mengenal cloudlinux

CloudLinux merupakan OS (Operating System) populer dan paling banyak digunakan. Teknologi yang digunakan oleh OS ini adalah LVE atau Lightweight Virtualized Environment. Nah, LVE ini memungkinkan penyedia hosting untuk memiliki kontrol penuh terhadap CPU, IO, Memory, dan jumlah proses. Ingin tahu tentang kelebihan, fitur, dan cara kerjanya? Okay, silakan baca sampai selesai ya Mengenal CloudLinux, Sistem Operasi di Balik Server

Apa Itu CloudLinux?

CloudLinux adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux yang dibuat khusus untuk kebutuhan server. Tujuannya adalah membuat kerja server lebih optimal dengan peningkatan performa dan keamanan.

Secara umum, yang membuat CloudLinux istimewa adalah kemampuannya dalam mengelola resource server dengan baik. Masing-masing pengguna bisa diatur agar menggunakan resource sesuai ketentuan.

Jadi, apabila salah satu pengguna tiba-tiba mengalami lonjakan traffic dan menggunakan resource sangat banyak, tidak akan membebani keseluruhan server. Namun, hanya akan membebani Virtual Environment tertentu yang terkait.

Artinya, tidak berisiko mengakibatkan server down yang akan mengganggu pengguna lain. Dengan kondisi tersebut, tak heran CloudLinux dipercaya sebagai sistem operasi untuk layanan hosting.

Kelebihan CloudLinux

CloudLinux memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh sistem operasi lainnya, yakni sebagai berikut:

1. Server Menjadi Lebih Stabil

Jika server sampai mengalami down, akibat yang ditimbulkan cukup besar. Website menjadi tidak dapat diakses. Proses perbaikannya juga membutuhkan waktu dan biaya.

Dengan berbagai fitur yang dimiliki CloudLinux, kestabilan server bisa lebih dioptimalkan. Caranya dengan memastikan pembagian resource kepada pengguna tepat, dan memastikan terjadinya abuse of usage (pelanggaran penggunaan bandwidth) bisa dideteksi sejak dini.

2. Server Menjadi Lebih Aman

Keamanan pengguna dalam menggunakan server juga harus selalu dijaga. Langkah pertama adalah memastikan semua celah keamanan yang bisa digunakan untuk penyusupan bisa dihalau.

Inilah alasan CloudLinux memaksimalkan PHPHardened untuk memberikan patch pada semua versi yang sudah tidak didukung.

Oia, pencegahan upaya peretasan menggunakan file symbolic link perlu mendapatkan perhatian. Fitur SecureLink dari CloudLinux telah mampu bekerja dengan efektif. Tidak berhenti di situ, CageFS memastikan tidak ada pengguna yang mengintip informasi penting dari pengguna lain di dalam server.

Dengan semua perlindungan tersebut, CloudLinux mampu menjadi sistem operasi yang menjaga keamanan server dengan baik.

3. Server Memiliki Performa yang Baik

Dengan monitoring resource server yang baik dan upaya peningkatan keamanan terus menerus, ada hasil yang jelas terlihat: performa server yang prima.

Hal ini masih ditambah dengan penggunaan mod_lsapi yang membuat pelayanan pada permintaan halaman PHP bisa dilakukan lebih cepat. Jika setiap proses di server berjalan baik dan penggunaan server tetap wajar, performa server tidak perlu diragukan untuk aktivitas online yang lebih lancar.

Cara Kerja CloudLinux

Menjaga Server tetap Stabil

CloudLinux akan membatasi penggunaan sumber daya setiap pengguna yang berada dalam satu server. Fitur-fitur di dalamnya bekerja untuk membatasi penggunaan memory, membatasi kecepatan CPU, serta membatasi proses yang dapat berjalan dalam 1 waktu pada masing-masing hosting.

Memberikan Jaminan Keamanan

CloudLinux memiliki fitur keamanan yang hebat bernama CageFS. Fitur ini akan mencegah user lain untuk melihat/mengintip seluruh informasi sensitif yang disimpan oleh user lain. Keamanan ini sangat penting untuk menghindari kebocoran data-data pelanggan.

Meningkatkan Performa & Kecepatan

CloudLinux juga dilengkapi oleh LSAPI yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja web server.

7 Fitur CloudLinux

Berikut ini beberapa fitur CloudLinux yang sangat penting dalam mengelola server dengan baik:

1. Lightweight Virtual Environment

Inilah salah satu fitur utama CloudLinux yang berperan dalam pengelolaan resource yang lebih efektif.

Lightweight Virtual Environment (LVE) dapat digunakan untuk membatasi penggunaan CPU, IO, resource memory hingga jumlah proses yang berjalan untuk masing-masing pengguna.

LVE adalah sebuah teknologi kernel-level yang yang dibuat oleh developer CloudLinux. Teknologi ini memungkinkan CloudLinux terintegrasi dengan server, Pluggable Authentication Module (PAM), dan database. Tujuannya untuk mencegah server mudah down karena abuse of usage.

Agar pembatasan resource bisa dilakukan dengan mudah, CloudLinux membekalinya dengan LVE Manager. Dengan tampilan dashboard yang intuitif, pengaturan, dan pendeteksian penyalahgunaan resource bisa dilakukan dengan cepat.

2. MySQL Governor

Prinsipnya hampir sama dengan LVE. Bedanya adalah MySQL Governor memastikan pengelolaan resource pada database berjalan baik.  

MySQL Governor memantau penggunaan MySQL dan memastikan tidak ada penggunaan tidak wajar pada server. Jadi, dapat mencegah kondisi overload yang mengganggu kestabilan server.

Salah satu kelebihan yang dimiliki MySQL Governor adalah kemampuannya dalam melakukan throttle usage secara realtime. Artinya, bisa menjadi cara cepat mencegah timbulnya gangguan akibat adanya spike penggunaan resource, sebelum berimbas ke pengguna lain.

Dalam prakteknya, MySQL Governor bekerja secara terintegrasi dengan batasan yang sudah diberlakukan pada masing-masing user di LVE.

MySQL Governor juga kompatibel dengan versi MySQL dan MariaDB terbaru. Jadi, tidak akan menimbulkan kendala dalam penggunaannya.

3. CageFS

Sesuai namanya, CageFS bertujuan untuk melindungi pengguna, terutama dalam hal keamanan informasi.

CageFS adalah sebuah file sistem virtual yang memagari masing-masing pengguna sehingga tidak mengakses informasi penting dari pengguna lainnya. Hal seperti ini tentu sudah tidak asing bagi sistem operasi berbasis Linux yang terbukti lebih handal dalam menghalau serangan peretas.

Dengan penggunaan CageFS di CloudLinux, inilah beberapa manfaatnya:

  • Pengguna hanya bisa melihat file-file yang aman
  • Pengguna tidak bisa mengetahui informasi pengguna lain
  • Pengguna tidak dapat melihat file konfigurasi server
  • Pengguna hanya bisa melihat proses pada file sistem mereka sendiri.

4. HardenedPHP

Resiko menggunakan versi PHP yang sudah tidak didukung (tidak update) adalah rentan serangan (vulnerable). HardenedPHP memastikan semua versi PHP, terutama versi lama yang masih banyak digunakan,  dapat terlindungi dengan baik.

Fitur ini akan memberikan patch pada semua versi PHP untuk menutup celah keamanan yang ditemukan. Jadi, server bisa lebih aman dan pengguna juga mendapatkan perfoma yang optimal.

Selain itu, dengan adanya HardenedPHP pengguna tidak dipaksa menggunakan versi PHP terbaru saat itu juga. Meskipun, penggunaan versi terbaru tentu sangat direkomendasikan terutama untuk menjamin keamanan server.

5. SecureLinks

Fitur CloudLinux yang lain adalah SecureLink. Fitur ini merupakan sebuah teknologi level-kernel yang menghalau serangan symbolic link (symlink).

Hal ini penting karena keamanan server bisa ditingkatkan dengan lebih baik dan mencegah salah satu pengguna mencoba melakukan serangan menggunakan file symbolic link. Biasanya langkah yang dilakukan adalah mengelabui Apache Web Server agar membaca file PHP config tertentu yang diinginkan. 

6. PHP, Ruby, dan Python Selector

Fleksibilitas tidak diabaikan oleh CloudLinux. Oleh karena itu, mereka melengkapi fitur selector yang bisa digunakan untuk memilih versi PHP, Ruby, dan Python yang digunakan.

Hal ini memudahkan kalian untuk tetap menggunakan versi sesuai kebutuhan kalian.

Versi PHP yang bisa Anda pilih mulai dari versi 4.4 hingga 7.2. Sementara itu, untuk Ruby pilihannya mulai versi 1.8 hingga 2.1. Dan untuk Python, kalian bisa memilih dari alt-python27 2.7.9 hingga alt-python35 3.5.4.

7. Mod_lsapi

Mod_lsapi merupakan cara tercepat untuk melayani halaman PHP pada Apache. Tidak hanya itu, mod_lsapi juga mendukung PHP directive di file .htaccess.

Sebagai pengganti dari SuPHP, FCGID dan ITK, mod_lsapi cukup dapat dihandalkan karena jarang mengalami kendala dalam manajemen proses seperti halnya PHP FHM dan mod_fcgid.

Mod_lsapi juga kompatibel dengan PHP selector. Jadi, memberi keleluasaan kalian untuk tetap menggunakan versi PHP yang dibutuhkan.

Okay, jadi itulah serba-serbi terkait CloudLinux, sebuah sistem operasi yang khusus dibuat untuk server dalam mendukung aktivitas online yang makin tinggi. Nah, berbagai fitur yang dimiliki CloudLinux mampu memberikan jaminan server yang stabil, aman, dan memiliki performa tinggi. Jadi gimana, masih penasaran dengan CloudLinux?

Oia Guys, agar brand kalian lebih tepercaya lagi, kalian perlu membuat email dengan domain sendiri karena sekarang lebih mudah, aman, dan keren! Gunakan layanan  email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis. Tenang, kami juga menyediakan produk VPS, lho.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment