mengganti-hosting

Haruskah Saya Mengganti Hosting Website? Cara Mengetahui Kapan Saatnya Migrasi Situs Anda

Sharing is caring!

Ketika memulai sebuah situs, web hosting adalah salah satu aspek yang paling penting namun paling membingungkan untuk ditangani. Banyaknya penyedia di pasar tentunya akan sulit untuk mencari tahu mana yang menawarkan paket terbaik untuk Anda. Untungnya, beberapa pertanda akan membantu Anda untuk memperjelas kapan saatnya pindah ke host baru. Yuk baca Haruskah Saya Mengganti Web Host? Cara Mengetahui Kapan Saatnya Migrasi Situs Anda

Dalam postingan ini, kami akan menyampaikan tanda-tanda tersebut dan cara menemukannya di situs Anda. 

Cara Mengetahui Kapan Saatnya Situs untuk Migrasi

Mungkin Anda telah mengalami masalah dengan situs Anda untuk sementara waktu tanpa mengetahui alasannya. Dalam beberapa kasus, mungkin penyedia web hosting Anda tidak sesuai untuk situs Anda. 6 tanda berikut ini akan memberitahu Anda terkait kapan saatnya migrasi situs atau sudah waktunya untuk mengganti web host.

Anda Lebih Sering Mengalami Downtime Dibanding Biasanya

Setiap kali situs Anda tidak tersedia bagi pengguna, itu dianggap ‘down’. Meskipun situs Anda hanya tidak tersedia selama beberapa detik namun hal itu dapat menyebabkan masalah yang serius. Sebagai permulaan, downtime membuat situs Anda tampak tidak dapat diandalkan dan berkualitas rendah bagi pengguna serta mesin telusur.

Jika situs Anda sering mengalami gangguan, pengguna Anda akan menyadari bahwa mereka tidak dapat mengandalkan ketersediaan situs saat diperlukan. Algoritma Google akan menjelaskan hal ini dan peringkat mesin telusur Anda juga akan turun serta merusak visibilitas situs Anda.

Selain itu, jika situs Anda dapat menghasilkan pendapatan, tentu saja Anda akan kehilangan pendapatan setiap kali situs Anda mengalami gangguan. Saat Anda menjalankan toko online, waktu operasional akan mempengaruhi keuntungan Anda.

Web hosting adalah salah satu penyebab paling umum dari downtime situs karena ada banyak cara yang mana server Anda dapat mempengaruhi ketersediaan situs Anda, termasuk:

  • Kualitas dan keandalan dari peralatan hosting Anda.
  • Jenis server tempat situs Anda berada karena server bersama (shared server) cenderung kelebihan beban lebih cepat dibandingkan dengan jenis server lain.
  • Fitur keamanan host Anda karena serangan berbahaya dapat menyebabkan downtime.

Jadi, jika Anda terus menemukan situs Anda dalam kondisi down, ada kemungkinan besar bahwa host Anda ada berhubungan dengan hal tersebut. Pindah ke server yang lebih andal adalah pilihan terbaik untuk situs Anda dalam situasi seperti ini.

Kecepatan Loading Situs Anda Lambat

Kecepatan situs juga merupakan kunci untuk SEO, pendapat user tentang situs Anda, dan rasio konversi Anda. Sebaiknya Anda uji kecepatan situs Anda sesekali menggunakan alat, seperti Google PageSpeed ​​Insights dan Pingdom untuk memastikan loading times Anda tetap rendah serta untuk memperbaiki masalah kinerja.

mengganti-hosting-1

Meskipun server yang ramai pasti dapat memperlambat loading times, lokasi server Anda juga berperan terkait seberapa cepat situs Anda menyampaikan informasi kepada pengunjung. Server yang terletak jauh dari pengguna akhir, tidak dapat menyajikan konten dengan cepat.

Cara mudah untuk menentukan apakah hal tersebut memang yang terjadi pada situs Anda adalah dengan menggunakan Pingdom untuk menguji kecepatan situs Anda dari berbagai lokasi. Jika situs Anda memuat dengan cepat dari beberapa tempat namun membutuhkan waktu yang lama untuk dimuat di tempat lain, Anda akan tahu bahwa lokasi server menyebabkan masalah kecepatan bagi pengguna di wilayah tersebut.

Jika host Anda hanya memiliki server di satu lokasi dan tidak menawarkan Content Delivery Network (CDN), hampir bisa dipastikan bahwa sebagian user Anda akan mengalami kondisi site speed yang kurang dari ideal. Mungkin ada baiknya mencari host dengan lebih banyak atau lokasi berbeda atau yang menawarkan CDN.

Customer Service yang Tidak Bermanfaat

Hubungan yang solid dengan web host Anda tidak ternilai harganya. Sebagai permulaan, ada kalanya terjadi kesalahan terkait server terjadi di situs Anda. Dalam hal ini, Anda harus dapat menghubungi host Anda dengan cepat untuk menyelesaikan masalah dan membuat situs Anda kembali aktif. 

Jika host Anda sulit untuk dihubungi, memberikan solusi yang tidak memadai, atau tidak menawarkan dukungan di area yang terkait langsung dengan akun hosting Anda, maka silakan pertimbangkan untuk beralih ke penyedia baru.

Anda Membutuhkan Lebih Banyak Space dari Yang Dapat Ditawarkan Penyedia Anda Saat Ini

Sebagian besar situs dimulai dari yang kecil dan tumbuh seiring dengan waktu. Host Anda saat ini mungkin sangat cocok ketika Anda pertama kali meluncurkan situs Anda. Namun jika tingkat traffic Anda meningkat secara signifikan, hal ini mungkin tidak lagi menjadi masalah.

Saat situs Anda mengumpulkan lebih banyak recurring users, Anda akan membutuhkan server yang dapat menangani lebih banyak traffic serta file situs yang lebih banyak dan lebih besar. Pindah dari shared hosting ke dedicated server dapat membantu tetapi berpindah host seringkali dapat memberikan manfaat yang lebih besar.

Beberapa penyedia memiliki spesialisasi di shared atau Virtual Private Network (VPN) hosting dan mungkin tidak menawarkan server khusus (dedicated servers). Oleh karena itu, jika situs Anda terus berkembang, Anda membutuhkan layanan dedicated web hosting di beberapa titik.

Terakhir, Anda sebaiknya membandingkan paket antar perusahaan untuk melihat mana yang menawarkan space paling banyak dengan harga terbaik.

Terlalu Mahal untuk Tetap dengan Host  Anda Saat Ini

Web hosting merupakan biaya yang berulang. Terkadang juga bisa menjadi pengeluaran terbesar yang terkait dengan menjalankan situs, terutama untuk pengguna WordPress yang bekerja dengan Content Management System (CMS) gratis, terutama plugin dan tema gratis.

Ada kalanya paket mahal tidak terlalu diperlukan. Jika situs Anda masih kecil dan tidak menggunakan jumlah ruang server yang Anda bayarkan atau jika paket hosting Anda saat ini dilengkapi dengan beberapa fitur yang tidak pernah Anda gunakan, Anda mungkin bisa dikatakan membayar terlalu banyak.

Jika Anda menghabiskan lebih banyak uang untuk web hosting dibandingkan dengan yang dihasilkan situs Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengurangi atau mengganti host agar tetap sesuai dengan anggaran Anda. 

Server Security is Sub-Par

Tidak semua penyedia sebaik yang seharusnya dalam hal security, bahkan hackers terkadang akan mengeksploitasi kelemahan di server Anda untuk mendapatkan akses ke situs Anda.

Tentunya hal tersebut dapat merusak situs Anda karena berbagai alasan, termasuk:

  • Hilangnya sebagian atau seluruh situs Anda karena serangan berbahaya yang menghancurkan file dan data utama.
  • Data pengguna yang disusupi, termasuk informasi sensitif, seperti catatan pribadi dan detail kartu kredit.
  • Kredibilitas menurun karena pengguna akan melihat situs Anda sebagai situs yang kurang dapat diandalkan jika diretas.

Berinvestasi di hosting yang aman merupakan langkah yang cerdas. Meskipun Anda harus membayar lebih sedikit atau mengalami masalah saat bermigrasi ke host baru namun Anda akan terhindar dari banyak masalah di kemudian hari.

Beberapa fitur keamanan yang mungkin ingin Anda perhatikan adalah sertifikat Secure Sockets Layer (SSL / TLS), malware scanning, dan server firewalls. 

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Haruskah Saya Mengganti Hosting Website? Cara Mengetahui Kapan Saatnya Migrasi Situs Anda
Artikel
Haruskah Saya Mengganti Hosting Website? Cara Mengetahui Kapan Saatnya Migrasi Situs Anda
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Yuk baca Haruskah Saya Mengganti Web Host? Cara Mengetahui Kapan Saatnya Migrasi Situs Anda untuk memperjelas kapan pindah ke host baru
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo