Mengapa Anda Harus Sewa VPS? Yuk Simak Alasannya!

Mengapa Anda Harus Sewa VPS? Yuk Simak Alasannya!

Sharing is caring!

Ada pertanyaan penting nih untuk kalian. Jika kunjungan di toko online kalian makin tinggi dan ingin melakukan upgrade atau kalian berencana membangun website dengan kebutuhan resource yang besar, apakah kalian ada opsi untuk sewa VPS di benak kalian? Memang benar bahwa VPS merupakan layanan hosting yang menawarkan kualitas server yang baik dan didukung dengan beberapa keunggulan yang dibutuhkan website dengan kebutuhan resource besar. Namun, ada alasan lainnya lagi, lho. Okay, simak ya sampai selesai Mengapa Anda Harus Sewa VPS? Yuk Simak Alasannya!

7 Alasan Penting Anda Harus Sewa VPS

Okay, baca sampai tuntas ya penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Butuh Sumber Daya Berkapasitas Besar

Resource hosting sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan website. Misal, apabila tidak dibarengi dengan peningkatan resource hosting, toko online yang kalian miliki akan lambat atau bahkan susah diakses.

Kalian pasti tidak ingin kan pengunjung kalian menjadi enggan untuk kembali?

Itulah salah satu alasan utama kalian harus sewa VPS. Hosting ini menawarkan sumber daya berkapasitas besar. Makanya, website akan dapat menampung lebih banyak pengunjung.

Selain itu, kapasitas resource yang besar juga memungkinkan untuk menyimpan lebih banyak data. 

2. Ingin Hosting dengan Sumber Daya Terdedikasi

Jika kinerja website kalian kadang kecepatan loadingnya baik tetapi di lain waktu lambat, tentunya tidak dapat melayani pengunjung dengan maksimal.

Nah, sebaiknya kalian menggunakan hosting yang sumber dayanya terdedikasi alias bisa dimanfaatkan sepenuhnya. Kebetulan, VPS adalah hosting yang menawarkan hal tersebut. 

Contohnya, kalian memilih layanan VPS dengan penyimpanan 25 GB. Nah, kalian bisa menggunakan seluruh resource tersebut untuk kebutuhan website kalian. Berbeda dengan shared hosting yang resourcenya dibagi ke beberapa pengguna.

3. Membutuhkan IP Address Terdedikasi

Apabila kalian sedang menjalankan promosi bisnis dengan email marketing tapi email kalian justru sering masuk ke folder spam maka hal ini akan mengancam upaya marketing kalian.

Nah, hal tersebut bisa jadi karena reputasi alamat IP atau IP address kalian buruk sehingga demi keamanan diarahkan ke folder spam, bukan inbox email audiens tujuan.

Reputasi IP yang buruk terjadi karena kalian atau orang lain yang menggunakan IP tersebut, diduga sering mengirim email spam. Ini dapat terjadi di layanan shared hosting karena satu alamat IP digunakan beberapa pengguna sekaligus.

Oleh karena itu, solusinya adalah menggunakan IP address yang terdedikasi, yang mana kalian memiliki IP address pribadi sebab kalian sendiri yang mengelola reputasinya.

4. Membutuhkan Akses Penuh ke Pengaturan Hosting

Bagi kalian yang menggunakan shared hosting, kalian mungkin merasakan beberapa pengaturan utama sudah ditentukan demi kestabilan layanan.

Jadi, jika kalian menginginkan pengaturan yang lebih leluasa, sewa VPS adalah kuncinya. Hal ini dikarenakan kalian akan mendapatkan root access, yaitu akses terhadap semua pengaturan hosting.

Dengan root access, kalian bisa mengatur siapa saja yang bisa mengubah pengaturan hosting kalian. Hal itu penting jika kalian mengelola VPS bersama tim. 

Selain itu, kalian juga bisa memberikan akses pengaturan kepada anggota tim yang kalian tugasi mengelola server saja. Tujuannya ya agar tidak ada orang lain yang mengakibatkan error di server akibat kesalahan setting.

5. Ingin Mengelola Lebih Dari Satu Akun Hosting

Jika kalian memiliki bisnis pembuatan website dan kewalahan mengelola jumlah website klien yang semakin banyak maka kalian harus memilih VPS. Selain mendapatkan sumber daya yang besar dan terdedikasi, kalian juga bisa membuat lebih dari satu akun hosting dengan panel WHM. Nantinya, kalian dapat mengelola semua akun itu dari satu panel saja.

Oia, di Jetorbit, kalian bisa addon license sampai 100 akun, lho. 

alasan harus sewa vps 1

Jadi, VPS cPanel bisa memenuhi kebutuhan kalian yang memiliki bisnis pembuatan website. Okay, silakan memilih paket sesuai kebutuhan kalian, ya.

6. Butuh Hosting untuk Kebutuhan Selain Menjalankan Website

Apakah kalian sedang membutuhkan layanan hosting tapi bukan untuk menjalankan website? 

Inilah saatnya kalian mulai sewa VPS server. Alasannya adalah kebebasan yang ditawarkan oleh layanan VPS memungkinkan kalian untuk:

  • Membuat server game yang pengaturannya kalian tentukan
  • Membuat VPN untuk membatasi akses ke jaringan kalian 
  • Menyimpan backup data
  • Menguji aplikasi

Semua kebutuhan di atas, tentu tidak disarankan untuk dikembangkan menggunakan layanan hosting lain seperti shared hosting. Alasannya ialah performa yang dihasilkan bisa saja terbatas atau tidak sesuai kebutuhan.

Jadi, berbeda jenis website maka kebutuhan atas servernya juga berbeda pula. Apalagi kalau kalian ingin memanfaatkan server tersebut untuk menjalankan aplikasi tertentu dengan kebutuhan pengaturan dan resource khusus. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya dan selamat mencoba menggunakan VPS 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengapa Anda Harus Sewa VPS? Yuk Simak Alasannya!
Artikel
Mengapa Anda Harus Sewa VPS? Yuk Simak Alasannya!
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apakah kalian ada opsi untuk sewa VPS di benak kalian? Okay, simak ya sampai selesai Mengapa Anda Harus Sewa VPS? Yuk Simak Alasannya!
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like