7 Cara Mudah Mendapatkan Lebih Banyak Traffic dari Konten Evergreen

7 Cara Mudah Mendapatkan Lebih Banyak Traffic dari Konten Evergreen

Sharing is caring!

Konten evergreen merupakan pokok dalam SEO yang baik. Sebuah posting atau panduan yang menargetkan keyword volume yang solid, berisi tips yang tetap relevan dari waktu ke waktu, dan menyertakan gambar yang berguna yang mana dapat mengumpulkan lebih banyak traffic ke situs kalian setiap tahun. Lalu, apa hubungannya dengan konten Evergreen? Baiklah, baca sampai selesai yuk 7 Cara Mudah Mendapatkan Lebih Banyak Traffic dari Konten Evergreen 

Pengertian Konten Evergreen

Sebelum masuk ke inti, terlebih dahulu kalian mesti tahu apa itu konten evergreen. Konten evergreen adalah konten yang dapat selalu dianggap relevan dan up-to-date untuk jangka waktu yang sangat lama, konten yang relevansinya tidak cepat hilang seiring berjalannya waktu. 

Mengapa Perlu Update Konten Evergreen?

Alasan jelas di balik konten yang up-to-date adalah karena kalian memang harus mengupdateapapun yang telah kadaluarsa. Namun dalam istilah SEO dan dengan konten yang selalu menarik, ada lebih ternyata dari sekedar itu saja.

Pertama-tama, tidak masuk akal untuk menulis postingan yang sama sekali baru dengan keyword yang sama. Kedua post tersebut kemudian akan bersaing satu sama lain dan saling mencairkan “juice” SEO satu sama lain.

Kedua, jika karya itu benar-benar evergreen, ia telah mengumpulkan traffic berkualitas dan backlink dari waktu ke waktu. Lebih baik mengembangkan apa yang kalian miliki daripada memulai post baru dari awal.

Dan terakhir, tentunya karena Google lebih menyukai konten yang fresh dan akurat.

7 Cara update dan Mengoptimalkan Kembali Konten Lama Untuk SEO yang Lebih baik

Ada banyak elemen pada posting blog evergreen atau panduan yang dapat ditingkatkan untuk membantu kalian mendapatkan lebih banyak manfaat dari konten kalian. Inilah tujuh di antaranya yang bisa kalian coba.

Kunjungi kembali keyword kalian

Penargetan keyword adalah praktik menyediakan konten di sekitar kata atau frasa tertentu. 

Jika konten kalian berisi informasi yang solid tetapi tidak ditargetkan pada kata atau frasa tertentu, lakukan riset keyword dan identifikasi keyword yang dapat kalian targetkan. Setelah kalian mengidentifikasi keyword yang akan ditargetkan, sertakan dalam judul, subjudul, dan image tags dari post untuk memberitahu Google tentang apa yang kalian coba ranking. Jika sudah menargetkan keyword, masih ada penyesuaian yang dapat kalian lakukan saat menyegarkan konten. Sebagai contoh:

Targetkan istilah terkait

Telusuri keyword yang saat ini ditargetkan konten kalian dan lihat apakah ada istilah terkait atau baru yang mungkin ingin kalian sertakan dalam bagian kalian untuk meningkatkan relevansinya.

konten-evergreen-1

Lokasi target

Cara lain untuk menargetkan istilah baru adalah membuatnya lebih location-specific.

Lebih spesifik

Cara ketiga untuk memperkuat penargetan konten kalian adalah dengan menargetkan keyword yang sama untuk tema yang berbeda.

Alihkan fokus ke trend

Satu ide terakhir adalah membuat penyesuaian atau menyertakan bagian baru di postingan yang sesuai dengan trend yang muncul. Ide ini tentu saja datang di zaman sekarang. Begitu banyak yang telah berubah dalam setahun terakhir karena pandemi dan tentunya kebutuhan konsumen yang bergeser sehingga konten kalian dapat memperoleh lebih banyak traffic jika difokuskan kembali pada prioritas baru.

Tambahkan (atau hapus) informasi

Jika artikel kalian sudah terfokus dengan baik dan tidak ingin mengubah penargetan, kalian selalu dapat menangani informasi yang disimpan di dalam body dari post itu sendiri. Mari kita bahas beberapa cara untuk meningkatkan informasi dalam konten saat kalian merapikannya.

Periksa sumber daya

Untuk postingan  sumber daya dan alat, periksa kembali setiap sumber daya yang telah kalian sebutkan. Lakukan riset kalian dan lihat apakah kalian dapat mengambil sumber daya lama dari daftar kalian dan menambahkan yang baru.

Tambahkan strategi baru

Untuk postingan strategi dan tips, silakan lihat apakah kalian dapat menambahkan satu atau dua strategi baru. Teknologi selalu berkembang, baik digital maupun fisik, dan penawaran kalian pun dapat berubah.

Masukkan statistik

Untuk hampir semua posting, kalian selalu dapat menambahkan statistik untuk mendukung informasi yang diberikan. Studi baru bermunculan setiap saat dan dapat bermanfaat bagi situs kalian untuk ditautkan ke situs lain dengan kredibilitas yang kuat.

Sertakan quotes pelanggan

Kalian juga dapat menambahkan cerita pendukung, testimonial, atau review dari pelanggan.

Tambahkan hasil nyata

Bahkan yang lebih baik dari quotes pendukung adalah berupa data pendukung.

Sediakan item tindakan

Satu tips terakhir adalah meningkatkan konten dengan kemampuan untuk ditindaklanjuti. Jika konten kalian mencakup manfaat dari strategi atau metode tertentu, bicarakan tentang cara memulainya. Jika kalian telah memberikan ringkasan produk, sertakan pula link ke tempat produk ini dapat ditemukan.

Periksa visual kalian

Pemasaran visual adalah faktor utama dalam membedakan brand kalian dari pesaing. Mari kita bahas beberapa cara untuk refresh konten kalian dalam hal ini.

Tambahkan gambar

Pertama dan terpenting, jika konten kalian tidak ada gambar sama sekali, tambahkan! Selain memiliki gambar, kalian mungkin ingin mencoba menambahkan video atau infografik untuk merangkum posting secara keseluruhan atau satu bagian darinya. Kalian juga dapat memperbarui judul dengan (+Infografis) atau (dengan Video Penjelajah) untuk menonjolkan konten. 

Check for breaks

Langkah selanjutnya adalah memeriksa untuk memastikan gambar kalian yang memang sudah ada, telah dioptimalkan (apakah mereka ditampilkan dengan ukuran yang benar dan tepat?) Sistem manajemen konten yang ditingkatkan ke versi baru, terkadang bisa menyebabkan gambar hilang dalam pengacakan. Gambar besar dapat memperlambat kecepatan memuat halaman dan merusak peringkat kalian. 

Perbarui screenshots

Memperbarui screenshots sangat penting, terutama jika kalian telah menulis petunjuk untuk software dan platform online karena interface sering berubah. Ketika konsumen ingin tahu bagaimana melakukan sesuatu, visual seringkali menjadi hal pertama yang mereka cari dan jika mereka melihat bahwa screenshots sudah kadaluarsa, mereka cenderung keluar dari post dan mencari post yang memiliki gambar yang cocok dengan yang mereka lihat.

Ganti gambar stok

Cara lain untuk menyegarkan gambar Anda adalah mengganti gambar stok dengan yang asli.

konten-evergreen-2

Jika tidak memiliki gambar asli, coba penelusuran hashtag di media sosial. Ide lainnya adalah menggunakan screenshots dari tutorial video kalian. Meskipun video adalah bentuk konten yang disukai, masih ada beberapa pertanyaan dan topik yang mungkin ingin dilihat oleh konsumen dengan cepat melalui beberapa visual untuk mendapatkan intisari tentang apa yang harus dilakukan.

Diversifikasi format kalian

Konten terbaik yang dibuat untuk SEO adalah konten bentuk panjang (1.200 kata atau lebih). Memiliki jumlah kata yang cukup dari konten berkualitas, akan memberi banyak peluang untuk memperkuat Google bahwa artikel kalian benar-benar menjawab pertanyaan yang dicari orang ketika mereka mengetikkan keyword tertentu yang Anda ranking. Namun, Google tidak hanya tertarik pada seberapa banyak informasi yang kalian berikan lho, Guys. Google tentunya melacak berapa lama pembaca tetap berada di halaman kalian juga.

Jika post kalian tidak mendapatkan banyak traffic atau keterlibatan, masuk kembali dan bagi konten menjadi beberapa bagian dengan tajuk yang jelas (yang menargetkan long-tail keyword). Selain itu, tingkatkan setiap bagian dengan bullets, lists, poin penting, dan contoh untuk menyoroti poin utama kalian.

Sesuaikan judul

Ada beberapa alasan mengapa judul posting blog kalian mungkin perlu diperbaiki. Pertama dan paling jelas, jika kalian menambahkan tips baru atau menghapus tips yang tidak relevan, kalian perlu mengubah nomor di judul. Pastikan untuk mengubahnya. 

Perubahan lain yang dapat kalian lakukan pada judul adalah jika kalian membuat perubahan signifikan pada informasi, kalian bahkan mungkin ingin menambahkan bulan atau tahun ini ke dalam tanda kurung atau “updated for [the current year]“. Saat pencari online melihat tanggal di judul, mereka cenderung mengklik. Dengan lebih banyak klik dapat membantu meningkatkan peringkat kalian di atas pesaing yang belum memperbarui konten mereka.

Berikut beberapa peningkatan yang dapat kalian lakukan saat menyegarkan judul kalian untuk SEO yang lebih baik:

Buat agar bisa ditindaklanjuti

Buatlah judul agar dapat ditindaklanjuti sehingga pembaca yakin bahwa mereka akan mendapatkan nilai dari konten tersebut. Misalnya, “8 Manfaat Teh Hijau” bisa diubah menjadi “8 Alasan untuk Mencoba Teh Hijau Sekarang”.

Sertakan nomor

Jika memungkinkan, cobalah merangkum konten menjadi sesuatu yang dapat diukur. Sebagai contoh,

  • 10 Tips untuk Menulis Resume yang Berhasil
  • Cara Menjadi Freelancer dalam 5 Langkah
  • Panduan 5 Menit untuk SEO yang Lebih Baik

Ganti kata sifat

Cobalah kata sifat baru untuk mengekspresikan nilai yang unik. Apakah kalian sering menggunakan “efektif”, “kreatif”, atau “berguna”? Cobalah ubah dengan kata “tidak biasa”, “brilian”, atau “yang belum pernah Anda pikirkan”.

Kata-kata utama tambahan untuk bisa dicoba:

  • Terbaik
  • Sangat Mudah
  • Peringkat Teratas
  • Disetujui oleh Ahli
  • Rahasia

Dalam SERP di bawah ini, tajuk utama berisi angka, tanggal, dan kata-kata deskriptif untuk menarik perhatian pembaca.

konten-evergreen-3

Terakhir, periksa dasar-dasarnya. Apakah keyword persis yang kalian targetkan dalam judul atau kah sedikit variasinya? Apakah di awal judul atau dipotong di akhir? Ingat, SERP hanya akan menampilkan 70 karakter pertama dalam sebuah judul.

Ubah deskripsi meta kalian

Deskripsi meta adalah deskripsi kecil halaman kalian yang muncul di SERP. Ini memberikan ringkasan singkat terkait artikel kalian tentang apa, yang mana dapat mendorong pencari untuk mengklik atau melewati posting kalian. Jika kalian telah mengikuti langkah-langkah di atas dan upgrade konten kalian, kemungkinan deskripsi meta kalian juga perlu disegarkan.

Edit link

Ada beberapa cara berbeda untuk menggunakan link untuk refresh konten kalian.

Tambahkan tautan baru

Pertama, jika kalian terus membuat blog posts dan panduan, tambahkan link ke konten baru kalian. Tautan internal dapat membantu menjaga pembaca di situs kalian lebih lama dan juga menciptakan lebih banyak jalur yang digunakan Google untuk merayapi situs kalian. Semakin mudah Google dapat memindai situs kalian dan memahami bagaimana halaman tersebut berhubungan satu sama lain, maka semakin baiklah SEO kalian.

Buat link baru ke halaman dari konten baru

Kedua, lihat karya baru kalian yang berkinerja baik dan tautkan ke post yang kalian segarkan di konten.

Perbaiki tautan yang rusak

Ini juga saat yang tepat untuk menguji link yang ada di konten kalian untuk memastikannya apakah rusak atau tidak.

Nahh, itu Guys 7 cara yang dapat kalian lakukan. Gimana, mudah kan? Atau, kalian justru sudah melakukan cara-cara tersebut? Sharing yuk di kolom komentar 😊

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2021 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website kalian bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website kalian agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
7 Cara Mudah Mendapatkan Lebih Banyak Traffic dari Konten Evergreen
Artikel
7 Cara Mudah Mendapatkan Lebih Banyak Traffic dari Konten Evergreen
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Konten evergreen merupakan pokok dalam SEO yang baik. Baiklah, baca yuk 7 Cara Mudah Mendapatkan Lebih Banyak Traffic dari Konten Evergreen
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like