evolusi-software

Evolusi Software Mempengaruhi Umur Panjang Laptop

Sharing is caring!

Software sangatlah penting untuk era digital. Software generasi pertama dikembangkan sejak tahun 1940-an. Instruksinya ditulis dalam kode biner untuk komputer mainframe. Yuk ketahui detailnya di Evolusi Software Mempengaruhi Umur Panjang Laptop

Namun kemajuan komputasi rumahan (home computing) bersama dengan bahasa pemrograman, telah berhasil meningkatkan luasnya dan kemampuan hardware modern.

Sementara banyak pengguna dapat mengingat hardware ikonik, seperti tablet pertama mereka atau komputer rumah, hanya sedikit yang menoleh kembali ke software klasik yang membuatnya dapat bekerja. Perubahan dalam fungsionalitas software dan desain didorong oleh kebutuhan kita yang terus berkembang serta persyaratan yang harus dipenuhi, misalnya persyaratan minimum jika kita ingin install suatu game.

Akan tetapi, hal ini memicu dampak negatif yang mana laptop yang Anda beli kurang dari setahun yang lalu dapat menjadi usang dengan single software update. Ini bukan untuk menakut-nakuti Anda terhadap suatu benda elektronik yang bernama komputer atau laptop, tetapi ini merupakan sesuatu yang harus dipikirkan.

Umur Hardware: Laporan Terperinci

Setelah kita membahas bagian awal kerusakan yang memang bawaan atau (sudah dikonsep), kita dapat mulai membedah laptop untuk mencari tahu berapa lama kita dapat mengharapkan setiap komponen untuk bertahan atau hidup.

Baterai

Tanyakan kepada setiap pemilik laptop dan mereka akan memberitahu Anda bahwa baterai adalah komponen yang paling terdepresiasi dari laptop mereka. Misalnya, tidak jarang terdengar terkait mengganti baterai laptop sekali selama kepemilikan dan harus melakukannya lagi dalam waktu yang tidak terlalu lama. Mencoba menentukan umur baterai satu ukuran untuk semua adalah tugas yang agak sulit.

Secara umum, baterai dapat bekerja hingga 2 tahun sebelum Anda melihat adanya perubahan kinerja yang signifikan. Namun kenyataannya, dapat lebih pendek atau lebih lama. Umur sebenarnya akan bergantung pada penggunaan.

Anda Mungkin Mempercepat Pendeknya Umur Baterai Anda

Baterai apapun memiliki jumlah siklus pengisian (charging cycles) yang pasti. Jika terlampaui, konstitusi baterai tidak akan dapat menyimpan jumlah daya yang sama.

Artinya, pengguna yang terus-menerus mencolokkan dan mencabut laptopnya dari stop kontak akan merusak baterai lebih cepat daripada pengguna yang membuatnya tetap terpasang sepanjang hari. Jika Anda perlu mengosongkan baterai karena alasan apapun, sebenarnya ada cara tepat untuk melakukannya yang tentu saja bisa Anda ikuti di sini.

Sebelum teknologi Li-ion (Lithium Ion), laptop terjebak menggunakan baterai berbasis Nikel. Ini perlu dikeringkan sepenuhnya sebelum diisi ulang. Jika tidak, baterai bisa “mengabaikan sejenak” potensi penuhnya setelah beberapa saat.

Untuk baterai Li-ion, yang terjadi justru sebaliknya: lebih baik isi daya baterai Anda saat mencapai 40%, kemudian cabut sebelum 80%. Sebuah konsep yang dikenal sebagai aturan 40-80. Kimiawi di balik ini terlalu rumit untuk dijelaskan tetapi terbukti secara ilmiah.

Mechanical Hard Drive 

Sebelum SSD menjadi terkenal, MHD (mechanical hard drive) merupakan satu-satunya pilihan penyimpanan untuk laptop. Beberapa laptop kelas bawah dan terjangkau masih dirilis dengan fitur teknologi ini karena harganya jauh lebih murah.

Meskipun SSD dapat bertahan hingga 10 tahun, MHD akan mulai menunjukkan tanda-tanda kegagalan setelah 5 tahun. Seperti halnya baterai, rentang sebenarnya mungkin lebih panjang atau lebih pendek berdasarkan frekuensi operasi baca/tulis.

Alasan di balik masa pakai MHD lebih rendah adalah berkaitan dengan desainnya. Perangkat penyimpanan MHD membaca data ke platform dengan mechanical arm yang bergerak di atas piring logam (metal platter). SSD, di sisi lain, menampilkan memori flash NAND yang disematkan ke circuit board. Keuntungan? Tentu saja tidak ada bagian yang bergerak.

Solusi

Dengan MHD, tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang masa pakainya secara signifikan. Tidak bisa ditampik lagi bahwa bagian mekanis akan aus dan hardware akan rusak.

Namun, Anda dapat install SSD sebagai drive cadangan jika laptop Anda memang mengizinkan. Dengan menyimpan program yang paling sering Anda gunakan di dalamnya dan program yang paling jarang Anda gunakan di MHD. Anda akan menggunakan lebih sedikit siklus MHD perhari sehingga membantunya hidup lebih lama.

Layar

Layar laptop Anda terdiri dari beberapa lapisan yang bertumpuk. Demi kesederhanaan, kita dapat mengatakan bahwa layar LCD memiliki 2 bagian, yakni bagian yang menghasilkan gambar sebenarnya dan lampu latar di bagian ujung yang bertanggung jawab terhadap tingkat kecerahan.

Komponen laptop yang berhubungan dengan gambar biasanya adalah yang terakhir rusak. Mereka dapat hidup antara 5 dan 10 tahun, selama display tidak mengalami trauma fisik apapun.

Lampu latar LED yang ditampilkan di laptop baru hanya mulai menyala sekitar 10 tahun. Banyak model lama yang menampilkan lampu latar CCFL mulai kehilangan pancaran cahayanya setelah 3-4 tahun.

Tidak seperti komponen lain, cara Anda menggunakan layar laptop tidak terlalu mempengaruhi masa pakainya.

RAM

RAM mungkin satu-satunya komponen di laptop yang tidak memiliki umur tertentu. RAM dapat hidup 2-3 tahun atau 8-10 atau selama motherboard beroperasi.

Namun, kerusakan yang memang akan terjadi atau yang (sudah dikonsep), mungkin akan memaksa Anda untuk upgrade lebih cepat dibandingkan dengan yang Anda harapkan. Google Chrome misalnya, terkenal mengkonsumsi banyak RAM bahkan dengan penjelajahan internet biasa. Kabar baiknya adalah melakukan upgrade ke RAM cukup mudah dilakukan. 

AC Adaptor 

Sama seperti RAM, kita tidak dapat menentukan rentang umur untuk AC adaptor. Mereka benar-benar dapat bertahan seumur hidup jika Anda menanganinya dengan benar. 

Hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk laptop charger adalah membiarkannya terlalu panas. Menggunakannya di atas kain yang seratnya rapat (dense fabric), di dalam tas Anda, atau biasanya tanpa ventilasi yang cukup, akan menyebabkan sirkuit internal terbakar sebelum waktunya.

Tentunya Anda harus selembut mungkin dengan kabel karena kusut dan bengkok juga dapat merusak kabel sebelum waktunya.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Evolusi Software Mempengaruhi Umur Panjang Laptop
Artikel
Evolusi Software Mempengaruhi Umur Panjang Laptop
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Software penting untuk era digital. Software pertama dikembangkan tahun 1940-an. Yuk baca Evolusi Software Mempengaruhi Umur Panjang Laptop
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo