Tahukah Kalian? Google Ads Akhirnya Meluncurkan Batas Pembelanjaan Bulanan

Sharing is caring!

Google baru-baru ini mengumumkan bahwa mulai 1 Juni, advertiser akan bisa menetapkan batas pembelanjaan bulanan di level akun. Hal ini merupakan terobosan bagi advertiser yang mengelola beberapa campaign sambil mencoba mempertahankan anggaran bulanan. Okay deh, baca sampai selesai yuk Tahukah Kalian? Google Ads Akhirnya Meluncurkan Batas Pembelanjaan Bulanan 

Bagaimana sih cara kerja fitur baru ini? Apakah ada kekurangan yang perlu kalian ketahui? Baiklah, kita simak bareng yuk.

Berapa Batas Anggaran Bulanan Google Ads?

Berfungsi mirip sih dengan anggaran seumur hidup di Facebook. Nah,  batas anggaran bulanan di Google Ads memungkinkan kalian untuk semacam membatasi batas pengeluaran bulanan level akun di atas anggaran harian kalian.

Seperti disebutkan di atas, ini merupakan terobosan bagi advertiser yang mengelola beberapa campaign sambil mencoba mempertahankan anggaran bulanan.

Menurut definisi dari Google, batas pembelanjaan bulanan adalah “jumlah maksimum yang dapat kalian bayarkan untuk campaign selama sebulan.” Cara kerjanya adalah akan menimpa anggaran harian campaign kalian hingga berhenti di ambang tertentu.

Dikarenakan ini akan ditetapkan di level akun, jika kalian menjalankan beberapa campaign, maka kalian sebaiknya memperhitungkan semuanya saat menetapkan batas kalian. Artinya, meskipun batas pengeluaran bulanan akan menjadi suatu alat penghemat uang yang luar biasa, kalian tentunya tidak ingin memanfaatkan hingga kalian membatasi kinerja dengan mengatur batas bulanan itu terlalu rendah.

Cara Kerja Pembelanjaan Google Ads Sebelum Batas Anggaran Bulanan

Mari kita segera menyegarkan kembali seperti apa pembelanjaan di Google Ads sebelum menggunakan alat baru ini.

Sebelum batas anggaran bulanan, setiap campaign di Google Ads diharuskan memiliki anggaran harian yang telah ditetapkan. Anggaran harian itu memandu Google tentang berapa banyak yang harus dibelanjakan per hari untuk rata-rata dari pengeluaran bulanan yang diproyeksikan.

Hal ini karena Google diprogram untuk menyesuaikan pembelanjaan kalian secara dinamis pada hari itu berdasarkan apa yang dibutuhkan.

Namun, jika biaya tawaran naik karena faktor eksternal, seperti persaingan maka kalian dapat dengan mudah melewati anggaran harian tersebut secara konsisten sehingga menghasilkan pembelanjaan yang lebih tinggi secara keseluruhan untuk jangka waktu 30 hari daripada yang diharapkan.

Apakah batas pengeluaran bulanan memang tepat untuk kalian?

Untuk menerapkan batas pembelanjaan bulanan, kalian masih harus menyiapkan anggaran harian kalian. Namun, jika kalian belum yakin apakah batas pembelanjaan bulanan adalah langkah yang tepat, mari kita bandingkan saja dengan cepat bagaimana campaign kalian akan berfungsi dengan atau tanpa fitur ini.

Anggaran harian tanpa batas pembelanjaan akun bulanan

Pada dasarnya, ini berfungsi seperti campaign yang sudah kalian miliki. 

Keuntungan

Campaign yang menggunakan model ini memiliki manfaat tambahan:

  • Tidak terlalu dibatasi: campaign ini tidak terlalu dibatasi dibandingkan dengan campaign dengan batas pembelanjaan bulanan. Google hanya akan mempertimbangkan anggaran harian yang memungkinkan adanya ruang gerak bagi kalian untuk terus mengembangkan jangkauan kalian.
  • Kalian dapat menyesuaikan anggaran harian kalian kapan saja (meskipun ini juga berlaku untuk batas pembelanjaan bulanan).
  • Berbeda dengan batas bulanan, anggaran harian ditetapkan di level campaign. Jadi, kalian dapat mengelola pembelanjaan campaign-by-campaign jika salah satu menjadi prioritas di atas yang lain.

Kekurangan

Berikut ini beberapa kelemahan campaign yang menggunakan anggaran harian tetapi tidak ada batas pembelanjaan akun bulanan:

  • Dikarenakan anggaran harian memiliki fleksibilitas untuk melebihi apa yang ditetapkan, mungkin lebih sulit untuk mengontrol pengeluaran kalian karena Google yang mengatur biaya kalian.
  • Meskipun beberapa orang mungkin lebih suka mengelola anggaran campaign-by-campaign, jika kalian memiliki akun yang lebih besar, mungkin sulit untuk melacak berbagai anggaran kalian untuk masing-masing campaign.
  • Anggaran harian yang ditetapkan terlalu rendah, bisa membatasi, seperti batas pembelanjaan bulanan yang rendah karena salah satunya dapat menyebabkan campaign kalian tampil lebih sedikit sehingga menyebabkan hilangnya pangsa tayangan karena anggaran.

Anggaran Harian Dengan Batas Pembelanjaan Akun Bulanan

Sekarang, gunakan campaign reguler kalian hanya dengan anggaran harian dan silakan atur batas pembelanjaan bulanan level akun. Ini berfungsi dengan meminta algoritma Google menggunakan anggaran harian kalian untuk pembelanjaan level campaign dan tawaran sekaligus melacak keseluruhan pembelanjaan akun untuk menjaga batas anggaran bulanan kalian.

Keuntungan

Dengan menggunakan batas anggaran bulanan, berikut ini cara yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan keuntungan:

  • Tentu sekarang kalian akhirnya dapat mengelola total pengeluaran kalian di Google Ads!
  • Entah kalian memiliki satu atau banyak campaign, kalian tidak perlu menunjukkan dengan tepat di mana pembelanjaan mengalir keluar untuk menghentikannya.
  • Di satu sisi, batas pengeluaran bulanan bertindak sebagai ukuran keamanan tambahan untuk memastikan kalian menjaga biaya di tempat yang nyaman.
  • Jika kalian pernah waspada dalam menggunakan alat otomatis Google, seperti Smart Bidding atau Smart Campaigns, batas pembelanjaan bulanan level akun yang baru membuat fitur ini lebih mudah didekati karena kalian tahu bahwa kalian masih akan lebih unggul dalam hal pembelanjaan secara keseluruhan.

Kekurangan

Sementara batas pengeluaran bulanan dan anggaran harian bekerja sama untuk mengoptimalkan, pada akhirnya batas pengeluaran bulanan kalian akan menimpa dan menghentikan campaign kalian agar tidak berjalan jika kalian mencapai batas kalian. Artinya:

  • Jika batas pembelanjaan kalian sangat rendah sehingga campaign kalian mencapai batas tersebut di pertengahan bulan, maka iklan kalian akan berhenti berjalan selama sisa bulan tersebut.
  • Mungkin sulit untuk mengelola akun yang lebih besar yang menyulap beberapa anggaran harian selain batas pengeluaran bulanan.
  • Kalian perlu menyisihkan waktu untuk selalu mengetahui batas pembelanjaan bulanan kalian karena ini bukan hanya jenis fitur “set it and forget it”. Kalian sebaiknya memeriksanya sehubungan dengan pengeluaran historis kalian untuk memastikannya tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Cara Mengatur Batas Pembelanjaan Bulanan di Google Ads

Dikarenakan ini ditetapkan di level akun, kalian akan menemukan bahwa menyiapkan batas pembelanjaan akun bulanan sebenarnya berada di tempat yang berbeda dari tempat kalian menetapkan anggaran harian. Berikut ini langkah yang harus dilakukan:

  1. Di Google Ads, di sisi kanan atas toolbar, klik Billing
  2. Di menu sebelah kiri, klik Settings
  3. Setelah itu, kalian dapat memilih opsi untuk membuat Monthly Spend Limit
google-ads-1

Nah, jadi itu Guys yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa menambah insight yaa. Bay the way, kalau kalian ada komen atau pertanyaan atau saran serta kritik, boleh sangat untuk disampaikan di kolom komentar 🙂

Have a nice day & keep healthy!

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Tahukah Kalian? Google Ads Akhirnya Meluncurkan Batas Pembelanjaan Bulanan
Artikel
Tahukah Kalian? Google Ads Akhirnya Meluncurkan Batas Pembelanjaan Bulanan
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Okay deh Guys, baca sampai selesai yuk Tahukah Kalian? Google Ads Akhirnya Meluncurkan Batas Pembelanjaan Bulanan di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment