20+ Ide Brilian untuk Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Mau tahu ada cara apa saja untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis kalian? Penting loh untuk kalian ketahui karena kalian kan tidak hanya mengutamakan konten hard selling. Okay deh, tak perlu pakai lama, langsung simak saja yuk tentang 20+ Ide Brilian untuk Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda 

22 Cara Meningkatkan Brand Awareness

Berikut ini ada 22 poin yang bisa diterapkan agar bisa meningkatkan brand awareness bisnis kalian: 

  1. Lakukan Pendekatan Secara Personal Terhadap Audiens

Merasa dihargai karena kalian bersedia memahami lebih dalam khususnya pada apa yang mereka sukai. Perlakuan yang sama pun berlaku dalam hubungan antara vendor dengan audiensnya.

Oleh karena itu, kalian harus mampu mengenal seperti apa karakteristik target audiens bisnismu. Dari situlah kalian akan jadi lebih mudah untuk menentukan konten seperti apa yang tepat sesuai dengan apa yang mereka mau. 

  1. Aktif Bersosialisasi

Tak mengherankan bahwa pada umumnya seseorang akan langsung skip jika melihat iklan. 

Itulah mengapa dalam meningkatkan brand awareness, kalian wajib memperlakukan audiens sebagai manusia, bukan sekedar komoditas bisnis. Caranya adalah dengan rajin bersosialisasi melalui konten-konten yang kalian berikan, tak hanya soal berjualan saja tapi juga bersifat edukatif maupun menghibur.

Selain itu, dapat juga membangun interaksi dengan aktif merespon tiap komentar yang audiens berikan dalam kolom komentar. 

  1. Berikan Audiens Cerita

Story telling merupakan salah satu aspek yang menentukan menarik tidaknya suatu konten bagi audiens. 

Lalu, apa yang menjadi tanda bahwa konten kalian sudah bisa membawakan cerita dengan baik dalam cara meningkatkan brand awareness

Jawabannya adalah pada seberapa kuat pesan-pesan yang disampaikan dapat menggugah emosi audiens. Seolah-olah mereka merasakan situasi dan kondisi yang kalian gambarkan dalam konten tersebut. 

  1. Mempermudah Akses untuk Audiens Membagikan Konten

Apapun format konten yang dihidangkan pada audiens berbentuk tulisan atau video dan jangan lupa permudah akses untuk membagikannya, ya. 

Semakin banyak jalur aksesnya melalui berbagai jenis media sosial, whatsapp, dan lain-lain, maka semakin baik. Opsi audiens jadi lebih beraneka ragam mengakomodasi platform apa yang mereka suka

Harapannya adalah dengan semakin sering konten kalian muncul di berbagai platform yang dapat dilihat, maka semakin banyak orang terutama para kenalan orang yang membagikan konten. 

  1. Menjadi Penulis Tamu Dalam Website Tertentu

Jika ingin memperluas nama bisnis kalian yang tidak butuh banyak biaya tapi cukup efektif, kalian bisa menjadi penulis tamu dari website yang sekiranya mengangkat pembahasan yang masih relevan dengan konten kalian. 

Apalagi jika website yang mewadahi cukup populer maka semakin tinggi peluang konten tersebut terekspos semakin luas. Nah, untuk bisa melakukan hal seperti ini, kalian perlu menjalin hubungan yang baik dengan sesama pemilik website. 

  1. Menawarkan Produk Freemium

Sistem freemium merupakan cara meningkatkan brand awareness yang mana kalian memberikan jangka waktu bagi audiens mencicipi produk jualan kalian secara gratis. Penerapan seperti ini biasanya terdapat pada produk-produk digital, seperti aplikasi, antivirus, dan masih banyak lainnya.

Hal ini bertujuan untuk memupuk rasa percaya konsumen dengan membuktikan bahwa produk kalian memang layak dibeli. 

Dalam masa percobaan cuma-cuma, kalian dapat promosi brand dengan mencantumkan watermark nama atau logo bisnis kalian. 

  1. Mengadakan atau Bergabung Dalam Event Bersponsor

Jika menghadiri suatu acara berskala besar seperti konser, bazaar, pertandingan olahraga, tentu melihat banyak nama brand terpampang. 

Bagi penyelenggara acara, adanya brand sangat membantu untuk pendanaan. Sedangkan bagi perusahaan yang mensponsori, acara tersebut dapat mereka manfaatkan sebagai cara meningkatkan brand awareness

Jika kalian konsisten terlibat sebagai sponsor dalam acara-acara besar atau bergengsi, audiens lama-kelamaan akan mengidentikkan kalian dengan acara yang bagus sehingga brand kalian tampak sangat bonafit. 

  1. Berikan Brand Kalian Kepribadian

Cara meningkatkan brand awareness melalui interaksi dapat terjalin jika kalian memberikan kepribadian pada nama brand

Contohnya dapat dilihat pada perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan event dengan nama Ngalup. Dalam setiap konten website, media sosial, dan email marketingnya, mereka menyebut audiens dengan istilah sohibul ngalup. Selain itu mereka juga memakai nama minlup untuk menyebut diri sendiri. 

Persona tersebut memang cocok dengan karakter yang ingin mereka bentuk yaitu santai dan menyenangkan serasa tongkrongan anak-anak muda. 

  1. Berpromosi Lewat Podcast

Salah satu metode modern yang cukup terkenal dalam menyampaikan konten saat ini adalah dengan podcast. Satu orang pewawancara berhadapan dengan beberapa orang narasumber membahas berbagai macam topik. Namun prospeknya sebagai cara meningkatkan brand awareness begitu luar biasa.

Terbukti dari survei exploding topics yang menyatakan secara global ada 504,9 juta orang yang mendengarkan podcast. Jumlah yang setara dengan 23,5% total pemakai internet.

  1. Tekankan Nilai Edukasi yang Dapat Kalian Berikan di Luar Produk Kalian

Berdasarkan grafik batang dari hubspot, menunjukkan dengan jelas bahwa jenis konten yang disukai audiens general adalah yang mampu membuat mereka tertawa. Sedangkan konten pendidikan hanya berada di peringkat 4 dari 6 teratas daftar tipe konten yang paling mudah diingat oleh audiens. Meski demikian, bukan berarti konten yang memiliki nilai edukasi menjadi tidak penting. 

Audiens pasti membutuhkan sumber informasi yang tepercaya kompetensinya untuk membahas topik tertentu. Dengan begitu, topik yang awalnya terasa kompleks menjadi dapat dimengerti berkat uraian analisis dalam referensi yang mereka temukan. 

Audiens yang sudah paham bahwa informasi yang disampaikan itu memang valid maka kemungkinan besar mereka pasti akan kembali. Maka, silakan manfaatkan konten edukasi dari sisi inilah untuk meningkatkan brand awareness.  

  1. Jaga Relasi dengan Komunitas

Komunitas dalam lingkup cara meningkatkan brand awareness definisinya ada 2 jenis. Pertama, merupakan komunitas secara umum yang mana brand bisnis kalian sering terpampang dalam berbagai acara, mencakup acara komersial maupun yang bersifat amal.  

Kedua, komunitas dalam wilayah yang lebih sempit, yaitu mereka yang kurang lebih sudah cukup memahami tentang produk dan layanan bisnis kalian. Mereka bukan lagi konsumen awam sehingga kemungkinan besar akan lebih rewel sebab mereka sudah punya standar sendiri.  

  1. Menyediakan Hadiah Menarik Agar Konsumen Mau Mempromosikan Kalian di  Media Sosial

Anyway, media sosial bisa dimanfaatkan juga loh untuk membangun brand awareness melalui audiens kalian. Buatlah agar mereka bersedia tag nama brand kalian beserta nama beberapa orang kawan dalam status yang mereka buat melalui promo atau hadiah yang menarik.

Dalam skala yang lebih besar, kalian dapat mengadakan lomba membuat caption atau artikel mengenai pengalaman mereka saat membeli dari bisnis kalian. 

  1. Ikuti Tren Perkembangan yang Terjadi

Tren yang terjadi memang penting diikuti karena berkaitan dengan algoritma. Sistemlah yang akan lebih merekomendasikan topik yang sedang viral atau banyak audiens sedang mencarinya. Di sinilah kalian perlu menyelipkan apa yang sedang tren dalam konten supaya turut memperoleh bagian dari algoritma sebagai cara meningkatkan brand awareness

Nah, terkait algoritma terdapat 2 poin krusial yang wajib dipahami: 

  • Cermatlah dalam menganalisis tren karena tidak semuanya yang viral dapat cocok dimasukkan dalam konten.
  • Setiap platform memiliki algoritmanya sendiri sehingga sebaiknya pelajari dulu secara mendalam bagaimana cara kerja masing-masing. Dengan begitu, kalian dapat melakukan penyesuaian dengan tepat sesuai platform yang akan kalian masuki. 
  1. Memanfaatkan Iklan Berbayar

Cara meningkatkan brand awareness berbasis organik butuh waktu yang lama karena kalian bergantung sepenuhnya pada algoritma. 

Selain masalah tren, algoritma juga merekomendasikan konten kalian didasarkan pada faktor engagement yang masuk. Seberapa banyak orang yang sudah pernah share, berkomentar, maupun memberi likes

Tak usah khawatir karena dengan fitur iklan berbayar, kalian bisa lebih cepat menyebarluaskan brand.

Kalian tak lagi berharap pada algoritma karena kini dengan fitur berikut, kalian memperoleh akses “mengendalikan” algoritma. Fitur yang memungkinkan konten kalian tetap tersebar meski engagement masih tergolong kecil. 

  1. Menjalin Kongsi dengan Brand Lain

Kalian tidak perlu pusing-pusing sendiri mengatur strategi promosi karena sudah ada partner yang akan membantu. 

Oleh karena itu, alangkah baiknya kalian bekerja sama dengan brand yang produknya saling melengkapi dengan produk kalian. 

  1. Buatlah Logo Brand yang Cocok

Logo merupakan simbol yang mewakili brand perusahaan. Audiens dapat tetap mengenal kalian tanpa perlu berpanjang lebar merangkai kata-kata. Logo yang dipilih wajib sesuai dengan karakter yang ingin dibangun dalam bisnismu supaya personanya semakin terasa kuat.   

  1. Menciptakan Slogan Pendek dan Menggelitik

Slogan sejenis “Just do it” dari brand Nike dapat diterapkan pada bisnis yang sedang dijalankan sebagai cara meningkatkan brand awareness. Memang sangat tidak mudah untuk membuat slogan dengan spesifikasi seperti itu. Selain menarik, harus sesingkat mungkin dan tidak lupa mampu memancarkan karakter bisnis dengan kuat.   

  1. Selalu Berusaha untuk Konsisten

Konsisten pada konteks cara meningkatkan brand awareness dapat dilakukan dengan cara: 

  • Menjaga apa yang selama ini menjadi ciri khas dalam brand kalian agar tetap terjaga, tidak sampai berubah. Sebagai contoh paling sederhananya adalah dari segi pemakaian warna. Sebanyak 81% audiens cenderung  lebih cepat mengingat warna dari logo dibanding nama perusahaan itu sendiri. Poin ini pun berlaku pada ciri khas yang ditampilkan dalam pembawaan dan isi konten kalian.
  • Selalu mengusahakan dapat mengunggah konten secara teratur. Algoritma media sosial maupun mesin pencari sama-sama lebih suka merekomendasikan  channel yang lebih stabil dalam pengunggahan konten.  
  1. Rutin Melakukan Evaluasi

Strategi promosi brand yang menurut kalian sudah bagus belum tentu memberikan hasil yang memuaskan.

Makanya, kalian perlu rutin mengevaluasi tingkat keberhasilan dan efektivitas strategi yang sudah dijalankan di lapangan. Harapannya, dengan strategi yang telah direvisi dapat semakin jitu untuk menarik lebih banyak audiens untuk berkunjung ke platform promosi kalian. 

  1. Terapkan Strategi SEO

Optimasi SEO menjadi komoditas penting di cara meningkatkan brand awareness jika platform promosi kalian melalui website dan berbentuk artikel. Dalam konten yang dibuat oleh kalian, pastikan sudah memenuhi beberapa persyaratan mendapatkan penilaian yang bagus dari SEO.

Penilaian SEO memiliki peran yang besar untuk memperbesar peluang website kalian tampil di halaman pertama mesin pencari. Website yang berhasil terpampang di situ akan berkesempatan diakses lebih banyak audiens.  

  1. Menggandeng Influencer

Perusahaan-perusahaan yang sudah punya nama besar sekalipun masih memakai jasa influencer untuk berpromosi, loh.

Alasannya karena secara umum influencer memiliki basis penggemar yang sifatnya lebih solid. Kesolidan ini tampak dari tingkat kepercayaan mereka yang lebih tinggi pada orang yang mereka idolakan. Dengan begitu, jika sang idola mempromosikan sesuatu, kemungkinan mereka akan tertarik juga lebih tinggi. 

  1. Menggandeng Pihak Media untuk Membantu Promosi

Selain influencer, pihak ketiga yang bisa diajak untuk meningkatkan brand awareness adalah pihak media. Di sini kalian memakai jasa mereka untuk bersedia mengulas tentang bisnis kalian dalam berita yang mereka tulis. 

Yuk Bangun Brand Awareness Kalian Sekarang dengan Website!

Kalian bisa membuat website dalam hitungan menit! Dimulai dari pilih hosting sampai memilih nama domain. Semuanya mudah dan simpel bersama Jetorbit!

Yuk awali langkah kaluian menuju kepopuleran digital sekarang juga. Kunjungi Jetorbit dan buat website kalian sesuai keinginan kalian dengan mudah.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment