apa-itu-softaculous

Apakah Anda pernah berpikir bagaimana cara install WordPress di website Anda? Mau tahu proses mudah dan cepat saat install CMS? Yuk baca sampai selesai Mengenal Apa Itu Softaculous dan Keunggulan Softaculous

Ada sebuah installer otomatis yang digunakan di cPanel dan DirectAdmin dengan nama Softaculous. Perbedaan installer otomatis tersebut dengan installer lainnya adalah kecepatan yang dimiliki. Sistem ini lebih cepat dibandingkan jenis yang lain serta dirancang agar bisa menginstal semua script hanya dalam hitungan detik.

Apa Itu Softaculous

Softaculous adalah aplikasi auto installer yang terdapat pada panel hosting. Aplikasi tersebut biasanya digunakan untuk install software, membuat tabel dalam database, atau memodifikasi konfigurasi file website server.

Jadi saat Anda ingin install WordPress, tentunya akan lebih mudah menggunakan Softaculous karena Anda tidak perlu membuat database dan mengatur konfigurasi website server.

Softaculous lebih unggul dari website aplikasi lainnya karena memiliki berbagai script terbaik serta tampilan interface yang mudah dipahami.

Keunggulan Softaculous

Beberapa keunggulan Softaculous dibandingkan aplikasi auto installer lainnya adalah:

  • Integrasi Kontrol Panel Hosting

Softaculous dapat digunakan di berbagai macam control panel hosting, misalnya cPanel, Plesk, H-Sphere, ISPmanager, DirectAdmin, InterWorx, Centos Web Panel, ISPConfig, dan Hosting Controller.

  • Automatisasi dengan WHMCS

Anda dapat melakukan auto installation dari beberapa script dengan menggunakan Web Host Manager Complete Solution (WHMCS).

  • Pilihan Bahasa Lebih Banyak

Softaculous menyediakan beberapa pilihan bahasa yang dapat Anda gunakan, seperti Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Jerman, dan lain-lain.

apa-itu-softaculous-1
  • Backup dan Auto Upgrade

Softaculous memiliki fitur backup dan auto upgrade yang bisa Anda jalankan. Selain itu, terdapat lebih dari 413 script yang dapat diinstall hanya dengan sekali klik saja.

  • Membangun Website dengan Mudah dan Cepat

Anda dapat membuat website dengan cepat tanpa harus mengerti bahasa pemrograman, tanpa perlu melakukan install manual, dan semua proses instalasi dilakukan secara otomatis.

  • Fitur Search

Fitur ini akan memudahkan user dalam mencari aplikasi yang diinginkan.

  • Selalu Update

Softaculous selalu update dan selalu memberikan versi terbaru dari aplikasi, patch, dan update security. Anda juga dapat melakukan update via cron atau admin softaculous.

  • Mempunyai Beragam Aplikasi

Jika Anda ingin membuat blog, Anda dapat menggunakan WordPress, Open Blog, Serendipity, atau lainnya. Jika Anda ingin membuat portal website, Anda dapat install Joomla, Drupal, Mambo, dan sebagainya. Sedangkan jika Anda pengguna framework, Anda dapat menggunakan Laravel, Codelgniter, Yii, Bootstrap, dan lain-lain.

apa-itu-softaculous-2
apa-itu-softaculous-3
apa-itu-softaculous-4
  • Support HTTPS

Anda dapat melakukan instalasi aplikasi atau CMS langsung di domain yang memiliki protokol HTTPS.

  • Memiliki Rating, Review, dan Demons

Fitur Rating dan Review dapat Anda gunakan untuk mempertimbangkan script sebelum install. Sedangkan fitur Demons dapat menampilkan tampilan script setelah di-install sehingga Anda mudah mempelajari tentang script sebelum menggunakan.

  • Digunakan oleh Ribuan Web Hosting di Dunia

Softaculous juga memberikan kemudahan khususnya bagi user pemula dalam membuat website secara instan sehingga Softaculous banyak digunakan oleh ribuan web hosting di seluruh dunia.

Kekurangan Softaculous

Review dari para user menunjukkan bahwa para pengguna merasa puas menggunakan Softaculous. Meskipun begitu, tetap ada sedikit keluhan saat menggunakan aplikasi ini, yakni manajemen klien yang sangat buruk serta tidak peduli dengan SOS; ketika pengguna install WordPress lalu ada suatu kesalahan, Softaculous tidak menunjukkan kesalahan tersebut berupa apa atau tidak ada tanda khusus yang memberitahu ada suatu kesalahan.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

2 responses to “Mengenal Apa Itu Softaculous dan Keunggulan Softaculous”

  1. VazGaming Avatar

    Untuk pemula seperti saya ini Softaculous sangat bermanfaat sekali untuk memulai pelajari sesuatu

    1. silvia Avatar

      Semangat Kak untuk mempelajari hal2 baru di Softaculous..
      Terima kasih ya Kak sudah berkunjung ke blog kami 🙂

Leave a Comment