Apa Itu Data Storytelling dan Mengapa Penting?

Sharing is caring!

Saat kalian mencoba mempengaruhi audiens kalian, salah satu alat paling ampuh adalah menggunakan data. Setuju? Nah, di sinilah peran data storytelling. Lalu, bagaimana cara menggunakan storytelling dengan data yang sudah ada? Oke, baca sampai selesai yuk Apa Itu Data Storytelling dan Mengapa Penting?

Dengan menggunakan visual untuk mengubah angka-angka itu menjadi cerita yang menarik, kalian dapat mengubah statistik yang membosankan atau membingungkan menjadi konsep yang dipahami dengan jelas.

Saat audiens kalian benar-benar memahami apa yang kalian komunikasikan kepada mereka, mereka kemungkinan besar akan mengambil tindakan yang kalian inginkan lho.

Apa Itu Data Storytelling?

Storytelling berdasarkan data adalah proses mengubah analisis berbasis data menjadi bentuk visual yang mudah diakses yang mempengaruhi keputusan bisnis audiens target kalian. Kalian perlu menggunakan fakta analitis yang tepat dan tentunya yang cukup membangkitkan minat calon pelanggan sehingga mereka ingin segera mengambil tindakan terhadap penawaran kalian.

Seberapa baik kalian melakukan penceritaan data bergantung pada cerita, subjek, visual, dan kreativitas yang kalian gunakan.

Yang perlu kalian lakukan adalah memilih satu atau dua narasi, menemukan data yang mendukungnya, dan membangun plot yang menyajikan konsep-konsep rumit dalam bentuk yang dapat dipahami oleh orang yang sekarang sudah mahir dalam subject matter.

Mengapa Kalian Membutuhkan Data Storytelling

Data storytelling lebih dari sekedar cara yang menarik untuk berbagi data, analitik, dan informasi kompleks. Tentunya ini memiliki banyak manfaat untuk bisnis kalian.

Pertahankan perhatian audiens kalian

Sebagian orang memang lebih menyukai visual. Lebih dari 90% informasi yang disimpan di otak kita berbentuk visual. Menggunakan visualisasi data dan alat analitik visual, akan membantu kalian membuat presentasi yang interaktif dan menarik secara visual yang menawarkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti. Pada saatnya nanti, ini dapat membantu untuk mendorong konversi.

Sampaikan poin-poin penting dengan cepat

Melalui cara menceritakan data, kalian dapat menyajikan topik yang kompleks dengan cara yang tidak membutuhkan banyak pengetahuan teknis. Dengan menggunakan alat dan teknik canggih, kalian dapat mengevaluasi, melacak, dan mengumpulkan informasi yang relevan, menemukan tren dan pola data, lalu memvisualisasikannya sebagai bagian dari narasi untuk membantu membenarkan keputusan bisnis.

Berkenaan dengan khalayak konsumen, memvisualisasikan data kunci yang mendukung kebutuhan produk atau layanan kalian, dapat membantu upaya menghasilkan permintaan kalian.

Keunggulan dari data storytelling adalah lebih mudahnya memproses konten visual dibandingkan dengan angka. Menggunakan data storytelling sebagai bagian dari strategi konten kalian, akan membantu menyampaikan maksud kalian kepada orang-orang yang tidak dapat memprosesnya menggunakan angka mentah.

Membuat keputusan yang lebih baik (dan mempengaruhi keputusan orang lain)

Dikarenakan lebih mudah bagi manusia untuk memproses visual, visualisasi data dapat membantu kita untuk mengambil keputusan dengan lebih cepat dan lebih akurat.

Mengelola data dengan lebih baik

Mesin saat ini mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan kecepatan tinggi. Dalam proses industri pada umumnya, ada ratusan bahkan ribuan titik data yang dapat kalian lacak untuk menentukan apakah proses tersebut memberikan hasil yang kalian butuhkan.

Namun, dengan jumlah data yang kalian kumpulkan setiap hari, kalian akan segera menyadari bahwa sulit untuk mengelolanya secara efektif. Jika kalian tidak dapat mengelola data, kalian tidak dapat menggunakannya untuk pengoptimalan lebih lanjut atau memasukkannya ke dalam presentasi kalian. Proses mengisahkan data akan memungkinkan kalian untuk menganalisis data, menyajikannya dengan cara yang mempercepat proses manajemen, dan menghemat waktu serta uang organisasi kalian.

Data memotivasi orang untuk mengambil tindakan

Saat kalian menyesuaikan penceritaan data kalian agar sesuai dengan audiens target maka itu membuat data kalian lebih relevan dan berdampak. Kisah data yang bagus, akan memberi audiens kalian wawasan yang meyakinkan mereka untuk mengambil tindakan.

Jadi itu Guys, serba-serbi terkait data storytelling serta beberapa alasan mengapa membutuhkan data storytelling. Kalian sudah pernah mencoba kah? Jika sudah, sharing yuk ke kawan-kawan lain di kolom komentar 🙂

Have a nice day!

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Data Storytelling dan Mengapa Penting?
Artikel
Apa Itu Data Storytelling dan Mengapa Penting?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bagaimana cara menggunakan storytelling dengan data yang sudah ada? Oke, baca yuk Apa Itu Data Storytelling dan Mengapa Penting?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment