intip iklan kompetitor

Dalam berbisnis, kalian perlu jeli mengamati gerak-gerik kompetitor. Facebook Ads Library bisa jadi cara ampuh memata-matai kompetitor. Lantas, apa itu Facebook Ads Library dan bagaimana cara menggunakannya? Simak sampai tuntas ya Intip Iklan Kompetitor? Bisa! Yuk Gunakan Facebook Ads Library

Apa Itu Facebook Ads Library?

Facebook ads library adalah fitur gratis milik Facebook atau Meta yang menampilkan semua iklan yang tayang, baik pada Facebook, Instagram, Messenger hingga Audience Network.

Pada Fb ads library, kalian dapat melihat semua iklan yang sedang tayang, lengkap dengan tanggal penayangan, platform yang digunakan, gambar sampai copywriting yang digunakan.

Ada dua jenis iklan yang terdapat di Facebook ads library, yaitu iklan umum seperti pemasaran produk serta iklan pemilu atau politik. Nah, kalian hanya bisa melihat iklan umum yang masih aktif. Sedangkan iklan politik tetap bisa dilihat meski statusnya sudah tidak aktif.

Dengan sistem yang transparan dan gratis, FB ads library bisa diakses siapapun di internet meski tak punya akun Facebook. Nah, inilah kenapa bisa dimanfaatkan untuk mengintip iklan milik kompetitor.

Fungsi Facebook Ads Library

Berikut ini beberapa fungsi Facebook ads library:

Untuk mendapati referensi iklan

Kita pasti perlu melakukan riset untuk mencari referensi ya saat akan melakukan sesuatu. Iklan juga sama, kamu bisa melihat referensi dari iklan yang sudah tayang.

Dengan Fb ads library, kalian bisa mendapatkan referensi iklan dari kompetitor brand kalian. Mulai dari gaya bahasa yang digunakan, platform, dan yang lainnya. Oia, jangan lupa juga untuk memberikan hal unik dan sedikit berbeda dari kompetitor agar membuat pelanggan tertarik.

Menyusun strategi bisnis

Dengan melihat gaya iklan yang dibuat kompetitor bisa membuat kalian mengenali strategi yang sedang dilakukan. Jika campaign iklan mereka berhasil maka kalian bisa ikuti jejak strategi tersebut.

Nah, jika gagal maka kalian bisa menyusun strategi bisnis dan buat iklan yang lebih baik lagi sehingga peluang keberhasilannya akan lebih besar.

Hal yang Diperhatikan dalam Riset Iklan Kompetitor

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika meriset iklan milik kompetitor menggunakan Fb ads library:

Pilih iklan yang masih aktif

Poin pertama adalah melihat iklan yang masih aktif. Kebanyakan iklan yang masih aktif apalagi dalam waktu penayangan yang lama artinya dapat menghasilkan konversi produk. Sedangkan iklan yang kurang berhasil cenderung akan ditutup oleh advertiser.

Tanggal penayangan iklan

Selanjutnya adalah melihat tanggal pertama kali penayangan iklan. Pastikan kalian melihat contoh iklan kompetitor dengan penayangan yang terbilang masih baru sebab hal ini akan berkaitan dengan trend.

Selain itu, tanggal penayangan juga bisa menghindarkan persaingan bisnis. Misalnya kompetitor A membuat iklan diskon pada waktu tertentu. Jika kalian akan melakukan campaign bisnis yang sama, silakan atur ulang strategi bisnis kalian.

Caranya adalah memundurkan jadwal campaign agar tidak bersaing pada waktu yang bersamaan dan berpengaruh pada penjualan produk kalian.

Jenis dan platform iklan

Poin selanjutnya yaitu melihat jenis dan platform yang digunakan. Kalian bisa melihat jenis atau format iklan yang dibuat kompetitor, apakah dalam bentuk gambar, video atau yang lain.

Selain formatnya, silakan lihat juga platform yang digunakan. Sebab, tak semua format iklan pas digunakan pada semua jenis platform.

Visual iklan

Setelah melihat format iklan pada Fb ads library, poin selanjutnya adalah visual. Visual dari iklan biasanya menggambarkan citra brand tersebut.

Ada beberapa jenis visual yang sering digunakan, seperti meme, foto before-after hingga gambar produk dengan detail yang jelas. Pola visual yang digunakan pada iklan kompetitor bisa dijadikan referensi dan ajang untuk terus memperbaiki cara membuat visual iklan.

Copywriting

Langkah selanjutnya adalah cek copywriting yang digunakan pada iklan tersebut. Copywriting merupakan salah satu hal penting dalam sebuah iklan.

Ada beberapa komponen pada copywriting, seperti headline, deskripsi dan dilengkapi tombol CTA. Saat meriset copywriting pada Facebook ads library, perhatikan penggunaan bahasa, frasa serta kalimat persuasif yang bertujuan mengajak pelanggan.

Cara Menggunakan Facebook Ads Library

Berikut cara menggunakan Facebook ads library:

Pertama buka situs Fb ads library lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Kalian bisa login akun Facebook dulu atau langsung menggunakan fiturnya.

facebook ads library

Pilih lokasi target iklan

Setelah itu pilih lokasi negara yang akan ditargetkan, contohnya Indonesia. Kalian juga bisa menuliskan nama negaranya pada kolom pencarian berikut.

facebook ads library

Pilih kategori iklan

Kalian dapat memilih kategori semua iklan atau kategori isu, politik, dan pemilu.

intip iklan kompetitor

Filter iklan berdasarkan kata kunci

Jika sudah, kalian bisa langsung memfilter iklan berdasarkan kata kunci iklan yang akan dibuat. Contohnya di sini adalah iklan jasa pembuatan website.

iklan kompetitor

Pilih iklan berdasarkan pengiklan

Pada Facebook ads library terdapat fitur filter, pada fitur tersebut ada beberapa bagian, yang pertama adalah filter berdasarkan pengiklan. Kalian bisa memilih kompetitor mana saja yang ingin dilihat iklannya.

Pilih platform iklan

Bagian kedua adalah platform. Kalian bisa memilih untuk semua platform, hanya Instagram, Facebook, Messenger atau Audience Network.

iklan kompetitor

Filter iklan berdasarkan jenis media

Setelah memilih platform lalu terdapat filter berdasarkan jenis media yang digunakan pada iklan. Ada beberapa media yang biasa digunakan, seperti meme, gambar, teks, video hingga gabungan dari beberapa media tersebut.

jenis media

Filter iklan berdasarkan status aktif

Selanjutnya kalian bisa memfilter iklan sesuai statusnya, apakah hanya ingin melihat iklan yang aktif atau beserta yang sudah tidak aktif.

filter iklan

Pilih iklan berdasarkan tanggal penayangan

Nah, bagian terakhir yang bisa difilter adalah tanggal penayangannya. Jika sudah disesuaikan semuanya, silakan klik Terapkan filter untuk menampilkan hasilnya.

tanggal penayangan

Bandingkan iklan kompetitor

Setelah filter diterapkan maka muncul tampilan seperti berikut. Hasil iklan di bawah ini sudah disesuaikan berdasarkan setting filter sebelumnya. Mulai dari status iklan hingga tanggal.

iklan kompetitor

Strategi Menggunakan Facebook Ads Library

Berikut ini strategi menggunakan Facebook Ads Library, simak ya!

1. Kumpulkan Inspirasi

Ketika kalian menemukan kebuntuan dalam merancang iklan, silakan coba mengunjungi Ads Library. Kalian bisa menemukan banyak sekali iklan yang sedang aktif maupun yang sudah tidak aktif.

Kalian bisa melihat detail iklannya, mulai dari gambar, tulisan, hingga target audiens. Carilah iklan yang relevan dengan bisnis kalian dan cobalah kembangkan menjadi ide baru.

2. Perhatikan Iklan yang Sukses

Jika melihat pesaing kalian mengalami peningkatan penjualan yang signifikan selama Ramadan maka cobalah lihat bagaimana iklan mereka selama bulan Ramadan.

Kalian bisa menganalisis bagaimana penulisan iklannya, grafis yang digunakan, platform, dan cara mereka menjangkau audiens. Kalian bisa mengembangkannya untuk menyempurnakan iklan kalian sendiri.

3. Dapatkan Klien

Jika memiliki bisnis yang bergerak dalam jasa pembuatan iklan dan pengelolaan media sosial, kalian bisa menggunakan Facebook Ads Library untuk meyakinkan calon klien.

Kalian bisa menunjukkan bagaimana pesaing calon klien kalian bekerja. Kalian bisa menjadikannya sebagai bahan untuk memperkuat argumentasi kalian. Dengan begitu, kalian bisa meyakinkan calon klien untuk menggunakan jasa kalian.

Okay, jadi itulah beberapa penjelasan tentang Facebook Ads Library yang memiliki banyak kegunaan untuk bisnis. Yuk, coba gunakan fiturnya dan tingkatkan iklan kalian!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment