peringkat-di-google

Mengapa Situs Tidak Memperoleh Peringkat di Google dan Cara Agar Situs Memperoleh Peringkat di Google

Sharing is caring!

Anda tentu telah menyiapkan situs Anda setelah membaca ratusan artikel tentang pengoptimalan search engine. Anda merasa senang dengan status situs Anda sehingga Anda pasti akan meluncurkannya (launch it). Pada tahap ini, yang harus Anda lakukan adalah menunggu pengindeksan dan melihat peringkatnya. Berkaitan dengan hal tersebut, yuk baca Mengapa Situs Tidak Memperoleh Peringkat di Google dan Cara Agar Situs Memperoleh Peringkat di Google

Alasan Mengapa Situs Tidak Memperoleh Peringkat di Google dan Cara Untuk Memperoleh Peringkat di Google

Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa situs Anda tidak memperoleh peringkat dan cara mengatasinya:

Situs Anda Tidak Diindeks (Not Indexed)

Ini sangat mudah. Situs Anda belum diindeks, artinya tidak mungkin muncul di hasil penelusuran.

Anda Melakukan De-Indexed Situs Secara Keliru

Hal tersebut terjadi pada banyak orang. Jadi, pastikan untuk memeriksa settings Anda dan memastikan Anda tidak memblokir Google secara tidak sengaja untuk mengindeks situs Anda. 

Cara untuk cek setting jika ingin langsung cek melalui website adalah biasanya bisa cek di file html-nya. Caranya adalah kalau kita tulis code seperti berikut ini => <meta name=”googlebot” content=”noindex”> . Jadi kalau sudah di-tag <meta name=”googlebot” content=”noindex”> maka yang “noindex” Google tidak akan mengindex website tersebut.

peringkat-di-google-1

Google Belum Merayapi (Crawl) Situs Anda

Hal ini relatif umum terjadi pada situs baru, terutama yang tidak memiliki jadwal posting yang konsisten. Butuh waktu cukup lama sebelum search engine bots datang ke situs Anda dan mengindeks blog Anda sehingga hal ini seharusnya tidak menjadi masalah.

Namun, jika Anda ingin mempercepat prosesnya, coba kirimkan map Anda melalui alat Google Webmaster atau bagikan posting Anda di berbagai platform media sosial.

peringkat-di-google-2

Anda Secara Tidak Sengaja Mengembangkan Situs Anda Pada Domain Kadaluarsa atau Dihukum yang Tidak Diindeks

Jika Anda harus menggunakan domain kadaluarsa untuk membangun situs baru Anda, pastikan Anda menganalisis riwayatnya secara menyeluruh sebelum membeli. Hal tersebut untuk memastikan itu tidak de-indexed atau dihukum sebelumnya.

Situs Anda Tidak Ramah Seluler atau Tidak Mobile Friendly

Lebih dari 60 persen traffic situs dihasilkan melalui perangkat seluler. Oleh karena itu, perancang situs saat ini harus memastikan bahwa setiap situs yang mereka buat dapat digunakan di beberapa browser di berbagai perangkat atau situs tersebut harus responsif.

Artinya, situs Anda harus dapat beradaptasi dengan format apapun yang ramah pengguna untuk berbagai perangkat seluler. Google tentunya menghargai situs yang memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa kepada pengguna.

Untuk memeriksa apakah situs Anda ramah seluler, Anda dapat menggunakan alat uji Mobile-friendly ini. Alat ini akan menunjukkan kepada Anda apakah situs Anda ramah pengguna dan memberitahu Anda tentang masalah apapun sehingga Anda tahu apa yang harus diperbaiki.

peringkat-di-google-3

Anda Menggunakan Keywords yang Sangat Kompetitif

Hal ini bisa menjadi sesuatu yang tidak biasa di antara pengembang situs baru. Meskipun sama sekali tidak ada yang salah dengan menargetkan jenis keyword ini, Anda lebih baik memilih dan memikirkan battle Anda sendiri dengan hati-hati. Ini berarti memilih keyword dan frasa yang dapat Anda rangking dengan baik dengan otoritas domain serta sumber daya Anda, seperti keahlian, waktu, dan uang.

Sebaliknya, mulailah dari yang kecil dan pilih keyword yang kurang kompetitif saat Anda berkembang. Setelah beberapa saat, Anda dapat secara bertahap untuk memperluas dan mencoba memberi peringkat untuk keyword kompetitif saat Anda menegaskan otoritas Anda.

Persaingan ketat yang berkaitan dengan keyword, berarti hampir tidak mungkin untuk mendapatkan hasil tanpa anggaran SEO dan PR (press release) budget. Amannya, analisis keyword target Anda menggunakan software, seperti LSIGraph, Ahrefs, Majestic atau Moz untuk memahami pesaing Anda, sebelum Anda mulai membangun tautan dan membuat konten.

peringkat-di-google-4

Situs Anda Memiliki Sedikit atau Tidak Ada Backlink

Jika situs Anda baru, konten Anda tidak akan langsung mendapat peringkat. Tidak masalah jika setiap halaman di situs Anda dioptimalkan dengan tepat. Untuk peringkat yang baik, situs Anda harus memiliki tautan ke dan dari situs lain. Untuk mendapatkan backlink maka bisa dengan cara menjangkau situs lain.

Lakukan link building atau PR (press release). Mintalah ke mereka untuk menyebutkan situs Anda atau berbicara tentang produk yang Anda tawarkan dan tautkan ke situs Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk memberitahu dunia bahwa Anda memang ada.

Konten Web yang Buruk

Selain strategi SEO yang buruk dan desain web tradisional, konten yang buruk adalah faktor lain yang dapat mempengaruhi peringkat situs Anda di Google. Saat ini, jika Anda menggunakan pendekatan Google untuk SEO, ada dua kata utama yang menonjol, yakni dapat diandalkan (reliable) dan relevan (relevant). Jika konten di konten situs Anda tidak mengandung kedua poin penting tersebut, search engine tidak akan melihat situs Anda sebagai situs yang layak.

Berikut ini ada beberapa tips untuk konten yang lebih baik dan relevan:

  • Update halaman Anda secara teratur dengan konten yang bermakna dan bermanfaat, yang tidak hanya terkait dengan niche Anda tetapi juga memecahkan masalah pengunjung Anda.
  • Selalu pertahankan konten di halaman Anda dengan kata yang berjumlah di atas 300 kata.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan keyword di halaman Anda untuk menentukan peringkat. Sebaliknya, hal ini mungkin bertentangan dengan upaya Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Konten di Situs Anda Tidak Dioptimalkan

Pengoptimalan search engine, bukan berarti keyword tidak penting. Pengoptimalan pada halaman adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan peringkat pencarian Anda. Ada ratusan hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat Anda, yakni sebagai berikut:

  • Judul dan Meta Description = ini adalah teks pratinjau/judul yang biasanya muncul di SERP (Search Engine Results Pages). Buatlah judul Anda tetap pendek (50-60 karakter) dan deskripsi kurang dari enam puluh karakter untuk memastikan agar tidak terpotong.
  • Struktur URL = URL Anda harus sederhana sehingga pengguna dapat memahami situs Anda dan mengetahui poin apa yang bisa diharapkan ketika mereka membuka halaman Anda.
  • Image alt text = crawlers dapat memahami teks Anda tetapi tidak dapat memahami gambar, kecuali Anda menunjukkan kepada mereka tentang apa terkait gambar tersebut. Jadi, silakan gunakan alt text untuk memberi tahu mereka terkait apa yang ada di gambar untuk mengindeks situs Anda dengan lebih baik.
  • Sertakan keyword yang bermanfaat = jaga agar tetap lugas dan sederhana. Pastikan Anda secara teratur menggunakan frasa dan keyword yang berhubungan dengan niche Anda.

Strategi Anda Terkait Keyword dan Frasa Tidak Menargetkan Longtail Keywords

Jika Anda menargetkan broad match keyword yang sangat kompetitif, hampir tidak mungkin untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi, kecuali situs Anda memiliki banyak pengikut dan memang cukup umur.

peringkat-di-google-5

Pada contoh di atas, kata-kata yang dicetak tebal memberikan lebih banyak prediksi dan ide tentang apa yang dicari oleh pengguna internet. Itulah yang disebut sebagai longtail keyword.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengapa Situs Tidak Memperoleh Peringkat di Google dan Cara Agar Situs Memperoleh Peringkat di Google
Artikel
Mengapa Situs Tidak Memperoleh Peringkat di Google dan Cara Agar Situs Memperoleh Peringkat di Google
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Yuk baca selengkapnya Mengapa Situs Tidak Memperoleh Peringkat di Google dan Cara Agar Situs Memperoleh Peringkat di Google hanya di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo