7 Kelebihan VPS Hosting yang Wajib Kalian Ketahui Sebelum Membeli

Siapa nih yang ada rencana menggunakan Virtual Private Server (VPS) untuk kebutuhan IT di perusahaan? Atau, kalian ingin beralih dari shared hosting ke VPS karena membutuhkan jaringan yang lebih private? Wait, kalian perlu mempertimbangkan dulu mengenai kelebihan VPS sebelum menggunakan layanan ini. Tak usah lama-lama, langsung simak ya 7 Kelebihan VPS Hosting yang Wajib Kalian Ketahui Sebelum Membeli

Deretan Kelebihan VPS yang Bisa Diandalkan

Mari kita mulai dengan membahas berbagai kelebihan VPS yang bisa diandalkan untuk kebutuhan IT perusahaan kalian.

1. Memiliki Performa yang Bagus dan Stabil 

VPS memang digunakan secara pribadi dan memiliki server fisik khusus yang mumpuni maka website tidak akan mudah down. Selain itu, website terjamin punya performa dan kinerja yang bagus serta stabil bahkan saat terjadi lonjakan trafik sekalipun.

Selain itu, VPS juga dilengkapi dengan beberapa server cadangan sehingga performa VPS akan tetap stabil meski server induk atau server fisik sedang menghadapi load yang menumpuk.

Beberapa fitur dan layanan VPS yang dapat digunakan secara privat adalah memory dengan kapasitas 1GB-8GB, CPU, dedicated IP, 20GB-160GB SSD, bandwidth 100Mbps, dan juga SSL

2. Memiliki Berbagai Fungsi

FYI, VPS juga dilengkapi dengan fitur yang lengkap sehingga memiliki fungsi sangat beragam. Selain dari sisi kepopuleran, perbedaan dengan hosting lain, salah satunya antara Shared Hosting vs VPS, yaitu dari sisi harganya. Sebagian besar punggawa website lebih memilih berlangganan Shared Hosting karena menawarkan biaya berlangganan lebih terjangkau.

Fungsi VPS yaitu untuk remote desktop, VPN, server percobaan, penyimpanan file hosting, private backup, menampung trafik tinggi, hingga menyediakan web hosting dalam skala kecil.

3. Memiliki Harga yang Terjangkau 

Kelebihan selanjutnya adalah memiliki biaya berlangganan yang sangat ekonomis. 

Harga berlanggan bulanan yang terjangkau pada VPS disebabkan karena VPS termasuk jenis layanan hosting self-managed. Artinya, pelanggan harus melakukan pengaturan dan konfigurasi setting VPS sendiri.

4. Kapasitas Server yang Sangat Mumpuni

Salah satu keunggulan sekaligus nilai tambah dari VPS jika dibandingkan dengan jenis hosting lainnya yaitu memiliki kapasitas server yang fleksibel. Fleksibilitas server VPS diakibatkan karena fitur dan layanan server yang digunakan secara pribadi. Sehingga masing-masing pengguna dapat melakukan penambahan serta pengurangan kapasitas server sendiri.

Proses penambahan kapasitas (upgrade dan scaling) server pada VPS dapat dikerjakan melalui dua pilihan, yakni vertical scaling dan horizontal scaling.

Horizontal Scaling adalah sebuah proses upgrade kapasitas server pada sisi kapasitas layanan. Horizontal Scaling pada VPS biasanya dilakukan pada bagian penyimpanan file penting, hosting email, database, atau Plesk Hosting dan cPanel Hosting. 

Sedangkan Vertical Scaling sangat identik dengan proses upgrade kapasitas server pada bagian hard disk, RAM, dan operating system.

5. Kemudahan Kustomisasi Server

Dikarenakan VPS menyajikan jenis layanan self-managed dan digunakan secara pribadi maka pengguna dapat melakukan kustomisasi server secara bebas, mudah, dan cepat.

Pilihan kustomisasi server yang ditawarkan oleh VPS ada bermacam-macam, mulai dari pemilihan jenis VPS (KVM [Kernel-based Virtual Machine], OpenVZ, Microsoft Hyper V, atau HVM [Hardware Virtual Machine]) hingga pemilihan panel (VestaC, cPanel, Plesk, Webuzo, atau lainnya). 

Namun, kalian harus punya keahlian teknis mengenai seluk beluk dan setting VPS sebelum memutuskan untuk melakukan kustomisasi server. Karena kustomisasi server sejatinya hal yang sedikit rumit dan akan susah dilakukan oleh orang yang masih awam terhadap dunia hosting.

6. Memiliki Tingkat Keamanan Berlipat Ganda 

Kalian sudah tahukah bahwa saat website kalian sedang online maupun offline, VPS tetap melakukan perlindungan menyeluruh terhadap ancaman malware, virus, dan lainnya? Makanya VPS sering disebut memiliki sistem keamanan yang berlipat ganda. 

Selain itu, VPS juga menjamin keamanan dan kerahasiaan data yang berbentuk fisik maupun virtual. Keamanan data pada VPS dapat dipengaruhi oleh sistem operasi yang digunakan (Windows atau Linux). Perbedaan VPS Windows dan VPS Linux dalam segi keamanan tercermin dari sisi konfigurasi yang digunakan.

7. Privasi Tetap Terjaga

Kelebihan VPS ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Selain mengamankan data dari serangan siber, VPS juga memungkinkan agar tidak ada pengguna lain yang bisa mengaksesnya. Kalian pun tidak perlu khawatir jika ada pengguna VPS lain yang tidak sengaja membuka file yang tersimpan di dalamnya.

Kekurangan VPS yang Harus Kalian Pertimbangkan

Ada beberapa kekurangan VPS yang perlu menjadi pertimbangan kalian. Apa saja?

1. Harus Memiliki Skill IT

Sekilas dijelaskan sebelumnya bahwa pengguna VPS harus memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai server dan IT. Pasalnya, kalian harus mengoperasikan dan melakukan kustomisasi VPS dengan tepat agar kinerja aplikasi dan website tetap mumpuni. Kekurangan ini bisa diatasi dengan merekrut beberapa orang untuk mengelola VPS perusahaan kalian.

2. Biaya Lebih Tinggi daripada Shared Hosting

VPS memang punya biaya berlangganan yang lebih tinggi dibanding shared hosting. Namun, biaya tersebut sepadan dengan tingkat privasi yang lebih eksklusif dan fitur yang sangat lengkap. 

Pilih VPS Mu Sekarang Juga! 

Setelah mengenal VPS artikel di atas, kiranya kalian sudah memiliki gambaran terkait kelebihan dan kekurangan VPS.

Melalui artikel di atas, kalian juga dapat merefleksikan pada diri sendiri, apakah kalian memang sudah membutuhkan VPS?

Jika sudah yakin untuk menggunakan VPS, silakan kalian bisa segera menghubungi Jetorbit untuk mendapatkan VPS murah berteknologi terkini dengan pelayanan dan harga terbaik.

Jadi, tunggu apa lagi?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment