mengenal flowchart

Pasti kalian sudah tak asing lagi dong ya dengan istilah flowchart. Jadi, flowchart atau biasa disebut dengan diagram alur, merupakan diagram yang menggambarkan langkah-langkah, urutan, dan keputusan dari suatu proses atau alur kerja. Okay, ketahui lebih lanjut yuk terkait fungsi, jenis, dan seimbol dari sebuah flowchart di artikel Mengenal Flowchart, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian Flowchart

Flowchart adalah diagram yang menggambarkan suatu proses, sistem atau algoritma komputer. Biasanya diagram alur ini banyak digunakan di berbagai bidang untuk mendokumentasikan, mempelajari, merencanakan, meningkatkan, dan mengkomunikasikan proses yang seringkali rumit dalam diagram yang jelas dan mudah dipahami.

Terkadang, flowchart juga dianggap sebagai diagram alur yang menggunakan persegi panjang, oval, berlian, dan banyak bentuk lain yang berpotensi untuk menentukan jenis langkah, bersama dengan panah penghubung untuk menentukan aliran dan urutan. Diagram ini sendiri dapat berkisar dari grafik sederhana yang digambar tangan hingga diagram gambar komputer komprehensif yang menggambarkan banyak langkah dan rute.

Flowchart terkadang disebut dengan nama yang lebih khusus, seperti Process Flow Diagram (PFD), Process Flowchart, Functional Flowchart, Process Map, Business Process Modeling and Notation (BPMN) atau Business Process Mapping. Biasanya flowchart juga terkait dengan diagram populer lainnya, seperti Diagram Aktivitas Unified Modeling Language (UML) dan Data Flow Diagram (DFD).

Fungsi dan Manfaat Menggunakan Flowchart

Dirancang untuk mempermudah alur pekerjaan, perusahaan dan bisnis dapat menggunakan diagram alur di berbagai bidang dan mendapatkan manfaat serta keuntungan penggunaan seperti berikut :

Dokumentasi yang lebih efektif

Untuk menghemat dan membuat beban paperwork lebih ringan, flowchart dapat membantu dalam melakukan dokumentasi yang cukup dari proses lainnya. Selain itu, kalian dapat melakukan pelatihan dengan bantuan diagram alur. 

Kejelasan proses

Jika proses atau proyek baru akan dimulai, pembuatan diagram alur adalah langkah pertama. Prosedur langkah-demi-langkah dan kemungkinan hasil dari setiap metode akan dinyatakan dengan jelas, tanpa meninggalkan kemungkinan kebingungan dan keraguan di masa depan. Selain itu, manfaat diagram alur memberikan kejelasan visual.

Meningkatkan pemecahan masalah

Saat membuat diagram alur, pemecahan masalah dan perbaikan bug menjadi tugas yang mudah, lho. Kalian dapat memecah masalah menjadi beberapa bagian dan mendefinisikan diagram alur secara terpisah. Kalian dapat menyebutkan semua kemungkinan solusi dan hasilnya lalu ambil solusi yang dioptimalkan sehingga hemat biaya dan menghemat waktu.

Komunikasi dan koordinasi yang efektif

Saat ini, rapat tim dapat digantikan oleh diagram alur. Diagram alur berbingkai yang menggambarkan proses aktual dan kinerja yang diharapkan dengan tenggat waktu sedang diedarkan lebih bermanfaat daripada mengatur pertemuan tim yang membuang waktu.

Analisis dan Peningkatan

Kalian dapat menggunakan diagram alur atau diagram untuk menganalisis proses yang sedang berlangsung secara efektif dan membandingkan kinerja dengan yang diharapkan. 

Jenis dan Contoh FlowChart

Berikut ini ada berbagai jenis dan contoh flowchart yang bergantung pada kebutuhan yang dibutuhkan oleh bisnis dan perusahaan. :

Process flowchart

mengenal flowchart 1

Jenis flowchart ini berguna untuk menunjukkan semua aktivitas yang terlibat dalam pembuatan suatu produk. Pada dasarnya ini  menyediakan jalur untuk menganalisis produk yang akan dibangun. Bagan alir paling sering digunakan dalam rekayasa proses karena untuk menggambarkan hubungan antara komponen utama dan kecil yang ada dalam produk. Umum digunakan dalam pemodelan produk bisnis untuk membantu memahami karyawan tentang persyaratan proyek dan mendapatkan beberapa wawasan tentang proyek tersebut.

Data flowchart

mengenal flowchart 2

Data flowchart digunakan untuk menganalisis data, khususnya membantu dalam menganalisis detail struktural yang terkait dengan proyek. Dengan menggunakan flowchart ini, seseorang dapat dengan mudah memahami aliran data masuk dan keluar dari sistem. Hal ini paling sering digunakan untuk mengelola data atau untuk menganalisis informasi dari sistem.

Diagram Pemodelan Proses Bisnis/Business Process Modeling

mengenal flowchart 3

Dengan menggunakan diagram alur atau diagram ini, seseorang dapat secara analitis mewakili proses bisnis dan membantu menyederhanakan konsep yang dibutuhkan untuk memahami aktivitas bisnis dan arus informasi. Diagram alir ini menggambarkan proses bisnis dan model secara grafis yang membuka jalan untuk perbaikan proses.

Mengenal Penjelasan Simbol-Simbol dalam Flowchart

Dengan mengetahui arti setiap simbol dan bentuk diagram alur, dapat membantu kalian membuat diagram alur yang dapat dipahami secara universal dan mencegah kebingungan dalam interpretasi. Beberapa bentuk atau simbol flowchart yang paling umum adalah :

Oval

Bentuk oval juga disebut terminator. Simbol ini biasanya digunakan untuk melambangkan awal atau akhir dari suatu proses maka sering digunakan di dua titik akhir diagram alur.

Berlian (Diamond)

Simbol berbentuk berlian mewakili keputusan dalam diagram alur dan sebagian besar digunakan dalam diagram alur ya/tidak atau kunci dikotomis.

Panah (Arrow)

Panah menunjukkan arah aliran proses. Misalnya, jika informasi mengalir dari kiri ke kanan, kalian dapat menggunakan panah untuk menggambarkannya. Kalian juga dapat menggunakan dua panah yang menunjuk ke arah yang berlawanan jika informasi mengalir di kedua arah.

Persegi Panjang (Rectangle)

Bentuk persegi panjang biasanya menggambarkan tugas, operasi, atau proses. Simbol inilah yang akan digunakan untuk sebagian besar diagram alur yang menggambarkan proses dengan berbagai tugas.

Parallelogram

Bentuk ini mewakili input atau output dari data atau informasi dalam diagram alur. Parallelograms sebagian besar digunakan dalam jenis diagram aliran data atau data flowchart.

Nah, perlu kalian ketahui nih bahwa flowchart bervariasi dari visualisasi yang digambar tangan dengan cepat itu untuk membantu mendokumentasikan atau merencanakan proses hingga diagram alur kerja komprehensif yang dibuat dengan software yang ditentukan. Okay, semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya.

Oia, bagi kalian yang memiliki website, jangan lupa ya untuk optimasi performa website. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan layanan website berkualitas, mulai dari domain, hosting, dan layanan pendukung lainnya. Nah, untuk mendapatkan itu semua, silakan berkunjung ke Jetorbit untuk mencari sesuai kebutuhan kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Jika kalian mau gabung afiliasi

Cari caranya saja di website kami

Lebaran tinggal menghitung hari

Jangan lupa tetap menjaga diri

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment