bisnis-online-tanpa-uang

Hal hebat terkait memulai bisnis online adalah lebih terjangkau dan sebagian besar dapat dimulai dari rumah, bahkan tanpa uang atau modal. Baiklah, ketahui lebih lanjut yuk dengan baca Ide Bisnis Online yang Bisa Dimulai Tanpa Uang sampai selesai.

Selain memastikan kalian telah terdaftar sebagai entitas bisnis, hal penting selanjutnya yang kalian butuhkan adalah koneksi internet yang bagus dan beberapa follow up yang baik.

Mudah-mudahan, salah satu ide yang tercantum di bawah ini akan berhasil dan menarik minat kalian untuk memulai bisnis hebat kalian!

Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal

Freelance Writer (Penulis lepas)

Tidaklah mengherankan jika seorang penulis lepas terdapat di daftar bisnis online yang dapat kalian mulai, apalagi dengan meningkatnya pemasaran konten.

Untuk memulai karir kalian, kalian bisa membuat profil di situs freelance populer, seperti Upwork dan Freelancer dan mulailah membangun portofolio kalian. Situs juga penting karena orang ingin melihat tulisan kalian yang disusun di satu tempat sehingga mereka dapat memahami gaya kalian, topik yang kalian liput, dan tentu saja kepribadian kalian.

Selain menjadi penulis yang hebat dan editor yang baik, jika kalian benar-benar ingin unggul sebagai penulis lepas, kalian juga harus menjadi penulis yang cukup cepat.

Konsultan Media Sosial

Apakah kalian memiliki bakat di bidang bersosialisasi? Jika kalian seorang penulis yang kreatif dan suka mengikuti tren media sosial terbaru, ini mungkin peluang yang tepat untuk kalian.

Banyak pemilik bisnis tidak memahami seluk-beluk menggunakan media sosial untuk membangun brand dan menumbuhkan pengikut online yang setia, bahkan tidak tahu sama sekali cara menggunakan media sosial. Dengan menawarkan keahlian kalian sebagai konsultan media sosial, kalian dapat membantu untuk menyusun rencana media sosial atau mengendalikan akun sosial media suatu brand atau bisnis secara langsung dan mempostingnya ke berbagai platform media sosial.

Desainer Web

Jika kalian tahu cara merancang situs, kalian tentunya memiliki basis klien yang berpotensi luas, termasuk pengembang situs dan sebagai pengusaha itu sendiri.

Jika kalian menyukai desain tetapi tidak memiliki pelatihan desain web formal, kalian bisa saja masuk ke industri dengan sedikit pendidikan informal dan portofolio yang baik. Faktanya, dalam industri ini, portofolio kalian akan menjadi segalanya! Oleh karena itu, pastikan hanya memamerkan karya terbaik kalian.

Desainer Grafis

Dalam nada yang sama sebagai perancang web, jika kalian memiliki keterampilan untuk merancang logo, paket brand, grafik media sosial, brosur, poster, dan materi lain yang sering diminta oleh perusahaan dan individu, ini adalah bisnis yang mungkin kalian sukai. Kalian harus memotivasi diri sendiri, memperhatikan detail, dan jelas dalam menetapkan ekspektasi.

Pada hari-hari awal sebelum kalian memiliki banyak klien, kalian mungkin ingin membangun portofolio dengan menawarkan layanan kalian di situs, seperti Fiverr dan Etsy.

Konsultan SEO

SEO adalah praktik mengoptimalkan halaman web, iklan, dan konten online lainnya sehingga lebih mudah untuk muncul di halaman pertama Google dan mesin pencari terkait.

Jika kalian berorientasi pada data dan paham internet, tentunya ini adalah peluang karir potensial yang baik untuk kalian. Pastikan kalian memang menguasai Google Analytics karena kemungkinan besar kalian akan menggunakannya berkali-kali.

Business Coach

Jika kalian memiliki bakat untuk membantu orang mencapai kesuksesan melalui coaching, kalian dapat menikmati pekerjaan semacam ini.

Kalian akan membantu orang menemukan kesuksesan dengan berfokus pada pengembangan pribadi. Ini mungkin termasuk menguasai manajemen waktu, mengakhiri penundaan, improving saat pengambilan keputusan, dan pada akhirnya membuat klien mengambil tindakan.

Kalian tidak akan memberikan nasihat, sebaliknya, kalian akan membantu orang untuk mengetahui cara melakukannya sendiri.

Pengembang Aplikasi

Mengingat aplikasi sekarang lebih populer daripada web seluler, masuk akal untuk mempertimbangkan bisnis online ini jika kalian memang memiliki keterampilan coding. Kalian dapat membuat aplikasi sendiri sebagai cara untuk menghasilkan uang atau menawarkan diri untuk membuat aplikasi untuk orang lain.

Online Retailer

Apakah ide mendirikan toko online bisa menarik minat kalian? Jika iya, maka ini bisa jadi peluang karena ini merupakan profesi yang semakin populer. 

Kalian bisa memulainya dengan cara mencari platform yang bisa membuat penjualan online menjadi mudah. Kalian dapat mempertimbangkan Shopify, BigCommerce, Wix, dan Weebly, meskipun tidak diragukan lagi mungkin ada banyak pilihan lain yang dapat kalian pilih.

Asisten Virtual

Ada sejumlah platform online yang memudahkan menjalankan bisnis ini, termasuk TaskRabbit, Zirtual, Upwork, PeoplePerHour, dan sebagainya.

Jika kalian sangat terorganisir dan dapat dengan cepat serta efisien dalam melakukan tugas, kalian mungkin ingin menggunakan keahlian kalian. Layanan yang mungkin kalian tawarkan, termasuk manajemen proyek, writing, menjalankan tugas, melakukan penelitian, dan sebagainya.

Artisan

Jika kalian dapat merajut, menjahit, mendesain grafik, mengubah kayu menjadi barang siap pakai, membuat perhiasan, mengecat, membuat produk kertas, dan sebagainya, kalian mungkin sedang berada pada peluang bisnis yang sempurna.

Jika kalian kreatif dan memiliki kemampuan untuk membuat barang buatan tangan dalam jumlah besar, kalian mungkin hanya ingin mengubah hobi menjadi sebuah bisnis.

Nah, itulah beberapa pilihan bisnis yang dapat kalian mulai tanpa mengeluarkan sepeser uang serta dapat dikerjakan di rumah. Gimana, menarik kan? Kalian sudah memulai bisnis tanpa modal berupa apa nih? Sharing yuk di kolom komentar 🙂

Kami punya kabar gembira nih untuk kalian. Bagi kalian yang tertarik untuk memulai bisnis online, bahkan memiliki UMKM, inilah saatnya UMKM naik kelas! Kalian bisa mulai dengan website UMKM gratis dari Jetorbit. Jetorbit bertekad membantu rekan UMKM untuk bisa memiliki website serta berjualan produk atau jasanya secara online.

Selain dari Marketplace, dengan memiliki website sendiri, kalian dengan mudah dapat mengatur website karena website adalah jati diri usaha kalian! Jadi, kalian tetap bisa jualan dari rumah!

Sedangkan bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami juga punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment