tools-online-gratis

Kita semua harus menyadari bahwa pengguna internet tidak sabar ketika harus menunggu cukup lama saat halaman web dimuat. Kecepatan situs tidak hanya mengganggu pengalaman pengguna tetapi juga berdampak langsung pada SEO. Nah, baca yuk sampai selesai 26 Tools Online Gratis untuk Tes Kecepatan Website. 

Untuk membantu Anda membangun situs yang lebih cepat dan mengidentifikasi hambatan kinerja situs yang bermasalah, silahkan Anda pertimbangkan untuk memasukkan beberapa alat berikut ke dalam proses pengembangan web Anda. Sebaiknya gunakan beberapa alat penguji kecepatan situs ini sehingga Anda dapat memperoleh gambaran yang lebih baik tentang masalah kecepatan situs.

Mengapa Kecepatan Penting Bagi Website?

Berikut beberapa alasan utama mengapa waktu loading menjadi faktor yang sangat penting bagi sebuah website:

  1. Berpengaruh terhadap peringkat di mesin pencari (SERP). Mesin pencari, seperti Google, akan mengumpulkan data hasil pencarian dalam waktu yang super singkat. Apabila halaman website tidak terbuka secara sempurna dalam kurun waktu cepat, posisinya akan berada di bawah halaman pertama Google atau malah tidak ditampilkan di halaman pertama.
  2. Berpengaruh terhadap trafik website. Sebanyak 40% orang akan keluar dari website yang loadingnya lebih dari tiga detik. Akibatnya, Anda akan kehilangan pengunjung (atau bahkan calon pembeli).
  3. Berpengaruh terhadap SEO. Ada reputasi yang dijaga. Loading website yang lama akan memengaruhi user experience mesin pencari.

Sebagai pemilik website, Anda wajib memantau dan memelihara performa website demi kepuasan pengunjung. Salah satu caranya adalah dengan mengecek kecepatan website secara berkala menggunakan website speed test tool.

Tools Online Gratis untuk Tes Kecepatan Website

Page Speed Online

Google Page Speed Online, yang merupakan adaptasi web-based dari ekstensi browser pengembangan web Google Chrome yang populer. Page Speed menganalisis kinerja situs Anda di bawah Google Web Performance Best Practices (sekumpulan aturan untuk kinerja front-end yang optimal). Anda dapat memperoleh banyak informasi dari alat web yang berguna ini, bahkan termasuk laporan untuk praktek terbaik mobile device untuk kinerja yang optimal.

tools-online-gratis-1

Pingdom Tools

Alat uji kecepatan situs online gratis dari Pingdom (sebuah server, layanan pemantauan situs dan jaringan) ini memberi Anda beberapa laporan, seperti rincian berapa lama setiap objek halaman web (misalnya gambar, style sheets, dan pustaka JavaScript) yang diperlukan untuk download dan performance grades untuk hal-hal, seperti browser caching. Laporan berguna lainnya adalah analisis halaman yang memberikan informasi tentang load time, page size, dan requests.

tools-online-gratis-2

Free Website Performance Test (BrowserMob)

Alat pengujian kecepatan dan kinerja situs gratis ini dirancang oleh BrowserMob, sebuah perusahaan yang menawarkan website load testing dan monitoring service, memberi Anda banyak informasi tentang kecepatan halaman web Anda, seperti average load time, total page weight, dan jumlah dari page objects

tools-online-gratis-3

Which Load Faster?

Alat menarik ini bisa melihat perbandingan antara dua situs langsung dalam hal loading time. Misalnya, Anda dapat mengetahui apakah Google memuat lebih cepat dibanding dengan Bing maka Anda bisa menggunakan alat ini. Ini dapat menjadi sebuah alat sederhana untuk membandingkan apakah situs Anda berkinerja lebih baik atau lebih buruk dibandingkan dengan situs pesaing. Alat open-source ini pada awalnya dibuat untuk mempromosikan pentingnya kinerja web.

tools-online-gratis-4

WebPagetest

Alat online yang bagus ini menguji kecepatan rendering halaman web Anda di browser (Chrome, Firefox, dan IE) dan memberi Anda sebuah pilihan untuk melakukan pengujian dari beberapa lokasi di seluruh dunia. Ini juga memiliki pengaturan lanjutan (advanced settings) dengan opsi untuk simulasi kecepatan koneksi internet secara umum (misal DSL dan 56K dial up) dan pemblokiran iklan (ad-blocking) sehingga Anda dapat melihat biaya kinerja (performance cost) dari menjalankan iklan di situs Anda.

tools-online-gratis-5

Web Page Analyzer

Webpage Analyzer mungkin salah satu alat tertua yang ada dengan versi pertamanya yang dirilis pada tahun 2003. Alat ini memberi Anda data tentang ukuran laman web, aset, dan load time. Alat ini juga memberi Anda terkait rekomendasi tentang hal-hal yang dapat Anda perbaiki.

tools-online-gratis-6

Keycdn

Alat pengujian gratis Keycdn memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana kinerja kecepatan situs Anda di berbagai lokasi di seluruh dunia.

tools-online-gratis-7

SiteSpeed

Alat pengujian kecepatan situs berbasis web ini menampilkan data yang relevan pada page-rendering time, seperti total waktu pengunduhan, jumlah atas koneksi yang dibuat, dan jumlah permintaan yang dibuat. SiteSpeed juga memiliki beberapa fitur bonus, seperti dapat menjalankan pengujian meskipun halaman web memiliki otentikasi HTTP (cukup berikan password ke halaman) dan kemampuan untuk mensimulasikan berbagai jenis koneksi internet.

tools-online-gratis-8

K6

Alat kinerja dan pengujian online load gratis K6, memberi Anda banyak data tentang kemampuan situs Anda untuk menangani traffic situs. Alat evaluasi kinerja web online ini memiliki kemampuan untuk menampilkan data grafik, seperti user load time (disimulasikan oleh mesin virtual otomatis) dan permintaan per detik (berguna untuk melihat seberapa tahan lama server web Anda dan seberapa cepat dapat menangani permintaan laman web).

tools-online-gratis-9

OctaGate SiteTimer

OctaGate Site Timer adalah alat online yang cukup mudah karena Anda memasukkan URL yang ingin Anda uji selanjutnya akan menampilkan grafik batang yang menampilkan semua objek halaman web yang berisi informasi, seperti download start times, end times, dan durasi untuk masing-masing. Alat ini bermanfaat untuk menemukan objek halaman yang lambat dimuat dengan cepat sehingga Anda dapat mengoptimalkannya untuk meningkatkan kecepatan situs.

tools-online-gratis-10

Setelah membaca 10 alat di atas. Alat manakah yang sering Anda gunakan untuk mengukur kecepatan website Anda? Sharing yuk di kolom komentar.

GTmetrix

Tes kecepatan web dapat dilakukan dari berbagai lokasi dan hasilnya berupa ringkasan indikator yang memaparkan performa website. Semua ini bisa Anda akses secara cuma-cuma alias gratis.

Anda juga bisa melakukan tes perlambatan koneksi. Fungsi tes ini adalah untuk mengetahui seberapa bagus performa website jika dimuat di kecepatan koneksi yang berbeda-beda.

gtmetrix speed test tool

 Google PageSpeed Insights

Tool page speed test ini dikembangkan oleh Google. Oleh karena itu, analisis metriks user experience-nya didasarkan pada performa website di Chrome UX Report baik melalui perangkat mobile maupun komputer.

Google PageSpeed Insights, cek kecepatan load website

Ada dua tipe data yang diberikan, yakni data sistem (lab data) dan data lapangan. Data sistem berkaitan dengan performa website, sedangkan data lapangan lebih mengacu kepada pengalaman pengunjung website secara real-time.

Tool cek kecepatan website ini sering digunakan oleh pelaku bisnis kecil hingga bisnis menengah dan juga pemilik website yang menginginkan kemudahan dalam mengelola kinerja situs mereka.

 Google Test My Site

Penggunaan smartphone dan tablet semakin masif, artinya kalau website versi mobile juga harus dioptimasi. Bukan hanya website versi desktop saja.

Test My Site untuk tes kecepatan blog

Selain cek kecepatan loading website, Google Test My Site juga akan mengevaluasi benchmark kompetitor, memberikan laporan serta tips untuk memperbaiki performa website.

 YSlow

YSlow adalah tool cek kecepatan situs yang bersifat open source dan gratis. Analisa yang dilakukan oleh tool ini didasarkan pada 23 aturan Yahoo! tentang kualitas kinerja website. Untuk web browser, YSlow hadir dalam format plugin. Sedangkan untuk server Node.js dan PhantomJS, tool ini hadir dalam rupa script berbasis baris perintah.

YSlow untuk cek kecepatan situs

YSlow merupakan software bawaan Firefox. Jadi, web browser ini memperbolehkan usernya untuk mengakses informasi mengenai komponen halaman melalui Firebug Net Panel.

Pingdom

Selain menganalisis performa website secara menyeluruh, Pingdom juga memonitor downtime.

Pingdom page speed test

Tool cek kecepatan web ini dapat digunakan untuk mengetes laman web dari 70 lokasi. Nantinya Anda akan memperoleh laporan berupa insight kinerja web dan juga faktor yang memperlambat kecepatan halaman situs.

Oia, jika ingin lebih leluasa dalam monitoring website, Anda harus berlangganan paket berbayar yang disediakan Pingdom. Paket ini menawarkan berbagai fitur dan layanan, seperti uptime monitoring, page speed monitoring, transaction monitoring, visitor insight, dan server monitoring. Kapan pun terjadi kendala, fitur peringatan akan langsung memberitahu Anda.

Dotcom-Monitor

Tool gratis lainnya untuk mengecek speed website adalah Dotcom-Monitor. Lakukan pengetesan waktu loading melalui browser desktop dan mobile dari 20 lokasi berbeda.

Dotcom-Monitor untuk cara cek kecepatan loading website

Semua pengetesan geografi di tool Dotcom dapat dilakukan bersamaan. Hasil akhir tes berupa laporan performa dan grafik dari setiap lokasi.

Dareboost

Cek kecepatan website dari 13 lokasi tes dan tujuh perangkat, termasuk beberapa tipe perangkat mobile.

Dareboost untuk cek kecepatan loading website

Dareboost memiliki sejumlah fitur unggulan, seperti simulasi tes kecepatan blog dan website dengan atau tanpa adblocking dan pemblokiran terhadap domain yang menyebabkan kecepatan website menurun.

Hasil tes yang diberikan berupa laporan dan rekomendasi atau tips yang dibagi ke dalam beberapa kategori yang disusun berdasarkan skala prioritas.

Geek Flare

Sama seperti tool lainnya dalam daftar ini, Geek Flare juga memberikan kemudahan monitoring kinerja website. Cek kecepatan situs melalui perangkat desktop atau mobile dari berbagai lokasi berbeda.

Geek Flare untuk cek speed website

Nah, metriks testingnya meliputi page size, screenshot, request counts by type, dan Time to First Byte.

New Relic

Sebagai perusahaan software analytics, New Relic mengetahui kelebihan dan kekurangan performa aplikasi.

New Relic, test speed web

Mereka mengembangkan sendiri lho tool tes online untuk cek kecepatan website dari sembilan lokasi.

New Relic menawarkan paket berbayar apabila kalian menginginkan cakupan yang lebih luas dalam memantau kinerja web. Dengan berlangganan paket ini, Anda bisa mengawasi setiap perubahan sistem, melakukan simulasi perilaku (behavior) dan memisahkan masalah, dan menganalisis dampak performa web terhadap bisnis Anda.

LoadImpact

LoadImpact adalah tool berbasis cloud yang akan mengecek kendala pada kinerja web, aplikasi, dan API. Dengan menggunakan k6 yang adalah testing tool open-source dan dikendalikan oleh baris perintah, LoadImpact dapat mendeteksi permasalahan yang terjadi di dalam siklus pengembangan software.

LoadImpact, uji kecepatan blog

Meskipun LoadImpact bisa digunakan secara gratis, page speed test ini mengharuskan Anda untuk berlangganan paket berbayar agar tool yang ada dapat dimaksimalkan.

Image Analysis Tool (Cloudinary)

Terlalu banyak gambar di website akan mempengaruhi kecepatan loadingnya. Dengan tool Cloudinary, Anda bisa menganalisis serta mengevaluasi beberapa masalah terkait gambar, seperti ukuran, format, kualitas, dan pengkodean.

Image Analysis Tool

Monitis

Dengan menggunakan Monitis, Anda bisa mengetahui waktu loading untuk setiap elemen website. Selain gratis, tool tes kecepatan blog dan website ini bisa dijalankan dari berbagai lokasi di Amerika Serikat, Eropa, dan Asia.

Monitis

Apabila berlangganan paket berbayarnya, Anda bisa memantau website, jaringan, server, bahkan aplikasi. Anda juga dapat mengatur dan menjalankan monitoring sendiri di metriks sistem dan bisnis menggunakan API.

Chrome DevTools

Chrome DevTools dikembangkan untuk developer. Tool buatan Google ini memudahkan proses editing halaman dan pendeteksian masalah.

Chrome DevTools

Chrome DevTools adalah tool bawaan Chrome. Jadi, Anda bisa langsung menggunakannya melalui browser tersebut. Bagi pemula yang ingin mempelajari tips pemrograman sederhana untuk optimasi, tersedia tutorial di website resminya.

GiftOfSpeed

Untuk cara cek kecepatan website dari delapan lokasi berbeda, gunakan GiftOfSpeed. Tool testing ini juga menawarkan fitur gratis untuk meningkatkan kinerja website, sepeti tes optimasi CSS, broken request test, dan JavaScript compressor.

GiftOfSpeed

Uptrends

Uptrends menyediakan tool testing gratis untuk menganalisa waktu loading website di perangkat desktop atau mobile dari sepuluh lokasi berbeda. Atur bandwidth throttling dan juga web browser yang akan jadi tempat pelaksanaan tes kecepatan website.

Uptrends

Selain bisa diakses secara gratis, tool monitoring website juga menawarkan cakupan tes lokasi yang luas, email peringatan, dan dashboard monitoring.

BatchSpeed

Dengan menggabungkan PageSpeed API Google, tool BatchSpeed bertugas untuk meng-crawl website, banyak URL, dan sitemap XML sebelum melakukan tes cek kecepatan website.

BatchSpeed

Hasilnya dapat diklasifikasikan menurut kecepatan, ukuran (size), rekomendasi, atau level prioritas.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.3 / 5. Jumlah rate 3

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment