Mengenal Digital Marketing Funnel

Mengenal Digital Marketing Funnel

Sharing is caring!

Kalian sudah paham kah terkait digital marketing funnel? Ada beberapa pendekatan lho untuk konsep funnel. Nah, agar lebih paham, simak sampai selesai yuk Mengenal Digital Marketing Funnel

Pengertian Digital Marketing Funnel

Digital marketing funnel adalah model strategi yang mewakili seluruh perjalanan pembelian persona, dari saat mereka mengetahui brand kalian hingga saat mereka menjadi pelanggan.

Konsep ini banyak digunakan di kalangan tenaga penjualan tetapi juga menjadi sumber fundamental bagi keberhasilan marketing action.

Pendekatan Konsep Digital Marketing Funnel

Ada banyak pendekatan untuk konsep funnel tetapi model yang akan disajikan kali ini dibagi menjadi enam tahap, yaitu:

1. Exposure

Pada tahap ini, tujuannya adalah untuk menghasilkan konten yang menarik perhatian pengguna, seperti educational video dan infografis. Sekarang saatnya untuk menarik traffic sebanyak mungkin.

Di blog kalian, fokuslah pada materi yang ditujukan kepada orang-orang yang tidak mengenal perusahaan kalian atau fakta bahwa kalian dapat menawarkan solusi untuk beberapa masalah mereka.

Rumus untuk langkah ini sederhana, yakni untuk meningkatkan eksposur, perusahaan harus bekerja dengan subjek yang menarik banyak orang dan terkait dengannya.

Untuk melakukannya, mereka dapat melakukan penelitian yang berfokus pada head-tail keyword, dengan ribuan pencarian perbulan.

2. Discovery

Pada langkah ini, sangat ideal untuk berfokus pada produksi konten yang mendorong pengguna untuk tertarik pada brand kalian.

Lagi pula, sebanyak tahap sebelumnya berarti bahwa mereka sudah mengenal perusahaan kalian, penting untuk membuat mereka tetap berada di halaman kalian untuk menemukan produk, layanan, dan solusi kalian.

3. Consideration

Pada tahap ini, kalian sudah tahu lebih banyak tentang prospek dan apa yang sebenarnya mereka cari. Konten kalian harus menyajikan fakta dan informasi yang membuktikan efisiensi solusi kalian.

Menyajikan Frequently Asked Questions (FAQ) yang memecahkan masalah utama mereka atau evaluasi yang relevan dari pelanggan lain.

4. Conversion

Pada tahap ini, saatnya untuk fokus pada konten yang semakin dipersonalisasi dan sesuai dengan tujuan, preferensi, dan tantangan kalian. Saatnya membuat campaign yang disesuaikan.

Nah, dengan sponsored link, kalian dapat menarik perhatian pengguna ke landing page tertentu yang hampir secara eksklusif berfokus pada konversinya.

Petunjuk konten untuk halaman ini adalah free trial, yang mana memungkinkan pengguna merasakan produk atau layanan kalian untuk sementara waktu dan mengetahui lebih banyak tentang keunggulan dan manfaatnya.

5. Customer Relationship

Dengan konversi prospek yang ditetapkan, langkah selanjutnya adalah lebih dekat dengan pelanggan kalian. Pada tahap ini, kalian tak perlu menggunakan ads agar terhubung dengan mereka namun kalian dapat menggunakan channel email marketing untuk menjaga relationship dengan pelanggan kalian dengan lebih personal.

6. Retention

Pada tahap retention atau retensi pelanggan, kalian perlu bfokus pada behavior mereka terhadap bisnis kalian, tentunya setelah kalian memahami kebiasaan mereka dan berikan penawaran atau konten edukasi yang relevan kepada mereka. Buatlah mereka untuk selalu stay pada bisnis kalian untuk nantinya mereka bisa melakukan pembelian berulang dan tidak churn.

Funnel-funnel ini berfungsi untuk para marketer dapat memahami apa yang harus ditawarkan kepada pengguna di setiap tahap dalam seluruh proses funnel.

Dengan begitu banyak persaingan di antara perusahaan untuk mendapatkan perhatian dan sumber daya konsumen, perlu untuk mempersiapkan strategi yang cocok dan pas untuk setiap stage funnel digital marketing.

Digital marketing funnel ini akan memandu semua strategi yang harus diterapkan perusahaan kalian untuk mencari lebih banyak konversi.

Mengapa Digital Marketing Penting?

Manfaat pertama dan utama justru untuk melakukan segmentasi yang lebih baik dari marketing action kalian, directing content, ads, dan strategi lainnya dengan pesan yang akan berguna bagi audiens kalian sepanjang perjalanan pembeli.

Akibatnya, pekerjaan menghasilkan prospek juga menjadi lebih efisien, memberikan prospek yang lebih berkualitas ke sales team kalian, membuat tantangan konversi menjadi lebih mudah.

Selain itu, produktivitas seluruh tim kalian cenderung meningkat saat para profesional mendedikasikan diri mereka, misalnya menghasilkan konten yang tepat pada waktu yang tepat, tanpa membuang waktu dan sumber daya untuk tindakan yang tidak efektif.

Dikarenakan keunggulan utama digital advertising adalah tepatnya segmentasi tindakan komunikasi kalian, kalian akan dapat berbicara dengan audiens yang tepat dan tentu saja menawarkan konten yang paling tepat untuk setiap tahap.

Lalu, apa gunanya membuat e-book tentang topik tertentu jika publik kalian belum siap untuk itu? Apa gunanya mempengaruhi pengguna yang tidak mengerti bahwa mereka memiliki masalah untuk dipecahkan dengan konten yang lebih canggih? Nah, makanya kalian harus lebih tepat dalam tindakan kalian, ya.

Okay, jadi bisa dimpulkan bahwa digital marketing funnel sangatlah penting untuk memanfaatkan sumber daya perusahaan kalian dengan lebih baik dan meningkatkan laba kalian.

Nah Guys, Jetorbit punya Paket Website Toko Online, lho. Kalian bisa menjual apa saja dengan toko online milik kalian sendiri! Mudah digunakan oleh siapa saja yang tentunya disertai dengan dukungan bantuan terbaik yang kalian dapatkan. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.


Have a good day 😊

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Digital Marketing Funnel
Artikel
Mengenal Digital Marketing Funnel
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kalian sudah paham terkait digital marketing funnel? Ada beberapa pendekatan untuk konsep funnel. Baca yuk Mengenal Digital Marketing Funnel
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like