Macam-macam Layanan Internet Beserta Penjelasan dan Fungsinya

Macam-macam Layanan Internet  Beserta Penjelasan dan Fungsinya

Sharing is caring!

Internet sekarang ini sudah mudah didapatkan. Berbagai pekerjaan bahkan kebutuhan dapat dengan mudah diselesaikan melalui internet. Internet saat ini pun merupakan kebutuhan pokok yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari yang haus informasi. Yuk baca Macam-macam Layanan Internet Beserta Penjelasan dan Fungsinya sampai selesai.

Di bawah ini merupakan macam-macam layanan yang ada di internet, di antaranya:

  • Email (electronic mail)

Layanan internet ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia maupun dunia. Alamat e-mail saat ini layaknya menjadi identitas pribadi karena dengan email kita dapat saling mengirim surat dengan cepat.

Layanan internet berupa email ini banyak sekali macamnya, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Email yang gratis ada Yahoo, Gmail, dan Hotmail.

  • E-Commerce

E-Commerce merupakan layanan internet yang digunakan untuk kepentingan ekonomi. Toko online merupakan salah satu contoh dari layanan e-commerce. Layanan ini memudahkan kita sebab kita tidak perlu pergi ke toko untuk berbelanja.  Kita cukup membeli barang secara online.

  • E-Learning

Layanan internet ini merupakan sistem pembelajaran elektronik yang mana peserta didik dan guru tidak bertatap muka secara langsung melainkan menggunakan komputer sebagai perantara.

  • E-Banking

Dengan adanya E-Banking proses transfer uang yang Anda lakukan bisa berjalan dengan cepat. Saat ini sudah banyak Bank yang menyediakan layanan ini, sehingga para pengguna Bank tersebut tidak perlu pergi ke ATM untuk melakukan transfer uang. Bahkan beberapa bank sudah merambah ke dunia mobile, sehingga kegiatan transfer uang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

  • Milist (Mailing List)

Milist adalah layanan yang digunakan untuk berdiskusi dalam suatu komunitas atau organisasi. Setiap anggona milist dapat membaca surat dari anggota lainnya yang berada dalam lingkaran grup diskusi. Setiap anggota berhak membalas surat atau tidak. Jika ada salah satu anggota yang membalas pesan maka semua anggota yang berada di dalam grup akan mendapat balasan pesan. Setiap orang dapat berlangganan atau berhenti berlangganan di dalam Milist.

  • Voic Over Internet Protocol (VOIP)

VOIP memungkinkan kita untuk berbicara melalui telepon dengan biaya gratis. VOIP hanya membutuhkan koneksi internet sehingga tidak perlu menggunakan pulsa.

  • E-Goverment

E-Goverment merupakan bentuk pelayanan pemerintah terhadap masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ada 2 model penyampaian utama, yaitu Goverment to Citizen / Goverment to Customer (G2C) dan Goverment to Goverment (G2G). E-Goverment diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam mengakses informasi.

  • Internet Relay Chat (IRC)

IRC atau layanan chatting adalah salah suatu teknologi yang mana setiap orang dapat berinteraksi dengan orang lain yang jaraknya jauh. Anda dapat berkenalan dengan orang baru dan memperbanyak teman atau relasi dengan teknologi ini. Anda pun dapat melihat wajah lawan bicara jika komputer Anda atau orang terkait dilengkapi dengan WebCam.

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.5 / 5. Jumlah rate 10

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like