Manakah yang Lebih Baik: Domain .XYZ atau .Online?

Manakah yang Lebih Baik: Domain .XYZ atau .Online?

Sharing is caring!

Apakah kalian pernah merasa gundah serta bingung setelah membaca semua tips membeli domain disebabkan banyak sekali ekstensi domain bertebaran? Okay, pada kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang ekstensi domain .XYZ dan domain .Online. Bingung mau pilih yang mana? Simak dulu ya artikel tentang Manakah yang Lebih Baik: Domain .XYZ atau .Online?

Apa Itu Domain .XYZ?

Domain XYZ adalah nama domain yang diciptakan oleh Daniel Negari dan mulai tersedia untuk publik pada Juni 2014 lalu. Domain ini dibuat sebagai alternatif pengganti dari .COM. Sebabnya adalah ia beranggapan bahwa .COM itu adalah domain yang sudah terlanjur diasosiasikan dengan generasi zaman old saat internet pertama kali muncul. 

Daniel merasa bahwa generasi muda dan inovatif zaman now haruslah memiliki domain pendek khasnya sendiri. 

Kelebihan dan Kekurangan Domain .XYZ

Saat membeli domain, seseorang tentu mempertimbangkan berbagai hal termasuk kelebihan dan kekurangannya. 

Kelebihan Domain .XYZ

Saat memilih domain .XYZ, berikut kelebihan yang bisa kalian dapatkan:

1. Sudah Terindeks Google

Dahulu, kalian akan dialihkan ke halaman pencarian Google saat membuka website dengan ekstensi .XYZ. Untungnya, sekarang kalian bisa segera mengakses website apapun dengan ekstensi domain tersebut di mesin pencari Google. Hal tersebut dikarenakan ekstensi ini sudah terindeks Google.

2. Harga Relatif Terjangkau

Harganya relatif terjangkau dibandingkan dengan ekstensi domain yang sudah populer. Harga terjangkau tidak hanya bisa didapatkan saat registrasi awal tetapi juga saat perpanjangan.

Tidak bisa kita pungkiri jika harga murah mampu menjadi daya tarik sehingga akan semakin banyak orang yang berminat membeli domain ini.

3. Pilihan Nama Domain Sesuai Keinginan

Popularitas domain dengan ekstensi .COM dan .NET mengurangi kesempatan kalian untuk mendapatkan nama domain yang diinginkan. Jauh sebelum kalian berencana membeli nama domain tersebut, ada manusia di belahan dunia lain sudah membeli nama domain yang kalian mau.

Hal tersebut berbeda dengan nama domain yang berekstensi .XYZ yang masih banyak tersedia. Kalian bisa memilih nama domain yang sesuai keinginan. Saat hendak membeli nama domain yang cocok untuk website bisnis milik kalian, coba gunakan domain name generator agar mendapatkan berbagai nama domain yang menarik dan unik. 

4 .XYZ Mudah Diingat

Kelebihan selanjutnya domain .XYZ adalah ekstensi ini mudah diingat. Tampaknya hampir tidak mungkin orang akan lupa nama domain karena .XYZ hanya terdiri dari tiga huruf terakhir di alfabet. 

Apalagi jika kalian memilih nama domain atau website yang pendek. Hal ini akan meningkatkan peluang agar website kalian semakin mudah diingat oleh pengunjung.

5. Melindungi Brand

Domain .XYZ hadir dengan berbagai kelebihan termasuk melindungi brand. Meningkatnya pengguna ekstensi .XYZ di seluruh dunia membuat perusahaan-perusahaan ternama juga pada akhirnya menggunakan ekstensi domain satu ini. 

Selain menjangkau level awareness pengunjung, ekstensi .XYZ juga mampu melindungi brand supaya tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

6. Super Kreatif

Kelebihan lain dari Domain .XYZ yang belum diketahui oleh banyak orang adalah super kreatif. Ekstensi domain ini tidak memberikan batasan dalam penggunaannya. Dengan kata lain, kalian bisa menggunakan domain dengan ekstensi .XYZ untuk website yang kreatif dan positif. 

Tak hanya itu, domain ini juga bisa menjadi ciri khas bagi kalian yang selalu berpikir out of the box dalam berbagai kegiatan terutama bisnis.

7. Bisa Digunakan Oleh Siapa Saja

Selain itu, Domain .XYZ juga memiliki kelebihan yang mana bisa digunakan oleh siapa saja tanpa ada batasan. Artinya, setiap orang dan organisasi bisa memilih ekstensi .XYZ untuk website yang hendak mereka bangun. Tertarik untuk mencoba? 

8. SEO-friendly

SEO atau Search Engine Optimization merupakan upaya yang dilakukan agar website berada di halaman pencarian Google. Tujuannya adalah agar website mendapatkan ranking tinggi sehingga akan semakin mudah ditemukan oleh pengguna internet.

Selain sudah terindeks Google, Domain .XYZ juga ramah SEO, yang berarti bahwa penggunaan ekstensi tersebut akan turut membantu upaya optimasi yang kalian lakukan.

Kekurangan Domain XYZ

Tentu ada juga kekurangan dalam penggunaan ekstensi domain .XYZ. Akan tetapi, kekurangan dari ekstensi domain satu ini tidak akan mengurangi nilai dari website yang kalian jalankan.

1. Nama Domain yang Masih Asing

Ekstensi .XYZ masih relatif jarang ditemukan di Indonesia bahkan di seluruh penjuru dunia. Alhasil, hal tersebut akan memberikan tantangan tersendiri bagi para penggunanya.

2. Kurang Responsif

Kelemahan ekstensi .XYZ selanjutnya adalah kurang responsif saat diakses melalui perangkat mobile.

Pengguna internet saat ini lebih sering menggunakan perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet saat mengakses website. Responsibilitas website menjadi hal penting yang menjadi pertimbangan saat membangun website.

3. Berpotensi Terjadi Tindakan Ilegal

Pertanyaan tersebut belakangan ramai didiskusikan di dunia maya setelah adanya laporan dugaan penipuan online oleh domain berakhiran .xyz Swagbuck.

Laporan tersebut berawal dari cuitan warganet pada 17 Januari 2022 tentang situs Swagbuck.xyz dan Swagbuckssn.xyz yang mengimingi-imingi komisi bagi pengguna seperti layaknya penipuan online.

Akses yang dapat dimiliki siapapun karena murah dan tidak terbatas wilayah,  membuat domain XYZ berpotensi menjadi tempat seseorang atau kelompok tertentu untuk berbuat kejahatan online (cyber crime).

Apa Itu Domain Online?

Yups .online merupakan salah satu domain yang dapat kalian temui di situs-situs hosting provider. Domain .online ini merupakan salah satu TLD (top level domain) yang digunakan lebih dari 128 negara.

Perkembangan Domain .Online

Domain .online ini juga tersebar di berbagai belahan dunia, salah satu pengguna yang paling banyak adalah China dengan presentase 42%. Selain itu, .online juga dikenali lebih dari 24 bahasa sehingga website dengan domain ini familiar dan mudah dikenali.

Domain ini juga dikenal ramah di lebih dari 41.000 situs mobile serta memiliki lebih dari 663.000 website yang menggunakan domain .online.

Mengapa .Online?

Kata “online” dipahami oleh semua orang di dunia sehingga menjadikan .online sebagai ekstensi domain global yang sangat sesuai dengan berbagai bisnis di semua industri.

.Online adalah domain yang serbaguna. .Online adalah ekstensi domain yang paling cocok untuk semua jenis situs, bisnis, dan proyek pribadi. .Online juga bersifat intuitif. .Online bersifat instingtif bagi semua entitas yang “online” atau eksis di Internet.

1. Cocok Digunakan untuk Bisnis

Masih ingat kan kalau domain ini juga dikenal lebih dari 24 bahasa? Nah, dengan dikenalnya ini, tentu akan lebih memudahkan bagi rekan-rekan pebisnis yang ingin memulai website dan bingung akan mengggunakan domain yang mana bisa coba mulai untuk memikirkan menggunakan domain ini, lho. 

Domain .online ini juga sangat cocok bagi perusahaan, start up, personal profiles hingga blog. Domain ini juga bisa digunakan untuk membangun universal brand yang mudah dikenali khalayak.

Jadi, gimana? Sudah ada pertimbangan untuk menggunakan domain .XYZ atau domain .online ini? Yuk, segera daftarkan alamat domain kalian di sini! Klik link berikut untuk informasi pemesanan nama domain: Domain Murah

Oia, kenalan yuk sama Aplikasi Ujian Online milik Jetorbit, Ujione! Berbasis Cloud Pertama di Indonesia! Jadi, bisa melaksanakan ulangan harian, quiz, ujian akhir, dan tugas bisa dari aplikasi Android, IOS, dan juga web. Kalian tidak perlu menyiapkan perangkat server/hosting lagi, lho. Pokoknya dijamin mudah! 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Manakah yang Lebih Baik: Domain .XYZ atau .Online?
Artikel
Manakah yang Lebih Baik: Domain .XYZ atau .Online?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Domain .XYZ dan domain .Online. Bingung mau pilih yang mana? Simak dulu ya sampai tuntas Manakah yang Lebih Baik: Domain .XYZ atau .Online?
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like