Pengertian Firewall, Fungsi, Manfaat, Jenis, dan Cara Kerja

Sharing is caring!

Firewall secara umum dikenal sebagai sebuah sistem yang mengatur komunikasi antara 2 jaringan yang berbeda. Semakin berkembangnya zaman, banyak perusahaan memakai jaringan private internet untuk melindungi aset data digital dari serangan yang tidak diinginkan. Kali ini Jetorbit akan mengulas terkait Pengertian Firewall, Fungsi, Manfaat, Jenis, & Cara Kerja. Baca terus sampai selesai ya..

Firewall adalah..

Firewall yaitu suatu kombinasi antara hardware dan software yang fungsinya menjadi pemisah di antara jaringan komputer menjadi dua atau lebih untuk menjaga keamanan data.

Saat ini perusahaan-perusahaan mempunyai akses ke internet. Tentu saja jaringan pada perusahaan tersebut mempunyai badan hukum di dalamnya. Oleh karena itu, perangkat digital perusahaan perlu dilindungi dari serangan peretas serta hal buruk lainnya.

Fungsi Firewall

Fungsi firewall dalam jaringan adalah:

  • Menjadi pengatur, penyaring, dan pengontrol trafik data yang dapat masuk untuk mengakses jaringan privat yang telah dilindungi firewall.
  • Mencatat semua transaksi dari seluruh peristiwa yang terjadi di dalam firewall.
  • Mengecek dan memeriksa terlebih dahulu paket data yang akan melalui jaringan privat.
  • Melaksanakan autentifikasi ke akses data.

Manfaat Firewall

Manfaat firewall adalah:

  • Menjadi pengatur trafik data terhadap jaringan satu dengan jaringan lain.
  • Mengatur port maupun paket data yang diizinkan atau ditolak.
  • Menjadi pemantau dan pencatat trafik jaringan.
  • Autentifikasi terhadap akses.

Jenis-Jenis Firewall

Jenis-jenis firewall:

  • Personal Firewall

Personal Firewall dibuat sebagai pelindung komputer yang tersambung pada jaringan dari akses yang tidak diizinkan. Saat ini, firewall jenis ini melakukan revolusi menjadi kumpulan program yang fungsinya mengamankan komputer secara total.

Caranya dengan menambahkan beberapa fitur pengaman semacam perangkat proteksi terhadap serangan virus, antispyware, antispam, dan mendeteksi gangguan keamanan jaringan.

  • Network Firewall

Perlindungan jaringan secara keseluruhan dari semua serangan dilakukan oleh Network Firewall. Network Firewall mempunyai beberapa fitur utama, yaitu Packet filter firewall dan stateful firewall, Circuit Level Gateway, Application Level Gateway, dan NAT Firewall. Network Firewall pada umumnya mempunyai sifat tranparan dari pengguna dan memakai teknologi routing untuk menentukan paket mana yang diizinkan dan mana paket yang ditolak.

Cara Kerja Firewall

Cara kerja dari firewall adalah menganalisis paket data yang masuk dan yang keluar di dalam jangkauan aman yang terlindungi oleh firewall tersebut. Filter akan bekerja dengan memeriksa sumber paket data yang masuk dengan beberapa ketentuan yang dibuat untuk mengontrol paket yang dapat masuk. Sistem ini juga melakukan blokir jaringan tertentu dan mencatat trafik paket data yang mencurigakan.

Hosting murah juga bisa didapatkan di Jetorbit dengan tanpa mengurangi kualitas, Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan dan sukses dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 3

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Pengertian Firewall, Fungsi, Manfaat, Jenis, & Cara Kerja
Artikel
Pengertian Firewall, Fungsi, Manfaat, Jenis, & Cara Kerja
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kali ini Jetorbit akan mengulas terkait Pengertian Firewall, Fungsi, Manfaat, Jenis, & Cara Kerja. Baca terus sampai selesai ya..
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment