Mengenal Apa Itu Digital Marketer dan Digital Marketing

Mengenal Apa Itu Digital Marketer dan Digital Marketing

Sharing is caring!

Abad 21 ini memang menjadi salah satu era revolusi digital yang mana banyak orang menggunakan sarana internet sebagai salah satu langkah inovatif terkait penjualan dan perdagangan. Lalu, ada hubungan kah dengan digital marketing? Okay, yuk baca sampai selesai Mengenal Apa Itu Digital Marketer dan Digital Marketing

Apa Itu Digital Marketer

Digital marketer adalah seseorang yang bekerja sebagai digital marketing, merupakan pekerjaan di bidang pemasaran namun menggunakan platform digital. Seorang digital marketer memiliki tanggung jawab dalam brand awareness suatu produk dan juga sebagai perantara untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Digital marketer menggunakan media, seperti email, media sosial, dan website.

8 Keahlian Digital Marketer yang Banyak Dicari Perusahaan

Tenang, kalian nggak perlu menguasai semuanya, kok. Cuman nih, kalau kalian mau jadi digital marketer yang handal, sebaiknya kalian menguasai beberapa skill berikut ini:

Copywriting

Copywriting merupakan salah satu skill penting di dunia digital marketing. Dengan skill ini, kalian bisa mengubah bahasa bisnis yang teknis ke bahasa yang mudah dipahami konsumen. 

Meski kelihatannya sederhana, skill ini dijamin bisa membuat kalian menjadi lebih persuasif atau meyakinkan. Selain itu, skill ini juga membuat kalian lebih luwes berkomunikasi dengan konsumen.

Bentuk copywriting ini juga ada di mana-mana, mulai dari website, postingan media sosial, email pemasaran, iklan yang dipasang di berbagai platform, sampai di produk itu sendiri. 

Social Media Marketing

Social media marketing memungkinkan digital marketer untuk membangun basis pengikut bagi brand, menjangkau audiens seluas-luasnya, hingga menarget calon pembeli dengan konten serta promosi yang sesuai dengan minat mereka. 

Nah, nantinya kalian akan mempelajari tentang variasi konten apa saja yang paling efektif, jam posting, cara berkomunikasi dengan para followers, dan sebagainya. 

Search Engine Optimization (SEO)

Digital marketers mati-matian lho dalam mengotak-atik SEO agar website masuk di halaman pertama mesin pencarian Google. Dengan begitu, lebih banyak user yang mampir mengunjungi website.

Nah, salah satu hal yang dilakukan ketika otak-atik SEO itu adalah riset kata kunci. Riset ini diperlukan untuk mengetahui volume pencarian dan tingkat kesulitan suatu kata kunci. Tools semacam Ahrefs, Moz, maupun Google Keyword Planner akan sangat berguna untuk riset ini.

Anyway, dunia SEO terus berkembang sebab kompetisi di area ini dari hari ke hari memang makin ketat. Ditambah lagi Google seringkali mengeluarkan algoritma terbaru. Oleh karena itu, kalian dituntut untuk adaptif dan up to date, ya.

Project Management

Digital marketing itu butuh koordinasi yang bagus agar bisa berjalan efektif. Bisa dibilang, kreatif saja tidak cukup. Kalian harus bisa menyusun strategi dengan baik dan terukur. 

Hal ini karena mayoritas proyek digital marketing melibatkan banyak pihak dan kontributor. 

Kalian mau meluncurkan blog perusahaan, kah? Kalian harus bekerja sama dengan para penulis dan divisi yang menangani teknis website. Mau meluncurkan promosi di media sosial? Kalian butuh bekerja sama dengan copywriter, divisi pemasaran, dan admin media sosial. 

Marketing Automation and Technology

Software ini akan sangat membantu dalam mengoptimalkan strategi marketing yang dijalankan. Kalian harus paham tentang tools ini, apa saja yang ditawarkan, termasuk bagaimana cara kerjanya. 

Platform seperti HubSpot, Marketo, dan Mailchimp, dapat membantu kalian untuk mengubah pengunjung website jadi pelanggan (konversi). Selain itu, mereka juga mampu melacak “aktivitas” pembeli dari fitur pop up, landing pages, email, SMS, dan sebagainya sehingga kalian jadi tahu kanal mana yang paling efektif dalam penjualan.

Intinya, marketing automation and technology bertujuan agar perjalanan pembeli dalam membeli barang atau jasa berjalan layaknya di jalan tol, bebas hambatan dan bikin terkesan. 

Audience Building

Audience building adalah seni memikat target konsumen ke brand yang kalian miliki dan menjaga agar mereka setia. Caranya dengan menggunakan kanal komunikasi yang ada, mulai dari email hingga media sosial. 

Supaya bisa membangun audiens, kamu harus menguasai tiga fondasi:

  • Memahami konsumen: Apa yang mereka sukai? Media sosial apa saja yang digunakan? Bagaimana kebiasaan transaksinya? 
  • Buatlah konten yang menarik perhatian konsumen: gunakan variasi tulisan, video, postingan media sosial, e-book, dan sebagainya. 
  • Jaga “engagement” dengan konsumen: membuat forum, mailing list, maupun subscribe di kanal lainnya. 

Baik perusahaan rintisan maupun yang sudah besar, tiga fondasi di atas sama pentingnya untuk dipahami dan diterapkan. Tujuan akhirnya adalah untuk menjaga hubungan dengan konsumen se-awet mungkin dalam jangka panjang.

Data Analysis

Keahlian analisis data akan memberikan gambaran objektif tentang seberapa besar efektivitas pemasaran yang akan, sedang, atau sudah dijalankan. 

Selain itu, interaksi antara konsumen dengan brand di berbagai platform digital pun bisa diukur. Sebagai seorang digital marketer, data ini dapat digunakan untuk mengukur pertumbuhan bisnis dan potensi baru yang muncul. 

Conversion Rate Optimization (CRO)

Hal yang perlu dioptimasi di digital marketing tidak hanya konten untuk hasil pencarian. Conversion rate (persentase orang yang berhasil diubah jadi pelanggan) pun butuh di optimasi!

Mengapa? 

Di era internet seperti saat ini, efektivitas penjualan dapat diukur dengan mudah. Tugas digital marketing jadi semakin menantang untuk bisa meningkatkan pendapatan. 

Agar sukses melakukan itu, kalian perlu meramu pesan yang tepat, konten yang relevan, maupun user experience (UX) yang nyaman sehingga conversion rate-nya tinggi. 

Pengertian Digital Marketing

Secara garis besar, digital marketing adalah suatu proses atau usaha untuk mempromosikan produk atau layanan dengan menggunakan media digital (elektronik) agar dapat menjangkau konsumen secara real time, personal, dan relevan.

Tugas Utama Digital Marketing

Secara garis besar, pekerjaan digital marketing bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan pemasaran dan branding produknya secara digital (online), seperti SEO, SEM, Social Media, Content Marketing, Email Marketing, Video Marketing, dan lain-lain.

Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing adalah sebagai berikut:

  • Search Engine Optimization: teknik digital marketing dengan memanfaatkan hasil pencarian search engine untuk pemasaran.
  • Email Marketing: teknik pemasaran dengan memanfaatkan media email untuk melakukan pemasaran.
  • Periklanan online: teknik pemasaran dengan memanfaatkan periklanan online, seperti Facebook ads, Google ads, Instagram ads, dan lain-lain.
  • Video Tron: teknik pemasaran digital dengan memanfaatkan Billboard elektronik.
  • Iklan televisi dan radio: teknik digital marketing dengan cara beriklan di televisi dan radio.

Nah, sedangkan orang yang menangani segala macam kebutuhan digital marketing tersebut disebut juga seorang Digital Marketing Manager atau Digital Marketing Specialist.

Pembagian Jobdesk Pekerjaan Digital Marketing

Secara umum memang disebut sebagai seorang Digital Marketing Manager atau Digital Marketing Specialist. Namun, ada beberapa jobdesk digital marketer yang akan sering ditemui, antara lain:

  • Digital Strategist adalah seorang yang bertugas untuk memikirkan dan mengkonsep ide campaign marketing di ranah digital secara keseluruhan.
  • Social Media Strategist adalah seorang yang bertugas untuk mengkonsep dan merancang distribusi  content campaign marketing di social media.
  • Social Media Specialist adalah seorang yang bertugas untuk memelihara dan meningkatkan engagement penggemar dan pelanggan produk melalui penyampaian content di social media.
  • SEO Specialist adalah seorang yang bertugas untuk mengoptimasi dan meningkatkan ranking website bisnis atau produk di search engine.

Manfaat Menjalankan Digital Marketing

Berikut ini merupakan manfaat menjalankan digital marketing:

Meningkatkan Penjualan

Salah satu manfaatnya adalah pelanggan bisa mendapatkan informasi seputar produk tanpa terbatas oleh jarak dan waktu. Pelanggan lama ataupun calon pelanggan baru bisa mengetahui produk yang diinginkan tanpa repot mengunjungi toko offline kalian atau menunggu toko buka. Mereka cukup mengunjungi website, akun media sosial, dan tempat penjualan lainnya selama 24 jam. 

Lebih Mudah dalam Menjalin Hubungan dengan Konsumen

Jarak merupakan sesuatu yang cukup mengganggu dan bisa menjadi penghambat suatu bisnis, apalagi saat kondisi pandemi saat ini yang mana kita disarankan tidak berkerumun dan jaga jarak. Namun, sekarang tak masalah lagi karena ada media digital dan internet. Bisnis atau brand menjadi lebih mudah untuk terhubung dengan konsumen. 

Masalah pemesanan bisa dilakukan melalui sambungan telepon, media sosial, e-commerce, dan website toko online. Masalah layanan pelanggan untuk pengaduan yang tak terbatas waktu pun penting untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen agar mereka puas dengan layanan bisnis Anda. 

Biaya Marketing Lebih Hemat

Beriklan di internet maupun media digital tidak akan menghabiskan banyak biaya untuk bisnis berskala kecil karena tak dikenakan biaya sepeserpun. 

Kalaupun membuat website toko online milik kalian sendiri dan memasang iklan di Facebook ads, Google ads, atau berkolaborasi dengan influencer, biaya marketing tetap lebih hemat dibandingkan pemasaran konvensional, seperti menyebar pamflet dan memasang iklan di media cetak. Melakukan pemasaran secara online juga jangka waktu pemasaran long lasting.

Okay Guys, itulah serba-serbi tentang digital marketer dan digital marketing spesial untuk kalian yang tertarik menekuni bidang ini. Jadi, kalian siap kah untuk menjadi seorang digital marketer yang sampai ke level expert?

Good luck and have a good day



Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Apa Itu Digital Marketer dan Digital Marketing
Artikel
Mengenal Apa Itu Digital Marketer dan Digital Marketing
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Ada hubungan kah era digital dengan digital marketing? Okay, yuk baca sampai selesai Mengenal Apa Itu Digital Marketer dan Digital Marketing
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like