Melakukan Blogwalking untuk Meningkatkan Traffic Blog, Perlukah Dilakukan oleh Blogger?

Melakukan Blogwalking untuk Meningkatkan Traffic Blog, Perlukah Dilakukan oleh Blogger?

Blogwalking tentu bukan hal asing bagi blogger. Namun, tahukah kalian bahwa sebenarnya blogwalking merupakan istilah yang hanya ada di Indonesia? Masa, sih? Penasaran? Okay, simak langsung yuk ulasannya tentang Melakukan Blogwalking untuk Meningkatkan Traffic Blog, Perlukah Dilakukan oleh Blogger?

Apa Itu Blogwalking?

Pada dasarnya, blogwalking adalah suatu kegiatan yang mana kalian berkunjung ke blog lain untuk tujuan khusus. Umumnya sih, blogwalking dilakukan saat seorang blogger sedang mencari ide konten di blognya. Namun, seringkali blogwalking juga dilakukan sebagai sarana untuk bersosialisasi dengan para blogger lainnya.

Trus, gimana caranya blogger melakukan hal tersebut?

Pertama, seorang blogger tentunya akan mengunjungi beberapa blog yang cocok dan sesuai dengan kriteria tujuannya. Lebih tepatnya, beberapa blog dengan tema yang sama atau niche yang sama dengan blognya. Ditambah lagi memiliki tingkat popularitas yang tinggi sebagai bukti bahwa konten pada blog tersebut menarik pada pembaca.

Selanjutnya, blogger tadi akan melihat beberapa artikel yang bermanfaat dan nantinya mereka akan meninggalkan pesan di kolom komentar yang sudah disediakan. Cara ini tentunya akan menciptakan diskusi dengan pemilik blog ataupun para pembaca lainnya. Blogger tentu bisa memperluas jaringan antarpara blogger selain memperluas ilmunya. 

5 Manfaat Blogwalking

Berikut ini ada beberapa manfaat yang kalian peroleh dari blogwalking:

1. Memperluas Networking

Blogwalking bisa dijadikan sebagai sarana dalam memperluas networking atau jaringan, ya.

Sebabnya adalah setiap kalian memberi komentar yang positif di blog lain, hal ini akan menunjukkan bentuk apresiasi kepada para pemilik blog tersebut. 

Jika terjadi komunikasi lebih mendalam maka kalian punya kesempatan yang baik untuk saling berbagi informasi atau ide sebagai sesama blogger. Bahkan, kemungkinan besar kalian juga bisa saling membagikan link artikel blog dengan topik yang sama.

2. Mendapatkan Inspirasi Baru

Blogwalking merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mendapatkan inspirasi baru untuk konten blog kalian. Ketika mengunjungi blog lain maka kalian akan memperoleh informasi dan inspirasi baru dari blog tersebut. Selanjutnya, inspirasi ini bisa kalian jadikan bekal agar bisa membuat konten lainnya.

Idealnya sih, kalian mesti mengunjungi blog yang sudah sukses. Ketika mengamati konten, kalian harus mengamati konten apa saja yang sudah mereka bahas dan bagaimana cara mereka dalam menyajikan konten tersebut. Oia, kalian juga harus menemukan keunikan konten mereka sehingga para pengunjung menyukainya.

Eitss, jangan melakukan tindakan copy paste atau plagiarisme dari konten lain, ya. Utamakan sikap profesional kalian sebagai seorang blogger. Cantumkan referensi atau sumber saat mengutip tulisan atau pernyataan.

FYI, keaslian suatu konten memiliki peran yang sangat penting sebab jika melakukan plagiarisme, kalian bisa terkena tuntutan dari pemilik aslinya. Di sisi lain, kalian akan kesulitan untuk memperoleh traffic karena Google akan menurunkan peringkat blog kalian di halaman pencariannya.

3. Mendapat Bantuan dari Blogger Lain

Blogwalking adalah suatu kegiatan blogging yang umumnya dilakukan secara mandiri. Namun, menciptakan hubungan yang baik dengan para blogger lainnya juga sangat penting. Salah satu manfaatnya adalah kalian bisa memperoleh bantuan saat terjadi kendala, baik yang sifatnya nonteknis maupun teknis.

Selain itu, juga bisa memperoleh bantuan dalam hal kolaborasi, baik itu dengan berbagi pengalaman atau menjadi partner kolaborasi di dalam konten kalian.

4. Sebagai Bahan Evaluasi

Blogwalking bisa dijadikan bahan evaluasi kualitas blog kalian pada saat ini, loh. Artinya, kalian bisa memperoleh pembanding dari blog yang sebelumnya sudah sukses.

Tentunya semakin sering berkunjung ke blog lain maka akan semakin banyak juga referensi yang akan diperoleh, kan. Hal ini akan makin memudahkan dalam mengetahui berbagai kekurangan blog dan bagian apa saja yang memang perlu kalian tingkatkan lagi.

Evaluasi dalam hal ini mencakup berbagai komponen, mulai dari memilih topik, menguasai materi, gaya bahasa, cara komunikasi, sampai bentuk penyajian gambar.

5. Mempromosikan Blog 

Anyway, blogwalking adalah salah satu cara untuk mempromosikan blog kalian, loh.

Namun, kalian gak boleh sembarangan meninggalkan link blog di kolom komentar, ya. Cara ini justru akan dinilai sebagai spam dan menjadi kurang elegan. Hal tersebut juga berpotensi memberikan dampak yang buruk.

Tips Melakukan Blogwalking yang Tepat

Penasaran terkait bagaimana melakukan blogwalking dengan tepat? Okay, ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Carilah Blog dengan Niche yang Sama dengan Blog Kalian

Tips pertama adalah dengan memulai dari blog yang sama dengan niche kalian. Jika kalian adalah seorang beauty blogger maka carilah blog yang juga membahas tentang dunia kecantikan, seperti blog yang membahas skincare.

Cara ini akan memudahkan kalian untuk berbagi link bila sesuai dengan topik yang dibahas. Bahkan, akan lebih baik lagi jika mengunjungi suatu blog yang sudah terkenal. Why? karena informasi yang ada di dalamnya pasti sangat bermanfaat. Kalian bahkan bisa memperoleh inspirasi terbaru untuk membuat konten.

2. Beri Komentar yang Positif

Tips kedua adalah dengan memberikan komentar yang positif dan sesuai dengan topik blog. Hal ini sangat penting agar mampu mencegah kalian dalam memberikan komentar spam.

Contohnya, hindarilah komentar “artikelnya keren banget ya”. “kontennya sungguh bermanfaat.. Kenapa? Karena komentar seperti ini sangat mainstream dan kurang bernilai. Jika ada suatu poin penting di dalam artikel tersebut maka tunjukan poin tersebut pada komentar kalian.

Jika perlu, silakan tambahkan pujian pada penulis tersebut sebagai wujud apresiasi sebelum memberikan komentar. Maka, pastikan untuk membaca seluruh isi konten dan pahami dengan baik.

Kalian juga bisa memberikan pertanyaan sebagai wujud diskusi yang baik. Jika memang relevan, kalian bisa mendapatkan respon yang positif dari pemilik blog maupun pengunjung lainnya.

3. Pelajari Konten Mereka

Selanjutnya, kalian juga harus mempelajari struktur konten saat melakukan blogwalking, khususnya pada blog yang memang sudah populer. Kalian bisa memperhatikan konten apa saja yang dibahas dan bagaimana blog tersebut menyajikan informasi di setiap artikelnya.

Jika terdapat beberapa kata kunci, kalian bisa mencatatnya untuk dipelajari di kemudian hari. Selain itu, silakan temukan media apa saja yang disertakan di setiap artikel agar bisa membantu pemahaman para pembaca, baik itu gambar atau video yang menarik.

Oia, perhatikan juga tingkat frekuensi mereka dalam mengupdate konten ya, apakah di posting secara mingguan atau bulanan. Hal ini akan memberi informasi pada kalian terkait bagaimana cara terbaik dalam menata konten yang sukses.

4. Gunakan Gravatar

Gravatar adalah suatu foto profil yang mampu menunjukkan identitas online kalian. Gravatar juga akan tampil saat kalian memberikan komentar di setiap blog saat melakukan blogwalking. Makanya, gunakanlah foto profil terbaik untuk menunjukkan kesan profesional, ya.

Why? Sebab hal ini seringkali luput dari perhatian para blogger, sih. Banyak dari mereka yang jarang memasang gravatar dengan foto yang sesuai dengan blognya. Padahal nih ya, gravatar mampu membantu para blogger atau pengunjung lain untuk mengenali blog kalian, loh.

Apalagi jika kalian bertujuan untuk mempromosikan blog, justru memanfaatkan gravatar mampu meningkatkan personal brand awareness kalian. 

Okay, jadi bisa disimpulkan bahwa blogwalking adalah kegiatan yang bermanfaat. Kalian bisa menjadikannya strategi untuk mendapat inspirasi baru, memperluas networking, dan melakukan promosi blog.

Ada berbagai tips yang bisa kalian lakukan agar blogwalking kalian efektif. Mulai dari memilih niche blog yang sama, berbagi komentar yang relevan, hingga menggunakan gravatar untuk tujuan personal branding.

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like