pengertian mysql

MySQL adalah sistem manajemen database relasional open source yang didukung Oracle (Relational Data Base Management System) berdasarkan Structured Query Language (SQL). MySQL berjalan di hampir semua platform, termasuk Linux, UNIX, dan Windows. Meskipun dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, MySQL paling sering dikaitkan dengan aplikasi web dan online publishing. Yuk baca artikel MySQL: Pengertian, Cara Kerja, Fitur sampai selesai Gaes..

MySQL adalah komponen penting dari open source enterprise stack yang disebut LAMP. LAMP adalah platform pengembangan web yang menggunakan Linux sebagai sistem operasi, Apache sebagai server web, MySQL sebagai sistem manajemen database relasional, dan PHP sebagai bahasa scripting berorientasi objek. (Terkadang Perl atau Python digunakan sebagai pengganti PHP).

Awalnya disusun oleh perusahaan Swedia MySQL AB, MySQL diakuisisi oleh Sun Microsystems pada 2008 dan kemudian oleh Oracle ketika membeli Sun pada 2010. Pengembang dapat menggunakan MySQL di bawah GNU General Public License (GPL) tetapi perusahaan harus mendapatkan lisensi komersial dari Oracle.

Saat ini, MySQL adalah RDBMS di belakang banyak situs web teratas di dunia dan banyak aplikasi berbasis web yang dihadapi oleh perusahaan dan konsumen, termasuk Facebook, Twitter, dan YouTube.

Bagaimana Cara Kerja MySQL

MySQL didasarkan pada model client-server. Inti dari MySQL adalah server MySQL, yang menangani semua instruksi (atau perintah) database. Server MySQL tersedia sebagai program terpisah untuk digunakan dalam lingkungan jaringan client-server dan sebagai perpustakaan yang dapat disematkan (atau ditautkan) ke dalam aplikasi yang terpisah.

MySQL beroperasi bersama dengan beberapa program utilitas yang mendukung administrasi database MySQL. Perintah dikirim ke MySQLServer melalui MySQL client yang diinstal pada komputer.

MySQL pada awalnya dikembangkan untuk menangani database besar dengan cepat. Meskipun MySQL biasanya diinstal pada satu mesin saja, MySQL dapat mengirim database ke beberapa lokasi karena pengguna dapat mengaksesnya melalui interface klien MySQL yang berbeda. interface ini mengirimkan pernyataan SQL ke server kemudian menampilkan hasilnya.

Fitur Inti MySQL

MySQL memungkinkan data untuk disimpan dan diakses di beberapa mesin penyimpanan, termasuk InnoDB, CSV, dan NDB. MySQL juga mampu mereplikasi data dan tabel partisi untuk kinerja dan daya tahan yang lebih baik. Pengguna MySQL tidak diharuskan mempelajari perintah baru. Pengguna dapat mengakses data mereka menggunakan perintah SQL standar.

Memulai Tutorial MySQL untuk Pemula

MySQL ditulis dalam C dan C ++ serta dapat diakses dan tersedia di lebih dari 20 platform, termasuk Mac, Windows, Linux, dan Unix. RDBMS mendukung database besar dengan jutaan catatan dan mendukung banyak tipe data termasuk bilangan bulat bertanda 1, 2, 3, 4, dan 8 byte yang ditandatangani atau tidak ditandatangani; FLOAT; DOUBLE; CHAR; VARCHAR; BINARY; VARBINARY; TEXT; BLOB; DATE; TIME; DATETIME; TIMESTAMP; YEAR; SET; ENUM; dan tipe spasial OpenGIS.

Untuk keamanan, MySQL menggunakan hak akses dan sistem kata sandi terenkripsi yang memungkinkan verifikasi berbasis host. Klien MySQL dapat terhubung ke MySQL Server menggunakan beberapa protokol, termasuk soket TCP / IP pada platform apapun. MySQL juga mendukung sejumlah program klien dan utilitas, program command-line, dan alat administrasi seperti MySQL Workbench.

Cabang MySQL, juga dikenal sebagai forks, termasuk hal-hal berikut:

  • Drizzle, sistem manajemen database open source ringan dalam pengembangan berbasis pada MySQL 8.0;
  • MariaDB, pengganti “drop-in” yang dikembangkan komunitas populer untuk MySQL yang menggunakan MySQL APIs and commands; dan
  • Percona Server dengan XtraDB, versi MySQL yang disempurnakan yang dikenal dengan skalabilitas horizontal.

MySQL vs SQL

Sebelum 2016, perbedaan utama antara MySQL dan SQL adalah bahwa yang pertama dapat digunakan pada beberapa platform sedangkan yang terakhir hanya dapat digunakan pada Windows. Sejak itu Microsoft memperluas SQL untuk mendukung Linux, perubahan yang mulai berlaku pada 2017. Ketika MySQL diinstal melalui Linux, sistem manajemen paketnya memerlukan konfigurasi khusus untuk menyesuaikan pengaturan keamanan dan optimisasi.

MySQL juga memungkinkan pengguna untuk memilih mesin penyimpanan yang paling efektif untuk setiap table karena program ini dapat memanfaatkan beberapa mesin penyimpanan untuk masing-masing tabel. Salah satu mesin MySQL adalah InnoDB. InnoDB dirancang untuk high availability. Dikarenakan hal inilah, tidak secepat mesin lain. SQL menggunakan sistem penyimpanannya sendiri tetapi mempertahankan beberapa perlindungan terhadap hilangnya data. Kedua sistem dapat berjalan dalam kelompok untuk high availability.

SQL Server menawarkan berbagai macam alat pelaporan dan analisis data. SQL Server Reporting Services adalah yang paling populer dan tersedia sebagai unduhan gratis. Ada alat analisis serupa untuk MySQL yang tersedia dari third-party software companies, seperti Crystal Reports XI dan Actuate BIRT.

Kompatibilitas dengan Layanan Lain

MySQL dirancang agar kompatibel dengan sistem lain. Ini mendukung deployment di lingkungan tervirtualisasi, seperti Amazon RDS untuk MySQL, Amazon RDS untuk MariaDB dan Amazon Aurora untuk MySQL. Pengguna dapat mentransfer data mereka ke database SQL Server dengan menggunakan alat migrasi database, seperti AWS Schema Conversion Tool dan AWS Database Migration Service.

Bagaimana Organisasi Anda Memanfaatkan MySQL?

Semantik objek database antara SQL Server dan MySQL serupa tetapi tidak identik. Ada perbedaan arsitektur yang harus dipertimbangkan ketika bermigrasi dari SQL Server ke MySQL. Di MySQL, tidak ada perbedaan antara database dan skema. Sementara itu, SQL Server memperlakukan keduanya sebagai entitas yang terpisah.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah juga bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting Indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 2.7 / 5. Jumlah rate 3

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

One response to “MySQL: Pengertian, Cara Kerja, Fitur”

  1. duar merdeka Avatar

    feels nothing impposible

Leave a Comment