20+ Email Marketing Tools Terbaik Agar Bisnis Lancar

Tertarik kah untuk membuat email marketing sendiri? Yuk simak rekomendasi email marketing tools agar email campaign bisa berjalan efektif dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Langsung simak sampai kelar yuk 20+ Email Marketing Tools Terbaik Agar Bisnis Lancar

Apa Itu Email Marketing Tool?

Email marketing tools adalah software yang memungkinkan pengguna untuk mengirim email massal ke pelanggan dan kontak mereka. Sehingga, kalian sebagai pemilik bisnis bisa mengirim pesan yang sebagian disesuaikan dengan kebutuhan individu dan mengirimkan iklan, promosi, dan pemberitahuan penting lainnya.

Beberapa tool email marketing juga dapat digunakan untuk mengukur tingkat respons dan melacak tingkat konversi serta menganalisis perilaku pelanggan.

Fitur yang Harus Dimiliki dalam Email Marketing Tool

Silakan kalian bisa memperhatikan hal-hal berikut ini sebagai pertimbangan:

1. Mudah digunakan (Ease of Use)

Email marketing tools yang baik memiliki antarmuka intuitif yang mudah dipahami dan digunakan. Kalian bisa menyesuaikan bagian konten email dengan fleksibel, termasuk dalam mengedit desainnya dan melakukan tes dan preview.

2. Harganya terjangkau atau sesuai budget 

Meski tersedia beragam paket dengan pilihan harga, tetaplah pilih sesuai budget. Maksimalkan fitur yang diberikan paket sesuai budget kalian.

3. Deliverability

Fitur ini memungkinkan untuk mengirim email dengan tingkat keberhasilan tinggi. Hal ini memastikan bahwa email kalian dikirim ke tujuan yang tepat.

aspek ini sangat penting untuk dipertimbangkan sebab setiap email yang terkirim, belum tentu masuk ke inbox penerima. Beberapa email justru banyak masuk ke folder spam atau junk mail. Karena IP yang memberikan email sudah dideteksi sebagai spammer

4.  Email marketing template

Pilihan template yang baik adalah yang dapat disesuaikan dengan jenis email yang akan dikirimkan, seperti newsletter, promosi, dan sebagainya. Selain itu, juga dapat menyesuaikan tampilan email untuk beberapa perangkat, seperti desktop, tablet, dan ponsel.

5. Memiliki CRM dan fitur marketing automation

Dengan menggunakan CRM software, kalian dapat mengirimkan email promosi dan lainnya dengan target yang spesifik sehingga fitur ini sangat penting. Sedangkan marketing automation berfungsi untuk mengatur dan menerapkan strategi pemasaran yang akan terus beradaptasi sesuai perubahan pelanggan. 

6. Memiliki Integrasi dengan software marketing populer lainnya

Pastikan yang dipilih terintegrasi dengan software penunjang bisnis digital ya, seperti CRM, Google Analytics, dan sebagainya. Sistem yang terhubung akan memudahkan dalam merekam semua aktivitas yang terjadi antara bisnis kalian dengan pelanggan.

7. Memiliki knowledge base yang terdokumentasi lengkap

Email marketing tool yang baik memiliki panduan yang terdokumentasi dengan baik, yaitu untuk membantu para pengguna baru memahami dan menggunakan fitur-fitur yang disediakan. 

8.  Memiliki tim support yang baik

FYI, support team menjadi penting sekali bagi penyedia email marketing tools sebab semuanya akan dilakukan sendiri. Sehingga, setiap masalah yang terjadi dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

9. Memiliki fitur keamanan dan tunduk pada aturan privasi

Fitur ini memungkinkan untuk memastikan bahwa semua email yang dikirimkan dan diterima telah memenuhi semua aturan peraturan yang berlaku. Selain itu, memungkinkan untuk mengirim email yang aman untuk dibaca.

20+ Email Marketing Tools Terbaik Agar Bisnis Lancar

Berikut ini email marketing tools yang layak dipertimbangkan untuk memperkuat pemasaran online kalian.

1. MailChimp 

Bisa dibilang MailChimp adalah software email marketing yang terpopuler. Mereka menganalisis miliaran email untuk disesuaikan dengan tujuan campaign bisnis kalian menggunakan AI.

email marketing tools

Tersedia versi gratis yang mampu mengirim hingga 12.000 email perbulan kepada 2.000 orang. Sedangkan biaya berlangganan termurah Rp 195.000,-/bulan dengan pengiriman email tak terbatas.

2. HubSpot 

HubSpot juga salah satu software email marketing yang banyak digunakan karena fiturnya yang lengkap dan memiliki tim support yang handal.

email marketing tools

Harga berlangganan HubSpot berdasarkan jumlah kontak yang dimulai dari Rp 750.000,-/bulan untuk paket Starter. Banyak marketer pemula yang menggunakan HubSpot terlebih dahulu sebelum menggunakan email marketing tools lainnya.

3. Drip

Drip termasuk software email marketing yang dapat diandalkan karena banyak fiturnya dan mudah digunakan. Kompatibel dengan berbagai CMS dan platform ecommerce dan dapat mengirim email dalam jumlah besar dengan mulus.

Harga berlangganan Drip dimulai dari Rp 585.000,-/bulan untuk maksimal 2.500 kontak yang tersedia masa uji coba gratisnya selama 14 hari. Selanjutnya, harganya bisa disesuaikan dengan kebutuhan jumlah kontak yang diinginkan.

4. SendinBlue

SendinBlue memberikan fitur yang lengkap untuk menunjang strategi pemasaran, mulai dari pembuatan landing page, Drag-and-Drop Builder email, dan pemantauan SEO. Namun, keunggulan SendinBlue yang disukai penggunanya adalah memiliki plugin WordPress yang mulus. Sayangnya, software email marketing ini dikeluhkan loadingnya lemot. 

Harga berlangganan SendinBlue dimulai dari Rp 375.000,-/bulan dengan unlimited contact dan bisa mengirim 20 ribu email perbulan. Tersedia juga versi gratis dengan kuota 300 email perhari yang sudah dilengkapi dengan CRM.

5. Sender  

Sender disukai karena memiliki antarmuka dan visual editor yang mudah digunakan pengguna pemula. Pengguna juga dapat mengkostumisasi desain email dan mengelola daftar email dengan mudah. Namun, tim supportnya dikeluhkan kurang memuaskan.

email marketing tools

Sender memiliki biaya berlangganan sangat terjangkau yaitu Rp 150.000,-/bulan dengan kuota 30 ribu email perbulan. Tersedia juga versi gratis selamanya namun memiliki “watermark” Sender.

6. Bitrix24

Bitrix24 bisa menjadi pilihan terbaik bagi yang membutuhkan kolaborasi team. Fiturnya terintegrasi dengan CRM dan laporan analisisnya mendalam serta mendukung pengiriman SMS. Berbagai jenis konten yang kalian ingin masukkan ke dalam email marketing juga dapat dilakukan dengan Bitrix24. Meski begitu, fitur yang lengkap di Bitrix24 cenderung membuat pengguna bingung, terutama bagi yang tidak terbiasa menggunakan kanban atau project management.

bitrix24

Berbeda dengan penyedia alat email marketing lainnya, Bitrix24 menerapkan harga langganan per jumlah team/kolaborator. Paling murah adalah Rp 690.000,-/bulan untuk 5 pengguna dengan penyimpanan 24GB.

7. Benchmark

Benchmark memiliki keunggulan yang memikat pengguna seperti menyediakan fitur penargetan email yang beragam menggunakan menggunakan bahasa berbeda dan desain yang responsif. Namun, sayangnya antarmuka software email marketing ini sedikit rumit bagi mereka yang baru menggunakannya.

Harga paket berlangganan yang diberikan Benchmark mulai dari Rp 150.000,-/bulan dengan kuota 3.500 email yang sama dengan versi gratis. Namun, versi berbayar ini memiliki tambahan fitur, seperti landing page dan penjadwalan email.

8. Ortto (Autopilot) 

Melakukan email marketing tertarget dengan mudah dan cepat bisa dilakukan di Ortto. Fiturnya memungkinkan untuk mengirimkan email dalam berbagai format, termasuk HTML, teks, dan gambar serta memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan.

Kekurangannya adalah harganya relatif mahal dan team support yang kurang responsif. Paket berlanggan termurahnya saja Rp 1.485.000,-/bulan mencakup 5 ribu kontak dengan 14 hari masa uji coba gratis.

9. GetResponse

Sebagian dari kalian mungkin familiar dengan GetResponse karena banyak yang menggunakannya. Memang email marketing tools ini memiliki berbagai fitur ciamik termasuk pembuatan landing page, integrasi ke CRM dan ecommerce, pembuatan kuis, dan analisis yang mendalam.

Sayangnya harganya relatif agak mahal jika dibandingkan dengan software sejenis. Harga untuk layanan GetResponse bervariasi tergantung berapa banyak kontak kalian dan jenis layanannya. Harga dimulai dari Rp 225.000,-/bulan untuk 1.000 kontak.

10. MailJet 

MailJet mendapatkan review cukup bagus sebagai email marketing tools yang komplit untuk marketer. Pengelolaan kontak dan segmentasinya bagus dengan dukungan berbagai bahasa dan fitur analitik yang memuaskan. 

mailjet

Kekurangan MailJet yang dirasakan pengguna adalah fitur otomatisasinya terbatas dan workflow-nya tidak dapat diedit jika sudah berjalan. Fitur segmentasi-nya juga terbilang kurang. 

Untuk harganya terjangkau mulai dari Rp 225.000,-/bulan dengan kuota 15 ribu email tanpa batasan harian. Tersedia juga versi gratis dengan jatah 6 ribu email perbulan.

11. ConvertKit  

ConvertKit menyediakan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan sehingga pengguna mudah dalam mengelola kontak, membuat landing page, dan melakukan kegiatan email marketing lainnya. Support teamnya yang responsif bisa menjadi pertimbangan selain fitur integrasinya yang memuaskan.

Namun, email marketing tools ini tidak memiliki fitur penyegaran daftar kontak dan laporan yang kurang mendalam. Harga ConvertKit berbeda tergantung pada paket yang kalian pilih. Paket basic mulai dari Rp 435.000,-/bulan untuk 1.000 subscriber. Tersedia juga versi gratis untuk 300 subscriber.

12. MailterLite

MailterLite bisa jadi pilihan sebagai software email marketing tools karena budget friendly, yaitu gratis hingga 12.000 kontak. Penggunaannya pun mudah untuk pemula dan dilengkapi dengan fitur drag and drop untuk membuat desain email yang menarik.

Kalian juga bisa membuat formulir berlangganan pop-up menggunakan antarmuka drag-and-drop yang sama seperti yang kalian gunakan untuk newsletter

Tak ada dukungan untuk pengoptimalan mobile menjadi catatan kekurangan MailterLite. Begitu pun dengan dukungan untuk pengguna yang dirasa masih sangat kurang. Sedangkan untuk harga berlangganan MailterLite bervariasi mulai dari Rp 150.000,-/bulan hingga Rp 1.125.000/bulan. Tersedia juga versi gratisnya.

13. ActiveCampaign 

ActiveCampaign menjadi platform yang kuat untuk membuat dan mengelola email marketing yang efektif dan disesuaikan kebutuhan. Selain fitur otomatisasinya, fitur drag and drop yang fleksibel untuk membuat desain email disukai para penggunanya. 

Meski disukai namun fitur otomatisasinya dinilai terlalu kompleks untuk pemula. Begitu juga untuk mengedit beberapa tombol yang membuat beberapa pengguna harus bolak balik ke menu awal.

ActiveCampaign menawarkan Paket Starter mulai dari Rp 135.000,-/bulan dengan beberapa pilihan paket untuk perusahaan besar. 

14. Constant Contact

Integrasi yang banyak menjadi daya tarik untuk Constant Contact yang dapat digunakan di berbagai macam platform, termasuk Facebook, Twitter dan WordPress. Constant Contact juga memiliki sejumlah besar template responsif beserta fitur drag and drop. 

Dengan banyaknya keunggulan, beberapa review menyebutkan layanan dukungan konsumen Constant Contact kurang responsif. Dari sisi pembuatan konten juga menuai kritikan karena kurang bisa mengakomodasi kebutuhan pengguna.

Untuk paket berlangganan Constant Contact terdiri dari dua opsi yaitu Rp 149.000,-/bulan dan Rp 675.000,/bulan serta tersedia masa uji coba gratis 7 hari.

15. SendPulse

SendPulse menawarkan berbagai pengaturan otomatis dan pengiriman email yang cepat. Dukungan mobile iOS dan Android milik mereka juga memikat yang mudah dipantau. Berbagai alat pemantauan dan analitik milik SendPulse menambah alasan pengguna untuk setia memakai email marketing tools ini.

Meski begitu antarmukanya dinilai cukup rumit dan pengguna tidak bisa membuat desain email dengan fleksibel. Harga berlangganan SendPulse dihitung berdasarkan paket yang diambil dan kuota pengiriman email. Ada pilihan harga Rp 120.000,-/bulan untuk 500 email.

16. AWeber

Sebagai software email marketing, AWeber memiliki fitur yang lengkap dan terintegrasi dengan banyak platform serta mobile friendly. Kalian dapat membuat beberapa campaign email dengan template yang dikostumisasi dengan mudah. Pengguna menyukai email marketing tools satu ini sebab punya fitur analisis penjualan terintegrasi ke PayPal.

Beberapa review menyayangkan fitur spam dan design testing mereka yang kurang canggih. Biaya berlangganannya juga termasuk mahal dengan perincian yang kurang jelas.

Untuk paket berlangganan ada yang gratis dan yang berbayar mulai dari Rp 300.000,-/bulan untuk kuota pengiriman 500 email.

17. Moosend

Moosend memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif yang memudahkan pengguna baru. Mereka juga memiliki fitur pemantauan konversi untuk melacak konversi dengan mudah melalui konfigurasi yang sederhana. 

moosend

Sayangnya, Moosend memiliki fitur pembuatan landing page yang dikeluhkan kurang memuaskan dan pilihan bahasa yang terbatas. Selain itu, plugin WordPress-nya juga kurang up to date.

Moosend memiliki masa uji coba gratis 30 hari untuk mencoba semua fiturnya. Sedangkan Harga paketnya dimulai dari Rp 150.000,-/bulan untuk versi Pro.

18. Omnisend

Omnisend memiliki sejumlah fitur unggulan yang memudahkan untuk mengirim email marketing serta berbagai macam kontennya, seperti SMS, push notification, dan chatbot. Memberikan analisis data yang komprehensif dan terintegrasi dengan berbagai platform ecommerce

Namun beberapa review mengatakan bahwa menavigasikan Omnisend tidak mudah bagi pemula sehingga beberapa fitur tidak bisa digunakan dengan maksimal. Begitu juga dengan pop up form untuk newsletter yang terbatas.

Untuk harga Omnisend bervariasi dari Rp 240.000,- hingga Rp 15.000.000,-/bulan sesuai dengan kebutuhan. Tersedia juga versi gratis meski terbatas 500 email perbulan namun jumlah kontak tidak terbatas.

19. Zoho Campaigns 

Zoho Campaigns memikat penggunanya karena memberikan kontrol penuh atas campaign marketing mereka. Ketersediaan alat pengoptimalan tingkat konversi, integrasi dengan aplikasi analytic dan ecommerce serta pembuatan newsletter yang menarik. 

Namun, beberapa review mengeluhkan kesulitan menavigasikan email marketing tools ini karena begitu kompleks, tidak seperti HubSpot atau Pipedrive. 

Harga berlangganan Zoho Campaigns tersedia mulai dari Rp 75.000,-/bulan serta tersedia versi gratis yang terbatas dengan kuota 5 ribu kontak.

20. Campaign Monitor

Campaign Monitor disukai karena simpel dan mudah digunakan dengan berbagai pilihan fitur dan template. Mendukung pengiriman melalui berbagai platform, seperti Gmail, Outlook, dan iOS serta performa emailnya bisa diukur secara real-time.

tools

Campaign Monitor menawarkan paket berlangganan mulai dari Rp 135.000,-/bulan untuk 500 kontak dan paket harga lebih mahal untuk jumlah kontak lebih banyak.

21. Keap 

Keap memikat bagi yang mencari email marketing tools yang memungkinkan membuat daftar kontak yang beragam dan mengirimkan pesan email yang tepat dengan cepat. Oia, Keap menawarkan fitur CRM, otomatisasi marketing, landing page, dan laporan yang terbilang komplit untuk bisnis kecil menengah (UMKM).

Namun Keap dikeluhkan sebab memiliki harga berlangganan terbilang tinggi untuk level UMKM dengan kuota email yang sedikit. Harga yang ditawarkan Keap mulai dari Rp 300.000,-/bulan tergantung pada jumlah fitur yang dibutuhkan.

22. Campayn

Campayn memiliki antarmuka yang mudah dipahami oleh orang awam sekalipun. Sebagai email marketing tools, Campayn juga menyediakan lebih dari 200 template yang responsif dan dapat dikustomisasi.

Menariknya, mereka memiliki fitur kontrol akses yang memungkinkan pengguna untuk mengatur hak akses untuk setiap pengguna yang terdaftar.

Harga yang ditawarkan Campayn ada tiga paket berbeda, yaitu Basic (Rp 135.000,-/bulan), Plus (Rp 435.000,-/bulan), dan Pro (Rp 1.485.000,-/bulan).

23. EasySendy 

EasySendy memiliki fitur segmentasi yang kuat untuk mendukung campaign email marketing. Memungkinkan untuk mengelola dan mengirimkan kampanye email secara efektif menggunakan fitur otomatisasi dan pilihan template menarik.

Kekurangan EasySendy adalah fitur pemantauan kinerja dan laporannya masih terbatas. Begitu juga dengan pilihan bahasa yang terbatas.

Harga EasySendy menawarkan tiga paket harga yang berbeda, mulai dari Rp 285.000,-/bulan untuk 5.000 subscriber. Tersedia juga versi gratis hingga 2.000 subscriber dan email unlimited email perbulan.

24. Moonmail 

Moonmail memungkinkan untuk mengelola dan mengatur konten email dengan mudah dan terintegrasi API yang kuat. Laporan dan analisisnya untuk memonitor tingkat klik dari campaign email kalian juga bisa didapatkan dengan terperinci. Sayangnya, fitur segmentasi Moonmail masih kurang.

moonmail

Paket yang ditawarkan Moonmail ada 4 jenis yang dimulai dari Rp 660.000,-/bulan. Semua paket memiliki kelipatan harga untuk jumlah kontak tertentu.

25. SendX

SendX memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan oleh pemula. Masih ada fitur  segmentasi, integrasi dengan layanan lain, drag and drop untuk membuat email yang responsif, otomatisasi serta team support yang dapat diandalkan membuat SendX patut dipertimbangkan. Sayangnya, kontrol spam masih lemah.

SendX menawarkan tiga paket harga yang berbeda, mulai dari Rp 149.000,-/bulan untuk paket Starter. Paket gratis juga tersedia untuk penggunaan hingga 2.000 penerima.

Okay, kini kalian sudah tahu aplikasi email marketing terbaik yang dapat membantu kalian dalam menjalankan dan menyempurnakan kampanye pemasaran.

Oia, kalian perlu membuat email dengan domain sendiri ya karena sekarang ini cara membuatnya lebih mudah, aman, sekaligus keren! Gunakan layanan  email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com sehingga menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

One response to “20+ Email Marketing Tools Terbaik Agar Bisnis Lancar”

Leave a Comment