load balancing

Adakah di antara kalian yang belum tahu tentang Load Balancing? Jika belum maka pas sekali kalian berkunjung ke website ini. Karena apa? Karena kali ini Jetorbit akan sedikit mengulas terkait Memahami Pentingnya Load Balancing Pada Jaringan. Simak terus sampai selesai ya..!

Pengertian Load Balancing

Load Balancing merupakan teknik untuk mendistribusikan beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi secara seimbang, menghindari overload pada salah satu jalur koneksi agar trafik dapat berjalan optimal.

Alasan?

Ada dua alasan mengapa menggunakan load balancing:

  • Waktu Respon

Manfaatnya adalah untuk meningkatkan kecepatan akses website saat dibuka. Dengan dua atau lebih server yang saling berbagi beban trafik web maka akan lebih cepat karena beban tidak hanya pada satu server saja.

  • Redudansi

Jika website kita sedang berjalan seimbang di beberapa server dan salah satu server bermasalah maka kita masih mempunyai server lain. Proses pengaksesan pun tidak terhambat dan para pengunjung web pun tidak menyadari bahwa salah satu server sedang mengalami gangguan.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Load Balancing:

  • Dapat membagi pekerjaan secara merata kepada server layanan utama.
  • Sebagai pintu masuk kepada layanan yang ada.
  • Meminimalisir waktu down dari layanan.
  • Mempercepat akses layanan karena dapat mengarahkan permintaan layanan ke server yang memilih respon cepat.

Kelemahan Load Balancing:

  • Menambah biaya karena membutuhkan dua atau lebih server.
  • Jika server induk bermasalah maka semua sistem virtual yang ada di dalamnya tidak bisa digunakan.
  • Penempatan semua data dalam satu server akan menjadi target serangan virus atau pun seorang hacker.

Bagaimana Cara Kerjanya?

cara kerja load balancing

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah juga bisa didapatkan di Jetorbit dengan tanpa mengurangi kualitas, Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan dan sukses dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.5 / 5. Jumlah rate 11

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment