Mengenal Apa Itu IGTV (Instagram TV)

Mengenal Apa Itu IGTV (Instagram TV)

Sharing is caring!

Instagram sudah mengalami banyak perkembangan. Awalnya sebagai platform untuk berbagi gambar kemudian menjadi platform bagi pembuat video dengan fitur durasi video 50 detik, dan Instagram Stories. Bulan Juni 2018, Instagram merilis salah satu fitur baru yang bisa dibilang menjadi salah satu pesaing Youtube di ranah aplikasi video, yaitu Fitur IG TV. Baiklah, ketahui lebih lanjut yuk tentang Mengenal Apa Itu IGTV (Instagram TV)

Apa Itu IGTV?

IGTV merupakan fitur Instagram yang mempersilakan user mengupload video dengan durasi lebih panjang. Fitur tersebut dibuat dengan format yang sama dengan IG Story, bedanya hanya ada di durasi video. Video IGTV mempunyai format vertical.

Perbedaan antara IGTV dengan Instagram yaitu di IGTV kalian tidak bisa melihat feed, gambar, dan stories. Jika memakai fitur video yang ada di IGTV, kalian hanya dapat mengupload video atau Instagram stories berdurasi 1 menit. Namun, kalian dapat mengupload video berdurasi 10 menit dan account yang lebih besar dapat mengupload video sampai 1 jam.

Selain itu, akun kalian itu adalah channels. Jadi, jika kalian membuat akun di IGTV, kalian akan diminta untuk membuat sebuah channel baru yang nantinya akan dihubungkan langsung dengan profil Instagram kalian.

Lalu, perbedaan IGTV dengan YouTube apa? IGTV hanya fokus pada video vertikal sehingga kalian tidak perlu untuk memutar smartphone untuk menikmati videonya. Nyaman kan tentunya?

Cara Menggunakan IGTV

Kalian dapat mendownload melalui App Store atau Play Store terlebih dulu. Setelah itu, ketika mulai membuka aplikasi tersebut, kalian akan melihat tampilan layar seperti di bawah ini. 

apa-itu-igtv-1

Dikarenakan aplikasi ini terhubung dengan Instagram kalian maka kalian dapat langsung meng-klik tulisan “Continue as ….”. Kalian juga bisa memilih pilihan “Switch Account” yang terletak di bagian kiri bawah jika ingin login dengan akun lain. Setelah login, kalian akan langsung dapat melihat videonya.

Tenang saja karena video di background ini memang akan langsung menyala dan juga tidak perlu khawatir karena soundnya off secara default. Untuk mencari video yang dibutuhkan, kalian scroll saja ke samping yang terletak di bagian bawah.

Direktorinya sendiri dibagi menjadi empat kategori, yaitu:

  • For You. Di bagian ini, akan ditampilkan video-video yang mereka rasa kalian akan menyukainya.
  • Following. Di bagian ini, kalian dapat melihat video dari account-account yang kalian follow.
  • Popular. Di bagian ini, kalian dapat melihat video-video yang sedang popular. Popular bisa dibilang sama seperti fitur Explore di Instagram.
  • Continue Watching. Bagian ini merupakan tempat di mana kalian bisa melanjutkan untuk menonton video-video yang sudah kalian putar sebelumnya tetapi belum sempat diselesaikan.

Jika sudah menemukan sebuah video yang ingin ditonton, kalian tinggal klik saja layar videonya dan pilihan video di bawahnya akan hilang sehingga kalian dapat menonton videonya full screen. Sama seperti Instagram, kalian juga dapat meninggalkan informasi dan link di bagian info. Kalau ingin melihatnya, kalian tinggal klik judul video di bagian atas video.

Cara Memulai Channel IGTV

Cara membuat IGTV dan memulai channel kalian cukup mudah kok. Mulailah dengan membuka settings yang ada di bagian kanan, di atas pilihan video.

apa-itu-igtv-2

Setelah itu, pilih pilihan Create Channel di bagian atas lalu pilih Next sampai akun kalian dibuat. Untuk mulai upload video, hanya perlu klik pada profile picture kalian yang ada di samping tombol Settings.

apa-itu-igtv-3

Kalian klik saja pada tombol + di bagian kanan dan kalian sudah bisa upload videonya. Untuk kebanyakan account, video hanya bisa berdurasi 10 menit.

Perlu diperhatikan juga bahwasanya IGTV tidak bisa merekam video langsung di aplikasinya. Oleh karena itu, kalian perlu merekam video itu secara terpisah dulu ya. Setelah itu, kalian upload video tersebut ke IGTV dari Camera Roll atau Gallery handphone.

IGTV juga tersedia di dalam aplikasi Instagram

Bagi kalian yang tidak ingin mendownload aplikasi IGTV, kalian juga bisa kok mengakses IGTV langsung dari aplikasi Instagram.

apa-itu-igtv-4

Kalian tinggal klik lambang TV yang ada di sebelah tombol direct message dan fitur-fiturnya pun sama kok dengan aplikasi IGTV sendiri.

Nah, kalian udah upload video apa aja nih ke IGTV kalian? Bisa banget lho untuk upload video terkait usaha bisnis kalian, misalnya video khusus pembuatan produk kalian jika bisnis kalian seputar kerajinan tangan (handmade). Atau, upload video sedang seru-seruan bareng klien kalian. Apapun itu, enjoy it!

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2021 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website kalian bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website kalian agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Apa Itu IGTV (Instagram TV)
Artikel
Mengenal Apa Itu IGTV (Instagram TV)
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bulan Juni 2018, Instagram merilis aplikasi video, yaitu Fitur IG TV. Baiklah, ketahui lebih lanjut yuk Mengenal Apa Itu IGTV (Instagram TV)
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like