Mengenal Kabel Bawah Laut Jasuka, Sumber Internet Indihome Down Serta Kabel Terpanjang di Dunia

Sharing is caring!

Layanan internet Indihome dan Telkomsel mengalami gangguan sejak Minggu malam, 19 September 2021, akibat dari kendala pada sistem kabel bawah laut Jasuka (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak.

Gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

Sistem komunikasi Jasuka yang dibangun oleh Telkom, merupakan salah satu jalur kabel laut terpanjang di dunia. Waow, luar biasa! Jalur kabel laut ini terdiri empat kanal 40G dengan kapasitas daya tampung hingga 16 kali lipat dari jalur konvensional, lho.

Melalui JaSuKa ini, Telkom membagi enam kawasan pembangunan ring, yaitu Ring Sumatera, Ring Jawa, Ring Kalimantan, Ring Sulawesi dan Maluku Utara, Ring Bali dan Nusa Tenggara, dan Ring Kepulauan Maluku dan Papua.

Sistem laut Jasuka merupakan kabel bawah laut milik Telkom yang dibangun pada 2009 dan rampung pada 2011. Menurut data Submarine Cable Map nih, kabel laut tersebut membentang sepanjang 10.860 kilometer.

Telkom membangun sistem kabel bawah laut jalur Jawa-Sumatera-Kalimantan sebagai upaya dari Indonesia Digital Network (IDN). Targetnya agar 90 persen wilayah kota dan kabupaten di Indonesia dapat terkoneksi jaringan pita lebar (broadband) pada 2015 silam.

Kabel Jasuka sendiri memiliki 17 titik pendaratan atau landing point yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, serta Malaysia.

Titik tersebut berada di Bandar Lampung, Batam, Baturaja, Dumai, Jakarta, Jambi, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Rantau Prapat, Sibolga Tanjung Pakis, Tanjung Pandan, Tebing Tinggi, dan Bandar Bukit Tinggi di Selangor, Malaysia.

Nah, dalam membangun sistem kabel laut Jasuka, Telkom bekerjasama dengan perusahaan Nokia Siemens Network untuk membangun teknologi Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM).

Untuk penempatan kabelnya, jika berada di lautan maka kabel bawah laut ini akan diletakkan begitu saja di dasar laut. Namun, untuk kabel yang terdapat di daerah pantai ya dikubur di bawah dasar laut untuk memberi perlindungan.

Okay Guys, dengan diketahuinya titik gangguan, kita semua berharap agar pihak Telkom segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya terkait infrastruktur tersebut supaya dapat segera berfungsi normal, ya.

Ngomong-ngomong soal website nih, ada hal penting lain lho untuk menggunakan layanan website berkualitas, mulai dari domain, hosting, dan layanan pendukung lainnya. Nah, untuk mendapatkan itu semua, silakan berkunjung ke Jetorbit untuk mencari sesuai kebutuhan kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Kabel Bawah Laut Jasuka, Sumber Internet Indihome Down Serta Kabel Terpanjang di Dunia
Artikel
Mengenal Kabel Bawah Laut Jasuka, Sumber Internet Indihome Down Serta Kabel Terpanjang di Dunia
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Layanan internet Indihome dan Telkomsel mengalami gangguan sejak 19 September 2021 akibat dari kendala pada sistem kabel bawah laut Jasuka
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment