Manfaat Menggunakan Google Analytics Bagi Bisnis

Manfaat Menggunakan Google Analytics Bagi Bisnis

Sharing is caring!

Apakah kalian sudah memasang Google Analytics? Jika kalian memasangkan Google Analytics ke website bisnis kalian maka kalian bisa langsung melihat data-data yang ada. Mulai dari berapa banyak orang yang datang untuk mengunjungi situs kalian sampai membeli produk kalian. Nah, kalian sudah tahukah manfaat Google Analytics bagi bisnis? Agar makin mantap menggunakan Google Analytics, baca yuk tentang Manfaat Menggunakan Google Analytics Bagi Bisnis

Cara Kerja Google Analytics

Google Analytics memperoleh data pengguna dari setiap pengunjung situs web melalui penggunaan tag halaman. Tag halaman JavaScript dimasukkan ke dalam kode setiap halaman.

Tag ini berjalan di browser web setiap pengunjung, mengumpulkan data dan mengirimkannya ke salah satu server pengumpulan data Google. Selanjutnya Google akan membaca data tersebut yang selanjutnya dijadikan data analitik yang bisa kalian lihat di Google Analytics.

Google Analytics dapat menghasilkan laporan yang dapat disesuaikan untuk melacak dan memvisualisasikan data, seperti jumlah pengguna, bounce rate, durasi sesi rata-rata, sesi berdasarkan saluran, tampilan halaman, pencapaian sasaran, dan sebagainya. Tag halaman berfungsi sebagai web bug atau web beacon, yaitu untuk mengumpulkan informasi pengunjung. Namun, karena mengandalkan cookie, sistem tidak dapat mengumpulkan data untuk pengguna yang menonaktifkannya.

Fitur-fitur Google Analytics

Google Analytics menyertakan fitur yang dapat membantu pengguna mengidentifikasi tren dan pola dalam cara pengunjung berinteraksi dengan situs web kalian. Fitur memungkinkan pengumpulan, analisis, pemantauan, visualisasi, pelaporan, dan integrasi data dengan aplikasi lain.

Fitur-fitur tersebut meliputi:

Fungsi dan Manfaat Menggunakan Google Analytics Bagi Bisnis

Dalam dashboard Google Analytics, pengguna dapat menyimpan profil untuk beberapa situs web dan melihat detail untuk kategori default atau memilih metrik khusus untuk ditampilkan di setiap situs. Kategori yang tersedia untuk pelacakan termasuk ikhtisar konten, kata kunci, situs perujuk, ikhtisar pengunjung, hamparan peta, dan ikhtisar sumber lalu lintas.

manfaat google analytics 1

Memperlihatkan Kesan Pertama Pengunjung

Google Analytics memungkinkan kalian melihat berapa banyak orang yang mengunjungi situs web kalian tetapi akhirnya terpental (bounce) yang berarti bahwa pengunjung situs web kalian tidak menemukan apa yang mereka cari.

Alat ini akan menunjukkan halaman mana yang mengalami rasio pentalan atau bounce rate tinggi dan halaman mana yang memiliki banyak pengunjung dengan bounce rate rendah. Hal ini memberi kalian peluang untuk bisa mengoptimalkan beberapa hal, seperti desain, panjang konten, dan kegunaan untuk menghasilkan lebih banyak penjualan dan mendapatkan pelanggan yang loyal. 

Menemukan Ide Baru untuk Bisnis

Kalian bisa membuka peluang baru dengan mengumpulkan dan menganalisis data pengunjung website kalian. Data web memberi lebih banyak ide dengan cepat karena hasil dari semua jenis aktivitas bisa terlihat di Google Analytics.

Kalian bisa menemukan ide baru untuk bisnis kalian dengan melakukan pengecekan terhadap data baru dan lama website kalian di Google Analytics. Kalian bisa melihat dashboard, target sasaran, dan metrik lainnya di Google Analytics secara berkala untuk mendapatkan ide baru bisnis kalian.

Melihat Peringkat Website

Kalian bisa melihat peringkat website kalian di mesin pencari lewat Google Analytics sehingga kalian bisa mengevaluasi kinerja SEO yang kalian gunakan. Bahkan bisa melihat peringkat website kalian di Google Analytics. Jika kalian melihat kinerja SEO kalian mengalami penurunan dari peringkat website, kalian bisa langsung memperbarui strategi konten kalian dengan keyword yang relevan untuk meningkatkan performa situs web kalian.

Melihat Segmentasi Pasar

Kalian bisa melihat segmentasi pasar dengan Google Analytics. Dengan segmentasi pasar, kalian dapat dengan mudah mempelajari banyak hal tentang pengguna kalian dan menentukan sasaran konsumen yang tepat. Kalian bisa menggunakan data trafik untuk membuat kampanye marketing yang sesuai dengan segmentasi pasar yang ada.

manfaat google analytics 2

Mempelajari Kompetitor

Kalian dapat melihat analisis trafik dari kompetitor kalian menggunakan Google Analytics, lho. Kalian bisa memanfaatkan fitur Google Analytics untuk melihat perbandingan web kalian dengan kompetitor. 

Jika melihat kompetitor kalian kok memiliki trafik yang tinggi, kalian bisa menganalisis apa yang menjadi keunggulan kompetitor kalian sehingga kalian mungkin bisa mempelajari kelebihan mereka dibanding bisnis kalian.

Mempelajari Seberapa Kompatibel Anda dengan Pelanggan

Google Analytics menawarkan banyak informasi berguna di antaranya adalah browser apa yang digunakan pelanggan kalian dan jenis komputer apa yang mereka gunakan untuk melihat konten kalian. 

Misal, konten kalian mungkin tidak kompatibel dengan Google Chrome tapi banyak dari pengguna kalian yang menggunakan Google Chrome. Makanya kalian perlu memeriksa segmen Google Analytics dan memastikan bahwa kalian telah menyesuaikan website agar tetap kompatibel dengan pengguna kalian. 

Melacak Trafik Sumber

Hal pertama yang dibutuhkan ketika baru meluncurkan website bisnis adalah memasang Google Analytics. Hal ini akan berguna karena kalian bisa memulai mengumpulkan data pelacakan sumber trafik web. Dengan Google Analytics, kalian dapat melacak semua sumber lalu lintas atau traffic online. Memahami dari mana trafik ke situs web kalian berasal sangat penting dalam menjalankan bisnis online.

manfaat google analytics 4

Berikut beberapa hal manfaat dari pelacakan trafik sumber yang dilakukan Google Analytics:

  • Menampilkan sumber trafik, berapa banyak trafik, dan alasan datangnya sumber trafik tersebut muncul di situs web kalian. Ini memungkinkan kalian untuk bisa menyusun strategi marketing bisnis kalian.
  • Melihat dari mana pengunjung situs web kalian dapat menemukan situs kalian, hal ini dapat membuat kalian mengoptimalkan platform yang tepat untuk mempromosikan bisnis kalian.
  • Kalian dapat melihat platform mana yang paling berhasil untuk melakukan kampanye marketing sehingga kalian bisa mengevaluasi setiap kampanye di platform yang berbeda.

Okay, silakan kalian manfaatkan fitur-fitur dari Google Analytics untuk menganalisis bisnis kalian sampai melihat peluang bisnis yang lain. Menggunakan beberapa fitur Google Analytics ini memungkinkan kalian untuk menemukan ide baru yang ingin dilihat pengunjung situs web di situs kalian, lho. Semoga bermanfaat, ya.

Oia, Jetorbit punya Paket Website Toko Online, lho. Kalian bisa menjual apa saja dengan toko online milik kalian sendiri! Mudah digunakan oleh siapa saja yang tentunya disertai dengan dukungan bantuan terbaik yang kalian dapatkan. Tenang, kami juga menyediakan jasa VPS yang bisa kalian cek.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Manfaat Menggunakan Google Analytics Bagi Bisnis
Artikel
Manfaat Menggunakan Google Analytics Bagi Bisnis
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Agar kalian makin mantap menggunakan Google Analytics, baca yuk tentang Manfaat Menggunakan Google Analytics Bagi Bisnis
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like