Cara Menggunakan Video untuk Meningkatkan SEO dan Peringkat Website

Sharing is caring!

Pemasaran video telah meledak dalam beberapa waktu terakhir. Marketer dan brand memposting lebih banyak video online dan konsumen pun menyukainya. Jadi, sekarang gimana caranya agar video tersebut bisa meningkatkan SEO serta peringkat website Anda? Okay, yuk baca Cara Menggunakan Video untuk Meningkatkan SEO dan Peringkat Website

Yang terpenting, video saat ini secara langsung mempengaruhi kinerja SEO dan peringkat website di SERP kalian. Memasukkan video dalam artikel web atau blog, dapat meningkatkan 53x lipat kemungkinan peringkat kalian di halaman pertama!

Mengapa Video Merupakan Bagian Penting dari SEO?

Ada tiga alasan utama:

Video meningkatkan kedalaman dan kualitas konten

Meskipun prosesnya jauh lebih kompleks, dasar-dasar peringkat mesin telusur untuk melibatkan crawling melalui semua bagian konten yang tersedia dan memutuskan hasil apa yang akan ditampilkan, itu berdasarkan pada seberapa baik setiap bagian menjawab kueri penelusur.

Video juga mengemas banyak informasi. Bahkan mesin telusur merasa bahwa suatu halaman dengan video akan menjawab pertanyaan secara lebih komprehensif. Hasilnya? Peringkat bisa lebih tinggi.

Video meningkatkan pengalaman pengguna serta menghasilkan durasi sesi yang lebih lama

Bounce rates adalah tantangan nyata bagi sebagian besar pemasar digital. Nah, video adalah cara terbaik untuk mengurangi bounce rates kalian. Cukup menambahkan video ke entri blog maka akan mengurangi bounce rates hingga 34%. 

Video meningkatkan backlinks ke situs kalian

Meskipun kalian juga dapat memperoleh backlinks dengan konten teks biasa, video menjanjikan lebih banyak tautan. Orang lebih cenderung untuk menautkan kembali ke video daripada blok teks.

Namun, ini bukan hanya perkara tentang seseorang dari situs lain yang menautkan ke situs kalian. Video jika lebih banyak dibagikan maka semakin meningkatkan potensi backlink.

Riset Keyword untuk Hasil Video

Setelah memahami pentingnya video dalam SEO, langkah selanjutnya adalah melakukan riset kata kunci untuk campaign pemasaran video kalian. Riset kata kunci adalah proses menemukan kata dan frasa yang digunakan orang untuk pencarian video.

Mengapa Kalian Membutuhkan Riset Kata Kunci Video

Ada tiga alasan:

  • Video memiliki mesin telusurnya sendiri: YouTube yang mana sebagai platform video terbesar, menggunakan algoritma penelusuran yang berbeda dari Google.
  • Faktor peringkat utama bervariasi: Mesin pencari video menggunakan serangkaian faktor peringkat yang sama sekali berbeda. Elemen yang diperlukan untuk menentukan peringkat di Google, tidak serta-merta membantu kalian guna mendapatkan peringkat yang baik untuk penelusuran YouTube.
  • Maksud penelusuran berbeda: Cara mereka menelusuri video tidak seperti cara orang menelusuri konten umum Bahkan istilah pencarian yang mereka gunakan biasanya juga berbeda.

4 Langkah Menuju Pencarian Kata Kunci untuk membuat Video yang Baik

Tidak ada cara yang tepat untuk melakukan riset kata kunci video. Hal terpenting adalah menguasai dasar-dasarnya dengan benar. Inilah yang bisa kami rekomendasikan:

Bertukar pikiran tentang ide

Mulailah dengan memikirkan topik yang kalian minati dan jenis video yang ingin dibuat. Misalnya, jika kalian memiliki website tentang jasa tour and travel maka dapat membuat 2 jenis video. Jenis pertama bisa berupa video pemasaran, dengan deskripsi dan tur video. Kemudian, tipe kedua bisa melibatkan feedback dari klien.

Gunakan perlengkapan otomatis untuk mendapatkan inspirasi

Setelah memikirkan beberapa topik, buka YouTube, ketik beberapa kata, dan lihatlah saran otomatis mana yang muncul. Saran ini tidak pernah acak. Mereka seperti FAQ – pertanyaan yang paling sering diterima mesin pencari. Silakan buat daftar istilah untuk penelitian lebih lanjut.

Lakukan riset tentang pesaing

Mulailah dengan mengetikkan kata kunci utama kalian di YouTube dan mencatat brand di halaman pertama hasil. Selanjutnya, periksa judul dan deskripsi video masing-masing brand.

Pertimbangkan alat riset kata kunci SEO dari YouTube

Ada beberapa alat SEO YouTube, termasuk Kparser, Hypersuggest, KeywordKeg, YtCockpit, dan WordTracker. Untuk sebagian besar alat ini, yang harus kalian lakukan hanyalah memasukkan kata atau frasa. Sebagian besar alat SEO YouTube juga memberikan volume kata kunci dan indeks persaingan.

Membuat Video Retensi Tinggi

Langkah selanjutnya adalah membuat video interaktif retensi tinggi. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Tulis skrip yang dijalankan sendiri. Kalian membutuhkan skrip luar biasa yang menarik perhatian dari awal dan meyakinkan penonton untuk menonton sampai akhir.
  2. Pilih karakter yang hebat: Karakter utama kalian di dalam video harus menyenangkan dan berhubungan. Terkait detail kecil, seperti usia, kesehatan, dan pakaian, itu juga penting.
  3. Temukan voiceover yang menawan: Suara dalam video juga dapat mempengaruhi atau merusak video. Oleh karena itu, kalian membutuhkan suara terbaik.
  4. Tetap mengalir: Penonton tidak boleh mengalihkan pandangan dari video karena tentunya kalian ingin agar mereka terpaku pada layar sepanjang video.
  5. Musik dan efek suara: Di sini juga menyangkut detail kecil, termasuk skor latar belakang dan efek suara sangatlah penting.
  6. Akhiri dengan CTA: Akhiri dengan memberi tahu pemirsa untuk melakukan tindakan tertentu.
  7. Siapkan sebuah landing page video: Landing page video adalah halaman, mungkin di situs kalian, berupa tempat untuk mengarahkan semua traffic dari video tertentu.

Praktik Terbaik SEO untuk Pengoptimalan YouTube

Setelah kalian membuat video, perhatikan tips dan praktik terbaik berikut ini untuk performa SEO YouTube yang maksimal:

Sesuaikan video kalian dengan orang-orang yang mencarinya

Ada dua hal yang sangat penting. Pertama, pastikan kalian mengetahui audiens target. Kedua, gunakan bahasa dan nada yang sesuai dengan level teknis audiens.

Tambahkan kata kunci SEO ke judul dan deskripsi video kalian

Jika ada peluang, kalian juga harus mempertimbangkan untuk memasukkan long-tail keyword dan sekunder di area ini. Namun, jangan gunakan ini sebagai alasan untuk membuat judul terlalu panjang serta basi.

Sertakan transkrip video untuk meningkatkan SEO lebih lanjut

Menambahkan transkripsi video di halaman yang sama dengan video, akan memberikan lebih banyak informasi dan konteks kepada mesin telusur. Mesin tidak dapat membaca konten visual sehingga materi yang ditranskrip akan memberi mereka teks untuk dirayapi (crawl) dan diberi peringkat (rank).

Promosikan video secara agresif

Memposting video di situs atau YouTube kalian hanyalah langkah pertama dalam proses pemasaran. Kalian perlu menyebarkan berita dengan mempromosikan video secara agresif di semua platform online kalian, termasuk situs, blog, akun media sosial, bahkan forum industri kalian.

Nah, gimana, Guys? Cukup detail dan jelas kan untuk mengusahakan video kalian agar bisa meningkatkan SEO serta peringkat? Anyway, kalau kalian sudah pernah membuat pemasaran video, sharing juga yuk agar kawan-kawan lain ada insight yang lain 🙂

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Menggunakan Video untuk Meningkatkan SEO dan Peringkat Website
Artikel
Cara Menggunakan Video untuk Meningkatkan SEO dan Peringkat Website
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Pemasaran video telah meledak dalam beberapa waktu terakhir. Yuk baca Cara Menggunakan Video untuk Meningkatkan SEO dan Peringkat Website
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment