Mengenal Apa Itu iCloud, Fungsi, dan Cara Daftarnya

Kalian pengguna iPhone atau produk Apple lainnya? Tentu tak asing lagi dong ya dengan istilah iCloud. Bagi pengguna merek lain bisa jadi masing belum paham tentang apa sih iCloud itu. Okay, bagi kalian yang tidak menggunakan produk Apple, tak usah khawatir karena kami akan memberi penjelasan yang wajib kalian simak sampai kelar. Yuk simak Mengenal Apa Itu iCloud, Fungsi, dan Cara Daftarnya

Apa Itu iCloud? 

iCloud adalah istilah yang identik dengan perangkat besutan Apple, seperti iPhone, iPad, MacBook, dan iMac. Dapat dibilang bahwa iCloud adalah layanan eksklusif karena didesain khusus untuk perangkat Apple.  

Semua data yang tersimpan dalam iCloud dapat terus diperbarui di semua perangkat secara otomatis. 

Layanan iCloud juga membuat pengguna bisa membackup atau memulihkan data perangkat Apple dari kapanpun dan di manapun. Pengguna yang ingin beralih dari satu perangkat Apple ke perangkat Apple lainnya tak perlu memindahkan data secara manual dengan bantuan iCloud. 

Bisa dikatakan iCloud ini mirip dengan layanan penyimpanan, seperti Dropbox, Google Drive, dan sebagainya. 

Secara default, pengguna akan mendapatkan layanan iCloud gratis dengan kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB untuk satu akun email. Jika butuh penyimpanan yang lebih besar maka silakan berlangganan iCloud+.

Fungsi iCloud pada iPhone

Berikut ini beberapa fungsi dari iCloud: 

  1. Menyimpan Video dan Foto 

Selama iCloud masih terhubung dengan perangkat kalian maka setiap foto dan video yang ada di aplikasi Photos akan tersimpan secara otomatis di iCloud, termasuk saat melakukan pengeditan atau pembaruan.  

Oia, kalian bisa berbagi foto dan video secara lebih mudah dengan anggota atau akun yang tergabung dengan fitur Album Bersama. 

  1. Mengakses Layanan Apple Music 

Fungsi selanjutnya adalah untuk menikmati layanan Apple Music. Aplikasi bawaan Apple ini memiliki biaya langganan sekitar Rp 148 ribuan perbulan. Kalian bisa mengunduh lagu atau album melalui aplikasi tersebut, lalu mendengarkannya tanpa harus ada koneksi internet. 

  1. Menyimpan Data hingga 5GB 

Fungsi iCloud seleanjutnya adalah untuk menyimpan data lain ,seperti dokumen, file, note, dan lain-lain. Kalian akan memperoleh penyimpanan gratis sebesar 5 GB. Jika butuh penyimpanan yang lebih besar, silakan berlangganan iCloud+. 

  1. Backup File 

Fungsi yang tak kalah penting adalah bisa mencadangkan atau backup file. Jadi, jika ada gangguan pada perangkat, kalian masih bisa mengakses file melalui perangkat Apple lainnya karena sudah ada salinan informasi dalam iCloud. 

  1. Memudahkan Akses File Kapanpun dan di Manapun 

iCloud bisa diakses di perangkat Apple lain, Windows, hingga website. Hal ini tentu memudahkan dalam mengelola file yang tersimpan. Oia, kalian juga bisa mengundang orang atau akun lain untuk memiliki akses ke dokumen yang diinginkan. 

  1. Melacak Perangkat yang Hilang 

Fungsi lain yang sangat membantu adalah adanya fitur pelacakan. Kalian bisa menggunakan fitur Find My Device untuk melacak perangkat Apple yang hilang. Tak hanya untuk melacak lokasi, fitur ini juga bisa mengunci perangkat, membunyikannya, bahkan menghapus data dari perangkat tersebut.

Mengenal Fitur Lock iCloud 

Lock iCloud atau lebih dikenal sebagai Activation Lock adalah fitur keamanan yang disediakan oleh Apple untuk melindungi perangkat iOS dari akses tanpa izin atau pencurian. 

Cara kerjanya adalah saat Activation Lock diaktifkan, perangkat akan terkunci ke Apple ID dan password pemilik sebelumnya. Jika seseorang mencoba mengatur ulang perangkat untuk digunakan kembali tanpa menyediakan Apple ID dan password yang benar, perangkat akan tetap terkunci dan tidak dapat digunakan.

Cara Daftar iCloud di iPhone, iPad, dan iPod Touch 

iCloud adalah layanan eksklusif untuk produk Apple. Makanya, kalian dapat mendaftarkan akun baru melalui iPhone, iPad, maupun iPod Touch. 

Cara mendaftar iCloud adalah sebagai berikut: 

  • Buka menu Setting => Masuk ke iPhone kalian. 
  • Pilih opsi Tidak Memiliki ID Apple => Buat ID Apple Gratis
  • Isi kolom nama dan tanggal lahir => Berikutnya
  • Klik Gunakan Alamat Email Saat Ini
  • Jika belum memiliki email, klik Dapatkan Alamat Email iCloud Gratis.

Cara Daftar iCloud di Mac 

iCloud juga dapat digunakan pada perangkat Mac, seperti MacBook dan iMac. Nah, cara mendaftar iCloud pada Mac adalah sebagai berikut: 

  • Buka App Store => Masuk
  • Klik Buat ID Apple (sebelumnya pastikan tidak ada akun iCloud yang tersambung di perangkat). 
  • Setujui Syarat dan Ketentuan
  • Isi formulir untuk membuat Apple ID baru => Lanjutkan
  • Masukkan info kartu kredit dan penagihan => Lanjutkan atau pilih opsi Tidak Ada
  • Tunggu email verifikasi lalu ikuti langkah verifikasinya. Yeayy, Apple ID sudah bisa digunakan! 

Cara Daftar iCloud di PC Windows 

Anyway, kalian juga bisa mendaftar iCloud melalui PC Windows, loh. Cara daftarnya tentu sedikit berbeda sebab Windows bukan produk Apple. 

Pertama, kalian bisa mendaftar menggunakan iTunes untuk Windows. Namun, jika PC Windows kalian tidak memiliki iTunes, kalian bisa membuat Apple ID melalui website. 

Langkah-langkah untuk mendaftar iCloud melalui iTunes adalah sebagai berikut: 

  • Buka iTunes di perangkat kalian. 
  • Klik Akun di bar menu bagian atas => Masuk
  • Klik Buat ID Apple Baru
  • Setujui Syarat dan Ketentuan
  • Isi formulir untuk Apple ID baru => Lanjutkan
  • Tunggu pesan konfirmasi bahwa alamat email yang dimasukkan telah terhubung dengan Apple ID. 
  • Ikuti petunjuk untuk menggunakan Apple ID. 
  • Masukkan informasi kartu kredit dan penagihan. Jika tidak ingin, pilih Tidak Ada
  • Tunggu email verifikasi lalu ikuti proses verifikasi email kalian.

Apakah iPhone Dapat Digunakan Tanpa iCloud?

Jawabannya: bisa

Pengguna tetap bisa menggunakan iPhone meski tidak mengaktifkan iCloud. Namun, iCloud akan sangat membantu jika kalian kehilangan perangkat, mengganti perangkat, hingga mengakses data di satu perangkat menggunakan perangkat lain. 

Apple ID merupakan salah satu elemen paling krusial pada perangkat Apple dan ID ini hanya bisa didapatkan dengan login iCloud. Tanpa ID Apple, mungkin tidak bisa mengoperasikan perangkat Apple sebab Apple ID berguna untuk mengautentikasi pengguna.

Simpulan

Platform iCloud berfungsi untuk menyimpan berbagai data yang ada di perangkat, mulai dari data pengaturan, foto, video, dokumen, dan sebagainya.

Tentu saja kalian bisa mengakses data dari satu perangkat menggunakan perangkat lain, membagikan data dengan pengguna lain, hingga memudahkan proses pemindahan data saat kalian berganti perangkat.

Oia, dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. 

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment