mengenal-vps

Mengenal Apa Itu VPS

Sharing is caring!

Sebagian besar dari kita telah mendengar tentang shared hosting, untuk penggunaan pribadi, dan dedicated servers yang memperkuat infrastruktur perusahaan besar. Apabila bisnis Anda berada di antara penggunaan pribadi dan perusahaan raksasa maka ada alternatif ketiga, yakni VPS hosting. Yuk baca Mengenal Apa Itu VPS

VPS (virtual private servers) merupakan lingkungan virtual terisolasi yang dibuat dari server fisik melalui proses yang disebut “virtualisasi”. Hal ini berarti pada dasarnya Anda dapat memiliki solusi server khusus Anda sendiri di sebagian kecil atas biaya dari seluruh dedicated server.

Satu bare metal server dapat mendukung beberapa VPS sekaligus. Keuntungan besar lain dari VPS hosting adalah skalabilitas, yaitu bergantung pada kebutuhan Anda pada waktu tertentu, Anda dapat dengan mudah menambah atau menghapus sumber daya dan hanya membayar yang Anda gunakan.

VPS vs Shared Hosting

Alasan utama mengapa VPS muncul di pasaran adalah untuk mengisi celah antara dedicated servers dan penawaran sahred web hosting. Untuk bisnis kecil, bisnis menengah serta manajer TI, tidak terlalu rumit, tidak terlalu mahal, tidak terlalu lambat, dan keseimbangan yang tepat.

Shared web hosting mungkin sangat murah dan bagus untuk pemula. Namun, Anda pun mendapatkan apa yang Anda bayarkan karena kurangnya fleksibilitas, terutama dalam menangani lonjakan trafik.

Kemampuan untuk menskalakan dengan cepat tanpa kompleksitas tambahan atau overhead serta setidaknya satu urutan besarnya, membedakan VPS dari jenis hosting lain.

VPS vs Dedicated Server

Biaya VPS sepersekian dari dedicated server, jauh lebih fleksibel karena Anda tidak perlu membayar untuk kapasitas tambahan atau sumber daya yang tidak akan digunakan. Sebagai gantinya, sebagian besar penyedia memungkinkan pelanggan untuk bertransisi tanpa gesekan di antara berbagai tingkatan bergantung pada permintaan.

Jenis-jenis VPS Hosting

Secara umum, VPS dapat dibagi menjadi dua kategori: sepenuhnya dikelola (fully managed) dan dikelola sendiri (self-managed).

Dengan VPS hosting yang dikelola sepenuhnya, semua manajemen dan tanggung jawab maintenance ditangani oleh profesional TI yang merawat server virtual Anda. Hal ini mencakup semua, mulai dari server awal hingga menginstal pembaruan, menerapkan security patches, memantau terus-menerus, dan melakukan backup.

Sedangkan dalam self-managed VPS, semua item yang disebutkan di atas merupakan tanggung jawab pengguna. Tentunya hal ini membutuhkan tingkat pengetahuan teknis yang tinggi dan tidak direkomendasikan untuk individu yang tidak memiliki keahlian teknis.

Kelebihan dari hosting ini, pengguna dapat mengubah sistem mereka tepat sesuai dengan kebutuhan mereka tanpa harus bekerja dengan lingkungan yang ditawarkan oleh penyedia.

Apakah Anda Benar-benar Membutuhkan VPS?

Apabila Anda menerima jumlah trafik yang baik, VPS akan memberikan situs Anda lebih banyak ruang untuk lebih fleksibel dibanding tempat hosting lainnya. Terutama jika Anda meng-hosting sesuatu, seperti situs eCommerce. Peluangnya adalah paket shared hosting tidak akan memenuhi persyaratan yang ditentukan sebagaimana dapat dipenuhi dengan VPS server.

Sebelum memulai atau menggunakan VPS, sebagian besar pengguna akan upgrade setelah mencapai kinerja dan kemacetan sumber daya dalam paket hosting yang ada.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3.7 / 5. Jumlah rate 3

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Apa Itu VPS
Artikel
Mengenal Apa Itu VPS
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sebagian besar dari kita telah mendengar tentang shared hosting, untuk penggunaan pribadi, dan dedicated servers. Yuk baca Mengenal Apa Itu VPS
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo