu cara mempromosikan produk atau layanan. Pastinya cara paling mudah adalah dengan melalui blog atau website. Namun, kalian dapat menggunakan metode lain, seperti email list untuk mempromosikan produk afiliasi kepada pelanggan.
  4. Kalian juga bisa menggunakan platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.
  5. Lakukan riset dan pelajari berbagai strategi internet marketing untuk mengetahui cara membagikan link website atau blog atau afiliasi secara efektif.
  6. Dikarenakan kalian akan menghasilkan uang dari rumah, cobalah untuk mencari tahu tentang lisensi dan undang-undang bisnis yang berlaku untuk melegalkan bisnis kalian.

Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Program Afiliasi

Berikut ini kesalahan-kesalahan yang berpotensi menggagalkan usaha affiliate marketing:

Memilih Niche yang Salah

Maksudnya di sini adalah kalian telah memilih niche yang tidak sesuai. Agar affiliate marketing berjalan dengan baik, terkadang memerlukan minat yang tinggi. 

pengertian-affiliate-marketing-1

Sangat disarankan untuk memilih niche marketing afiliasi yang sangat menarik bagi kalian meski kalian tidak terlalu mendalami niche tersebut.

Pelit Konten

Membangun sebuah pondasi konten tentu saja sangat krusial untuk keberlangsungan situs kalian dalam jangka panjang. Konten pada situs berfungsi untuk menarik dan mempertahankan pengunjung.

Perlu diingat bahwa konten tidak hanya membawa pengunjung ke situs kalian tetapi juga meyakinkan mereka untuk menggelontorkan sedikit uang. Maka, sebelum menulis sesuatu, pastikan kalian mengetahui apa yang ditawarkan dan kalian juga menggunakannya sendiri.

Oia, salah satu kunci utama untuk membangun kepercayaan pembaca tentunya dengan memberikan informasi yang memadai ya, Guys.

Mengabaikan SEO

Search Engine Optimization (SEO) dapat menjadi tolok ukur sebaik apa kemampuan kalian dalam menarik pengunjung ke situs secara organik. 

Jika kalian memiliki konten yang sangat mudah dipahami tapi tidak dipersenjatai dengan teknik SEO yang mumpuni maka akan sia-sia. SEO bukanlah sesuatu yang dapat diimplementasikan dengan seenaknya. Oleh karena itu, perlu perencanaan SEO yang matang sebelum membuat artikel.

Jadi, pastikan bahwa kalian telah melakukan SEO research sebelum merancang daftar artikel.

Ekspektasi Pemasukan yang Tidak Realistis

Sebagai pemula di bisnis affiliate marketing, kalian mungkin sering mendengar bahwa affiliate marketers bisa meraup keuntungan komisi yang besar perbulannya.

Sementara di beberapa kasus bisa saja hal tersebut benar adanya tapi realitanya untuk mencapai fase tersebut membutuhkan komitmen yang sangat besar, seperti waktu, usaha, dan kadang uang. 

Membangun momentum untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis affiliasi tentunya memakan banyak waktu sehingga jangan dulu berharap dapat menghasilkan banyak uang dalam tahun pertama.

Mengesampingkan Performa Website

Setelah membahas tentang konten, ada pula tendensi beberapa affiliate marketer untuk mengesampingkan bagian lain dari website mereka. Jika kalian mengabaikan kecepatan dan performa situs, tentu saja ada resiko untuk kehilangan penjualan dalam jangka panjang.

pengertian-affiliate-marketing-2

Memang benar bahwa salah satu cara mengatasi traffic dan revenue yang rendah bisa dengan menggunakan web hosting yang bertenaga. Namun, ada banyak hal lain yang dapat dilakukan untuk mengoptimasi situs kalian agar performanya menjadi lebih baik.

Patut kalian perhatikan bahwasanya penting untuk menggunakan layanan website berkualitas, mulai dari domain, hosting, dan layanan pendukung lainnya. Nah, untuk mendapatkan itu semua, silakan berkunjung ke Jetorbit untuk mencari sesuai kebutuhan kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS lho yang bisa kalian cek di sini.

Tidak Memperluas Jaringan

Silakan gunakan situs kalian untuk membuat daftar email yang dapat diinvestasikan. Orang-orang menyebutnya dengan email marketing. Cara ini sudah dilakukan oleh berbagai situs yang berhasil dalam dunia affiliate marketing.

pengertian-affiliate-marketing-3

Melalui email marketing, kalian akan memiliki modal untuk secara langsung berinteraksi dengan berbagai customer yang telah menunjukkan ketertarikan akan topik dari konten yang selama ini dibagikan.

Ada banyak email marketing tool yang kompatibel dengan CMS populer, seperti WordPress. Nah, kalian juga tentunya bisa memilih berbagai paket WordPress Hosting terbaik yang disediakan oleh Jetorbit. 

Kehilangan Fokus

Ketika traffic website kalian merangkak naik, memang menarik untuk menguangkan (monetize) website kalian sebanyak mungkin. Oleh karena itu, ada langkah lain yang mungkin bisa dilakukan untuk mencapainya, seperti menggunakan Google Ads atau merambah ke Youtube.

Namun perlu diingat, jika terlalu banyak aplikasi pada situs kalian, ini akan memperlambat kinerja situs juga, lho.

Tetap fokus pada niche kalian dan jangan coba untuk terlalu menguasai audiens. Tetaplah pada jalur kalian dan arahkan audiens pada apa yang kalian jual.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Cara kerja affiliate marketing cukup sederhana, ada empat fase. Tantangan utama dalam affiliate marketing adalah merancang strategi promosi yang menarik untuk mendapatkan pelanggan baru melalui kode referral.

Berikut adalah 4 fase dalam sebuah siklus affiliate marketing:

Daftar Program ke Merchant

Kalian dapat mendaftarkan diri untuk menjadi seorang affiliate untuk sebuah perusahaan. Setiap perusahaan mempunyai syarat dan ketentuannya masing-masing untuk menjadi affiliate.

Bagikan Program dengan Promo Code

Setelah mendapatkan kode referral unik milik kalian, kalian dapat mulai membagikan dan mempromosikan produk atau jasa yang dijual oleh merchant.

Customer Daftar Menggunakan Kode Affiliate

Dengan promosi yang sukses maka akan ada customer yang mendaftar atau membeli produk merchant dengan menggunakan link khusus atau memasukkan kode referral kalian.

Dapat Komisi

Setelah transaksi sukses, kalian akan mendapatkan komisi yang dapat dicairkan. Secara umum, kalian akan mendapatkan komisi setelah kalian berhasil mendapatkan customer baru melalui kode referral atau link khusus.

Ada beberapa jenis komisi affiliate marketing dan masing-masing memiliki tantangan tersendiri untuk mendapatkannya:

  • Pay per click

Jenis komisi pay per click adalah yang termudah didapatkan karena kalian hanya perlu meyakinkan orang lain untuk meng-klik sebuah link yang mengarah ke sebuah landing page milik merchant. Jenis komisi ini biasanya mengutamakan kuantitas sehingga komisi yang didapatkan perklik tidak terlalu besar.

  • Pay per sale

Komisi pay per sale memiliki tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi dibanding jenis komisi lainnya. Untuk mendapatkan komisi jenis ini, kalian perlu meyakinkan orang untuk membeli sebuah produk atau jasa. Oleh karena itu, kalian mendapat tantangan untuk merancang sebuah penawaran yang sangat persuasif.

  • Pay per lead

Jenis komisi pay per lead adalah salah satu tantangan besar bagi affiliate marketer. Jenis komisi ini mengharuskan affiliate untuk mengarahkan customer ke sebuah website sekaligus melakukan sebuah tindakan yang ditentukan oleh merchant, seperti mendaftar akun, mengikuti program free trial, mendownload software, dan model konversi lainnya.

Guys, bisa dibilang bahwa bagi seorang pemula, memulai bisnis afiliasi bisa jadi melelahkan. Sama seperti bisnis lainnya, kalian harus tetap bekerja dengan keras jika ingin sukses dalam bisnis ini. Ingat! Penting untuk tetap mendalami dan memiliki pengetahuan luas tentang niche yang kalian selami.

Oia, Jetorbit juga memiliki program afiliasi, lho! Yuk dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit karena bisa berpeluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan. 

Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like