peluang usaha bisnis 2023

Sedang bingung mau buka bisnis apa di tahun ini, bisnis yang menjanjikan potensi keuntungan yang besar? Tak usah bingung karena kami ada info penting spesial untuk kalian! Apaan, tuh? Makanya, agar tak penasaran, simak sampai kelar yuk 25+ Peluang Usaha Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2023

25+ List Peluang Usaha Bisnis yang Menjanjikan di 2023

Berikut ini jenis peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2023, bahkan bagi pemula sekalipun:

1. Usaha Modal Kecil/Menengah: Katering

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Kecil – Menengah

Silakan mencoba bisnis katering yang menjanjikan ini di tahun 2023 bagi yang tinggal di kota besar,. Sebab, bisnis ini akan menjadi solusi bagi para pekerja kantoran yang menginginkan menu makan siang yang lezat dan mudah didapat.

2. Berjualan Tema Blog

Jenis Bisnis: Online

Modal: Kecil – Menengah

Kalian sering kah menemukan pemilik blog yang sering mengganti tema agar blog lebih menarik? Dalam hal ini tetap memperhatikan faktor fungsi dan bahkan optimasi SEO, ya. 

Nah, jika jago membuat tema blog, berjualan tema blog masih memberikan peluang usaha yang menjanjikan. Tentu kalian harus memahami kriteria tema blog yang baik, seperti mobile-friendly, SEO optimized, loading cepat, dan desainnya menarik. 

Tidak terbatas pada tema Blogger saja, kalian juga bisa membuat berbagai tema blog untuk WordPress karena pengguna platform ini sangat banyak.

FYI, memulai bisnis ini tidak membutuhkan modal dan bisa dilakukan dari rumah, loh. Silakan kalian pilih sendiri, mau dilakukan secara paruh waktu atau full time.

3. Rias Pengantin

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Kecil – Menengah

Jika punya keahlian di bidang makeup, menjadi perias pengantin patut dicoba. Untuk memulai bisnis ini, butuh modal di kisaran 10-20 juta rupiah, bergantung besar kecilnya bisnis yang akan dibangun. Sebagian modal tersebut akan digunakan untuk pembelian alat makeup, busana pendukung, dan biaya promosi awal.

Jika ingin membangun bisnis ini, silakan memulai dengan menghitung kebutuhan modal yang kalian butuhkan sebelum memulainya. 

4. Jual-Beli Barang Antik

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Menengah

di zaman modern ini, barang antik masih bisa mendatangkan keuntungan, kah? Sangat bisa!

Eitss, masih banyak orang yang antusias untuk membeli barang antik, loh. Jenis barang yang dijual pun sangat beragam. FYI, sebagian besar bisnis barang antik ini berawal dari hobi. Kalian punya kegemaran yang sama? Kalau begitu jenis usaha ini layak dicoba. 

Kebutuhan modal untuk bisnis ini tidaklah harus besar. Kalian bisa memulainya dengan barang yang nilainya tidak terlalu tinggi dulu. Selama barang antik tersebut diinginkan oleh konsumen, bisnisnya akan terus berjalan. Maka, usaha promosi yang baik perlu terus dilakukan. 

Anda bisa memanfaatkan media sosial dan website resmi untuk menampilkan semua koleksi barang antik yang dijual.

5. Usaha Food Truck

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Kecil – Menengah

Di Indonesia, bisnis food truck mungkin belum terlalu populer. Model bisnis ini memang berasal dari luar negeri yang awalnya dikenal untuk berjualan es krim. 

Namun, saat ini sudah mulai banyak orang yang menjajal bisnis food truck ini. Jenis usahanya belum beragam, masih seputar makanan dan minuman cepat saji. Mulai dari sosis bakar, takoyaki hingga aneka juice. Jadi, kalian tentu masih bisa menemukan peluang usaha yang lain. 

Alih-alih menggunakan modal untuk menyewa ruko, kalian bisa memanfaatkannya untuk merombak kendaraan menjadi sebuah food truck

Lalu kalian bisa mulai menjalankan bisnis dengan menggunakan promosi yang gencar melalui media sosial atau website pribadi. Oia, kalian juga bisa bergabung ke dalam AFTI (Asosiasi Food Truck Indonesia) untuk memperbanyak relasi.  

6. Bisnis Modal Kecil: Menjadi Penulis Online

Jenis Bisnis: Online

Modal: Kecil

Hobi menulis? Kalau gitu jadi seorang penulis online saja! Bisnis ini bisa dijalankan dari rumah bahkan tanpa modal sekalipun.

Silakan kalian pilih sendiri, mau menjadi penulis online secara paruh waktu ataupun full time. Beberapa platform yang bisa membantu untuk mendapatkan project adalah Sribulancer dan Upwork.

Oia, kalian juga bisa mencoba platform seperti Wattpad jika mahir menulis cerita fiksi. 

peluang usaha bisnis 2023

Itulah langkah yang diambil Erisca Febriani ketika menulis novel berjudul “Dear Nathan”. Tak hanya disukai banyak orang, novel tersebut pun sudah diangkat ke layar lebar. 

7. Bisnis Tour Wisata

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Kecil – Menengah

Bagi yang hobi traveling seperti Ricky Surya, pemilik bisnis tour online LetsGetLostID, mencoba peruntungan di bisnis tur wisata menjanjikan keuntungan yang cukup besar. 

Saat itu Ricky memulai bisnisnya secara online bermodalkan sebuah laptop. Ia menawarkan paket tur destinasi Indonesia untuk wisatawan luar negeri melalui websitenya. Omzet yang dihasilkan saat itu mencapai Rp 60 juta/bulan.

Nah, kalian juga bisa memulai bisnis kalian sendiri dengan paket wisata yang unik.

peluang usaha bisnis 2023

Faktanya, potensi bisnis wisata masih besar hingga Rp4 triliun/tahun. Apalagi saat ini pemerintah terus menggenjot pembangunan wisata baik infrastruktur transportasi maupun objek wisata. 

8. Berjualan Ebook

Jenis Bisnis: Online

Modal: Kecil – Menengah

Peran buku sebagai sumber informasi, perlahan mulai digantikan oleh eBook. Salah satu alasannya adalah kemudahan konsumen untuk membacanya kapan saja melalui berbagai media seperti ponsel atau tablet.

Jika punya keahlian di salah satu bidang, kalian cukup merangkumnya dalam sebuah buku. Proses pembuatannya relatif mudah. Setelah selesai proses pengetikan, kalian cukup menyimpannya dalam bentuk digital (PDF). 

Silakan kalian pasarkan melalui website kalian sendiri atau bekerjasama dengan toko buku online yang sudah banyak tersedia. 

9. Bisnis Laundry

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Kecil – Menengah

Faktanya, bisnis jasa cuci memang masih menjadi salah satu jenis usaha yang menjanjikan.

Untuk sebuah usaha laundry, modal awal yang dibutuhkan tergantung seberapa besar bisnis laundry yang akan dibangun. Bahkan, kalian pun bisa memulainya dari rumah terlebih dahulu. 

Jika ingin mengembangkan bisnis tersebut, pemanfaatan teknologi juga bisa dilakukan, loh. Tujuannya adalah selain menjangkau lebih banyak orang, juga memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen. 

10. Berjualan Minuman Kesehatan

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Kecil – Menengah

Tren hidup sehat mulai berkembang di masyarakat, termasuk pola konsumsi makanan pun sangat diperhatikan. 

Masyarakat Indonesia memang masih memiliki keterikatan dengan jamu sebagai minuman kesehatan. Bahkan, pada zaman modern seperti saat ini masih banyak konsumen yang menginginkan konsumsi makanan yang tidak hanya enak namun juga sehat. 

Artinya, kalian juga bisa terjun ke bisnis ini jika memiliki keahlian dalam meracik minuman kesehatan lainnya. Pemasarannya pun dapat lakukan secara offline maupun online. 

11. Bisnis Menjahit Pakaian

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Kecil

Ingin membangun bisnis dari keahlian menjahit? Tentu kalian bisa melakukannya! 

Saat ini bisnis fashion di Indonesia memang sedang positif. Bahkan, nilai ekspor bisnis ini tahun lalu mencapai Rp122 triliun! Hal ini menjadikannya salah satu peluang usaha terbaik di tahun 2023. 

Dengan keahlian menjahit dan kejelian memilih bahan terbaik, kalian bisa membuat beragam produk fashion yang dibutuhkan masyarakat. Salah satu contohnya adalah bisnis busana muslim. 

12. Pet Shop

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Kecil – Menengah

Bagi pecinta hewan, membuka bisnis Pet Shop bisa jadi peluang usaha yang menggiurkan. 

Tak harus memulai dengan jumlah tersebut untuk membeli berbagai barang kebutuhan hewan peliharaan seperti makanan dan aksesoris. Kalian bisa saja mulai fokus dengan jasa grooming (perawatan) hewan peliharaan dulu. Jika sudah ada keuntungan, bisa digunakan untuk menambah jumlah produk yang dijual di toko kalian. 

Kalian bisa memasarkan usaha Pet Shop secara online, baik melalui website seperti petshopindonesia.com atau media sosial. 

13. Usaha Sewa Pakaian

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Kecil – Menengah

Beberapa event seperti peringatan Hari Kartini sering mewajibkan dresscode berupa busana daerah. Ini bisa jadi peluang usaha baru yang menarik. Sebab, sebagian besar orang selalu bingung bagaimana mendapatkan baju daerah yang pas. 

Penting untuk diingat bahwa potensi bisnis ini masih sangat besar. Silakan kalian berkreasi dengan jenis bisnis sewa pakaian yang lain. Kuncinya adalah melihat peluang pasar yang baik sesuai tren yang berkembang saat ini. 

14. Usaha Sewa Perlengkapan Mendaki

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Kecil – Menengah

Semakin banyak orang menyukai kegiatan mendaki gunung. Selain untuk menikmati waktu bersama teman, sekaligus bisa mendapatkan foto-foto yang instagramable. Ini adalah peluang bisnis yang menarik. Bisnis persewaan alat mendaki masih cukup potensial. 

peluang usaha

Jika ingin memulai bisnis ini, silakan kalian lihat dulu potensi pasarnya. Apakah kalian ingin membangun usaha sewa berbagai alat yang lengkap, atau khusus untuk satu jenis perlengkapan saja, misalnya tenda kemping seperti yang dilakukan tendakemping.com.

15. Menciptakan Produk Kreatif Ramah Lingkungan

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Kecil – Menengah

Menciptakan produk bermanfaat sambil tetap menjaga lingkungan bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. 

Inilah contoh yang diberikan oleh Deasy Esterina, pemilik bisnis ramah lingkungan Kreskros, ketika memproduksi tas kreatif dari sampah plastik. Bisnis ini terbukti mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Market share bisnis ini juga sudah internasional. 

Deasy memulai peluang bisnis ini dengan modal Rp10 juta untuk membeli berbagai perlengkapan. Ia memasarkan produknya melalui media sosial dengan membangun kesadaran penggunaan produk ramah lingkungan. Kemudian, melalui website Kreskros.com, ia terus menggarap bisnisnya dengan lebih serius. 

Hasilnya, omzet penjualannya kini mencapai Rp 60 juta/bulan. 

16. Kursus Online

Jenis Bisnis: Online

Modal: Kecil

Jika punya keahlian di bidang tertentu, silakan kalian memulai peluang bisnis kursus online.

Membangun sebuah kursus reguler membutuhkan tempat khusus dan berbagai keperluan lainnya. Persiapannya banyak dan persaingan usahanya pun masih cukup sengit. 

Kursus online memang berbeda karena bisa memulai peluang bisnis tersebut dari rumah dan jenis keahlian yang bisa ditawarkan pun beragam. Gimana, sudah menemukan ide untuk kursus online?

17. Usaha Rental Mobil

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Menengah – Besar

Peluang bisnis sewa mobil mungkin sudah banyak ditemui. Modal awal yang dibutuhkan pun tak sedikit. Bisa jadi kalian tidak begitu tertarik mencobanya. 

Kalian bisa mengambil inspirasi dari Aldi Febian Mahabian, seorang pengusaha rental mobil. Cerita pebisnis ini menunjukkan bahwa untuk memulai bisnis, kreativitas merupakan faktor kunci, tidak melulu modal. 

rental mobil

Peluang bisnis rental mobil ini terbukti tidak hanya bisa dilakukan offline saja tapi bisa secara online seperti yang ditunjukkan oleh drive.id.

18. Jasa Pembuatan Website

Jenis Bisnis: Online

Modal: Kecil – Menengah

Jika kalian seorang developer, tidak ada salahnya menekuni bisnis ini. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. 

Tidak hanya dari jasa pembuatan website saja, kalian bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari kerjasama dengan pihak lain. 

Seperti yang kalian ketahui, sebuah website akan membutuhkan nama dan kalian perlu registrasi nama domain yang dan hosting agar bisa online. Maka, kalian juga bisa sekaligus menjadi reseller produk hosting dan domain. Untungnya, kalian bisa memulai kerjasama tersebut tanpa modal dan biaya pendaftaran.

19. Wedding Organizer

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Kecil – Menengah

Seorang wedding organizer selalu dibutuhkan untuk mengatur rangkaian acara agar momen spesialnya berlangsung sempurna.

Dari sisi peluang bisnis, ini tentu jenis peluang usaha yang menjanjikan. 

Jangan dulu beranggapan bahwa peluang bisnis ini sudah tidak prospek seiring bertambahnya jumlah wedding organizer. Faktanya, nilai industri dari bisnis pernikahan di tahun ini saja mencapai Rp 500 triliun.

20. Affiliate Marketing

Jenis Bisnis: Online

Modal: Kecil

Affiliate marketing memungkinkan untuk mendapatkan uang dengan mempromosikan produk pihak lain. Dengan afiliasi, kalian bisa memulainya dengan modal kecil bahkan tanpa modal. 

Cara kerjanya pun cukup mudah. Jika seseorang membeli produk menggunakan kode referral yang kalian berikan, kalian akan mendapatkan komisi sesuai perjanjian yang disepakati. Program Afiliasi Indonesia dari Jetorbit merupakan salah satu contohnya. 

21. Menciptakan Kerajinan Tangan

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Kecil – Menengah

Keterampilan dalam mengolah suatu bahan menjadi kerajinan tangan bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. 

Kalian pun tak harus memulainya dengan modal besar. Dengan beberapa ratus ribu saja, kalian sudah bisa memulainya. Yang paling penting, ketekunan dan kejelian melihat peluang usaha. 

Kalian bisa belajar dari kesuksesan Yanis Gallery asal Yogyakarta yang merambah pasar ekspor dengan menggunakan website sebagai media promosi. Berbagai penghargaan pun diraih berkat ketekunan mereka di bisnis tersebut. 

22. Menjadi Dropshipper

Jenis Bisnis: Online

Modal: Kecil

Peluang bisnis dropship juga memungkinkan untuk memulai bisnis tanpa modal. Eitss, potensi penghasilannya tidak dapat dianggap remeh. 

Model bisnis dropship mirip dengan reselling. Hasil keuntungannya berasal dari selisih harga yang kalian terima dari pembeli untuk membeli produk dari penjual. Bedanya, menjadi dropshipper tak menuntut untuk memiliki gudang sendiri. Sebab, penjuallah yang akan mengirimkan barang ke konsumen. 

Hingga saat ini, peluang bisnis dropship masih cukup potensial. Beberapa platform seperti YukDropship pun mulai marak menawarkan kerjasama bisnis ini.

23. Berjualan Perangkat Lunak/Software

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Kecil – Menengah

Teknologi informasi berkembang pesat dan belum akan berhenti. Bagi yang memiliki kemampuan di bidang pemrograman, kalian bisa menjajal bisnis penjualan software.

Perlu kalian ketahui ya, sudah banyak sosok sukses di peluang bisnis ini. Kalian bisa menjadi salah satunya.  

24. Usaha Potong Rambut

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Kecil – Menengah

Bagi pebisnis, ini adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan sebab prospek pengembangannya sangat cerah. 

potong rambut

Untuk memulai peluang bisnis ini tidak diperlukan modal yang besar, loh. Jika sudah berkembang, kalian bisa mengikuti jejak Arfa Barber Shop dan Toekang Tjoekoer untuk menjadikannya bisnis franchise. Tentu kalian sebagai franchisor-nya.

25. Jasa Penitipan Anak

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Menengah – Besar

Suka dengan anak-anak dan ingin menjalankan bisnis dari rumah? Membuka jasa penitipan anak bisa menjadi pilihan yang menarik. 

Peluang bisnis ini sangat cocok dijalankan di kota-kota besar. Kesibukan orang tua bekerja seringkali mengharuskan anak dititipkan ke pihak lain. Ini bisa jadi peluang bisnis.

Kalian mungkin harus menyiapkan modal untuk melakukan renovasi rumah kalian. Tujuannya, menjadikan rumah kalian sebagai area bermain yang menyenangkan. Selain itu, perlu membeli beberapa perlengkapan bermain anak sekaligus upaya mempromosikan usaha. 

Katakanlah tarif penitipan anak per bulan Rp 500 ribu. Jika menerima 10 anak maka pendapatan tiap bulan adalah Rp 5 juta. Itu pun bisa bertambah jika juga menerima anak yang membutuhkan pengawasan khusus seperti balita ataupun bayi. Tentu pendapatan bisa meningkat. 

26. Berjualan Makanan Ringan

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Kecil – Menengah

Produk makanan memang tidak ada matinya, khususnya produk makanan ringan atau snack. Meski banyak produk baru dikenalkan, antusiasme masyarakat untuk mencobanya cukup besar. Artinya, potensi bisnisnya masih cukup besar. 

Jika ingin menjajal bisnis makanan ringan ini, kuncinya adalah kualitas dan keunikan produk. Sedangkan untuk lebih meningkatkan penjualan, kalian bisa memasarkannya secara online. Memulai bisnis ini tidak harus dengan modal besar. Bahkan kalian bisa menjalankan dari rumah. 

27. Bisnis Waralaba/Franchise

Jenis Bisnis: Offline/Online

Modal: Kecil – Menengah

Bisnis franchise adalah jenis usaha yang dijalankan dengan model kemitraan. Bekerja sama dengan perusahaan yang produknya sudah dikenal tentu relatif lebih cepat mendatangkan pembeli. 

Sebagian masyarakat menganggap waralaba harus dengan modal besar dan hanya untuk bisnis makanan. 

Faktanya, banyak pilihan waralaba mulai dari yang bermodal kecil. Selain itu, saat ini banyak pilihan waralab,a seperti laundry, jasa kirim barang, pelatihan, dan sebagainya. Kunci dari bisnis ini adalah jeli melihat peluang usaha terbaru dan memilih jenis bisnis serta mitra bisnis yang menguntungkan dan prospektif. 

28. Jasa Terjemah

Jenis Bisnis: Online

Modal: Kecil

Kemampuan berbahasa asing dapat membantu untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Kalian bisa memulai bisnis jasa terjemah dengan omzet yang bisa mencapai Rp 7 juta/bulan. Apalagi kalian bisa melakukannya dari rumah. 

Bagi yang ingin menjalankan bisnis ini secara full time, tentu hasil yang dicapai bisa lebih besar. 

29. Membuka Toko Online

Jenis Bisnis: Online

Modal: Kecil – Menengah

Saat ini semakin mudah bagi seseorang membuat website toko online. Ragam produk yang dijual pun kian beragam. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. 

Kejelian dalam melihat gap in the market sangat dibutuhkan. Gap in the market adalah peluang usaha terbaru yang belum digarap namun banyak dibutuhkan konsumen. 

Apakah sudah memikirkan kalian akan membuat toko online apa?

Gimana, lumayan kan referensi terkait peluang usaha di tahun ini? Oia, untuk membuka sebuah usaha yang menjanjikan, kalian bisa memulainya dengan hal yang paling kalian sukai. Dengan kata lain, ikuti passion kalian.

Lalu, kalian kembangkan bisnis kalian dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan go online.

Jangan lupa, selalu pelajari potensi pasar bisnis tersebut dengan data yang cukup, ya.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment