Bagaimana Menggunakan Pergeseran Budaya dengan Tepat dalam Pemasaran

Sharing is caring!

Pergeseran budaya yang cepat dan penyebaran teknologi media telah membuat banyak strategi pemasaran yang teruji. Pergeseran ini pun konstan. Di sisi lain, koneksi dunia melalui telekomunikasi membuat kita tentunya lebih sadar terkait manusia dan budaya. Poin-poin tersebut membuat pemasaran tidak dapat dipisahkan dari teknologi yang sangat erat kaitannya dengan budaya modern. Ketahui lebih detail yuk di Bagaimana Menggunakan Pergeseran Budaya dengan Tepat dalam Pemasaran

Bagaimana Bisnis Dapat Menghormati dan Menerapkan Perubahan Budaya Dalam Pemasaran

Mari kita bahas bersama terkait bagaimana bisnis kalian dapat menghormati dan menerapkan perubahan budaya dalam pemasaran melalui tanggung jawab sosial, pendengaran sosial, segmentasi, dan lain-lain.

Mengadvokasi inklusivitas, aksesibilitas, dan tanggung jawab sosial

Dengan semakin banyaknya generasi milenial yang memasuki dunia bisnis dan pasar saham, investasi yang bertanggung jawab secara sosial telah meningkat pesat di berbagai dunia. Jumlah ini terus mendapatkan daya tarik karena investor yang bertanggung jawab secara sosial mendapatkan lebih banyak kekuatan dan otoritas untuk menuntut transparansi yang lebih besar. Selanjutnya, pilihan yang lebih bertanggung jawab secara sosial dibuat di dalam perusahaan ketika harus membuat keputusan pemasaran dan periklanan.

Berlatih social listening untuk memahami audiens kalian

Perubahan besar yang sedang kita alami disebabkan oleh pandemi COVID-19. Terlepas dari pergerakan besar online, secara fundamental ini bisa mengubah cara kalian berkomunikasi sebagai tim kolektif, yang berdampak besar pada pengembangan strategi pemasaran pasca-pandemi untuk menyesuaikan bisnis kalian melalui dunia. Realitas ini akan membutuhkan pemahaman penuh tentang target audiens kalian terkait pasca-COVID.

Salah satu fenomena dari pandemi ini adalah karena perpindahan besar-besaran ke dunia maya sehingga peluang untuk menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dengan situs kalian lebih tinggi daripada sebelumnya.

Meskipun reaksi cepat terhadap tren atau masalah yang sedang naik daun biasanya menguntungkan, hal itu juga dapat merusak citra sebuah brand. Social listening tidak boleh digunakan tanpa pemikiran dan rencana. 

Ingat, budaya yang sangat terkait dengan citra brand kalian, mencerminkan budaya perusahaan kalian sendiri. Oleh karena itu, jika kalian mendapatkan manajemen lintas budaya sejak awal maka ini dapat diterjemahkan ke dalam penjualan dan kesuksesan secara keseluruhan di kemudian hari. 

Personalisasi konten melalui segmentasi pelanggan

Campaign media sosial sebagian besar harus diarahkan pada pembangunan komunitas daripada penjualan aktual semata. Di sisi lain, email advertising menampilkan dirinya sebagai channel yang sangat baik sambil menawarkan suasana komunitas.

Email marketing dapat menghasilkan keuntungan besar untuk investasi yang relatif kecil, terutama ketika dipasangkan dengan kemampuan untuk mempersonalisasi pesan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui social listening.

pergeseran-budaya-1

Hal lain yang perlu disinggung di sini adalah pentingnya segmentasi audiens.

Layanan email marketing dapat menjadi alat yang sangat baik untuk pemasaran langsung jenis ini, dengan cara menawarkan berbagai fitur gratis dan berbayar termasuk segmentasi pelanggan sehingga berbagai email dapat dikirim berdasarkan faktor-faktor tertentu, seperti budaya.

Kombinasi pemasaran media sosial dan email marketing adalah bentuk pemasaran lintas channel, yang memungkinkan kalian terhubung dengan audiens di berbagai channel dan menyampaikan konten yang relevan serta dipersonalisasi. Strategi pemasaran ini bila digunakan dengan data social listening, dapat menciptakan hasil yang mengejutkan, seperti retensi pelanggan, peningkatan penjualan, dan loyalitas brand.

Gimana Guys setelah membaca artikel di atas? Kalian ada insight apa nih? Siapa tahu kalian justru udah mengaplikasikannya selama ini. Boleh nih sharing dengan kawan-kawan lain kalau kalian memang sudah mengaplikasikan 😊

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Bagaimana Menggunakan Pergeseran Budaya dengan Tepat dalam Pemasaran
Artikel
Bagaimana Menggunakan Pergeseran Budaya dengan Tepat dalam Pemasaran
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Ketahui lebih detail yuk di artikel Bagaimana Menggunakan Pergeseran Budaya dengan Tepat dalam Pemasaran hanya di Jetorbit
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment