gutenberg 13.7 sudah rilis

Ada kabar gembira!!! Pada 20 Juli 2022 lalu, Gutenberg selaku editor resmi dari platform CMS tersebut merilis versi terbarunya yang diberi nama Gutenberg 13.7. Ada berbagai fitur baru yang menarik untuk diketahui. Temukan ada fitur apa saja yuk di artikel Gutenberg 13.7 Sudah Rilis! Yuk Ketahui Fitur-Fitur Barunya!

Gutenberg 13.7 Resmi Dirilis

Pada tanggal 20 Juli 2022 waktu setempat, laman resmi WordPress mempublikasikan rilisan terbaru Gutenberg, yaitu Gutenberg 13.7.

Gutenberg adalah editor postingan WordPress yang mengusung konsep UI berbasis block. Maka, Gutenberg lebih dikenal dengan nama Block Editor. Nah, Gutenberg sendiri sudah digandeng sebagai editor resmi WordPress sejak WordPress 5.0 diluncurkan ke publik.

Oia, perlu kalian ketahui bahwa versi terbaru ini bukanlah termasuk major update. Artinya, kalian tidak akan menemukan perubahan drastis di editor yang satu ini.

Tenang, Gutenberg 13.7 tetap menyediakan sederetan fitur-fitur baru yang sanggup memanjakan penggunanya.

Fitur Baru Gutenberg 13.7

Berikut beberapa fitur baru Gutenberg 13.7 yang menarik sekaligus menciptakan pengalaman membuat postingan WordPress kalian menjadi lebih menyenangkan:

  1. Container Block dengan Kunci Sekali Klik

Gutenberg 13.7 hadir dengan opsi mengunci satu atau beberapa Block sekaligus hanya dengan sekali klik. Hal itu dapat menghindarkan dari kejadian Block yang tak sengaja berubah ketika kalian sedang mengotak-atik sesuatu.

gutenberg 13.7

Fitur ini bisa digunakan untuk beberapa jenis Container Block, misalnya seperti Cover, Group, dan Column.

  1. Modal Design dengan Tampilan Baru

Modal atau menu pop up yang muncul ketika kalian men-setting sesuatu, juga mendapatkan sentuhan baru di Gutenberg 13.7. Nah, kali ini saat mengakses Modal, tampilan background akan otomatis menjadi blur.

design gutenberg 13.7

Selain tampak lebih segar, fitur blurring background ini membantu kalian lebih fokus ketika mengkonfigurasi settingan. Makanya tidak terdistraksi tampilan di belakangnya.

  1. Template System dengan Opsi Lebih Beragam

Gutenberg 13.7 juga menghadirkan perubahan pada Template System, loh. Di sini, kalian diberi lebih banyak opsi untuk membuat dan mengedit template baru secara lebih spesifik. Misal, Custom Template berdasarkan penulis, jenis topik, dan masih banyak lagi.

template system gutenberg 13.7

Manfaatnya adalah terhindar dari melakukan pekerjaan yang sama berulang-ulang. Dengan kata lain, kalian cukup membuat satu template di awal untuk selanjutnya dipakai lagi di kesempatan lain.

  1. Featured Image di Media Placeholder

Satu lagi fitur baru Gutenberg 13.7 yang akhirnya muncul setelah lama dinantikan. Kini, ada opsi untuk menggunakan gambar sebagai Featured Image, langsung ketika mengupload gambar tersebut.

featured image

Hal ini tentu saja jauh lebih praktis dari metode sebelumnya yang mana kalian perlu mengakses sidebar sebelah kanan untuk men-setting Featured Image.

  1. Time to Read untuk Postingan Blog

Time to Read adalah fitur baru di Gutenberg 13.7 yang berfungsi untuk memperkirakan berapa waktu yang dibutuhkan untuk membaca sebuah postingan blog hingga tuntas. Perhitungannya berdasarkan jumlah kata, karakter, paragraf, dan sebagainya.

time to read

Dengan begitu, pengunjung blog atau website kalian sedikit mendapat spoiler, apakah postingan yang akan mereka baca bisa diselesaikan dalam waktu singkat atau sebaliknya.

  1. Sidebar Settings yang Lebih Rapi

Sidebar Settings di sebelah kanan juga mendapat modifikasi pada Gutenberg 13.7. Sekarang, tampilan Sidebar Settings terlihat lebih rapi. Terutama opsi Template, Post format, Slug, dan Author yang diatur secara simetris.

sidebar settings

Berbeda dengan tampilan Sidebar Settings versi sebelumnya yang mana tata letak empat opsi di atas tampak sangat berantakan dan tidak enak dilihat mata.

Sebenarnya, masih banyak fitur baru yang dimunculkan di Gutenberg 13.7. Hanya saja, rentetan fitur di atasyang dianggap paling menonjol perubahannya.

Cara Update ke Gutenberg 13.7

Mengingat statusnya sebagai editor resmi WordPress, Gutenberg otomatis sudah tertanam di core WordPress. Makanya, agar bisa menikmati Gutenberg 13.7, kalian wajib memakai versi WordPress paling mutakhir.

Saat ini, WordPress berada di versi 6.0.1. Pertanyaannya adalah bagaimana cara mengetahui dan memperbarui versi WordPress?

Caranya, kalian cukup masuk ke dashboard WordPress. Lalu, klik menu Update di sidebar sebelah kiri. Jika WordPress kalian sudah diperbarui, berikut tampilan yang muncul:

update wordpress

Sebaliknya, jika kalian melihat tampilan di bawah, artinya perlu mengupdate WordPress. Langsung saja klik tombol Update yang ditandai merah.

update wordpress

Silakan tunggu, update versi WordPress akan berlangsung. Jika sudah, berikut ini outputnya:

update wordpress

Yeayy! Kalian berhasil mengupdate core WordPress ke versi terbaru. Kini kalian bisa mencoba fitur-fitur baru Gutenberg 13.7.

Luncurkan website berbasis WordPress kalian dengan Jetorbit yuk, dengan fitur yang membuat web jadi cepat serta gratis Theme Premium! Lebih cepat menggunakan WordPress Hosting untuk keperluan website Berita, Portal, Toko Online, dan Blogging berbasis WordPress.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment