Apa Itu Domain .io, Kelebihan, dan Kekurangannya

Apa Itu Domain .io, Kelebihan, dan Kekurangannya

Penentuan nama dan Top-Level Domain (TLD) yang tepat sangatlah penting dalam pembuatan website. Namun, prosesnya mungkin cukup sulit karena ada lebih dari 1.500 TLD yang tersedia. Apakah kalian juga menyadari bahwa dari semuanya, .com dan .io adalah beberapa yang sering kita jumpai. Setiap domain ini memiliki tujuannya sendiri. Misalnya, .com cocok untuk website komersial, sedangkan .io adalah TLD yang cukup populer di dunia korporasi teknologi. Yuk, baca sampai akhir Apa Itu Domain .io, Kelebihan, dan Kekurangannya

Apa Itu .io?

.io yang merupakan singkatan dari Input/Output adalah domain yang secara umum populer untuk perusahaan perintis, teknisi, pembuat kode, dan ahli. Meskipun sebenarnya ini adalah domain kode negara untuk wilayah Britania di Samudra Hindia, domain .io juga pilihan bagus bagi siapa pun yang mencari domain sangat singkat.

Awal Mula Domain .io

TLD .io pertama kali didelegasikan ke Internet Computer Bureau (ICB) oleh sebuah organisasi bernama Internet Assigned Numbers Authority (IANA), yang bertugas untuk menangani root zone Domain Name System (DNS).

Setelah itu, Levis Strauss mendaftarkan nama domain levi.io untuk kebutuhan lain yang tidak hanya terbatas pada identitas geografi.

Domain .io sekarang dioperasikan oleh Afilias, sebuah registry di Amerika Serikat yang juga mengelola domain .mobi dan .info.

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Domain .io

Dibandingkan dengan top-level domain populer lainnya, .io sebenarnya jarang digunakan. Justru ekstensi domain ini sekarang makin populer di situs-situs teknologi dengan traffic yang tinggi.

Berikut contoh website .io yang cukup terkenal:

  • Opensea.io marketplace non-fungible token (NFT) terbesar saat ini.
  • Etherscan.io – website ini digunakan untuk mencari transaksi blockchain Ethereum.
  • Greenhouse.iosoftware Applicant Tracking System (sistem pelacak pelamar kerja) dan rekrutmen.

Meski yang mendominasi segmen pengguna .io adalah industri teknologi, ekstensi ini sebenarnya tersedia untuk bisnis apapun, lho. Pengunjung website biasanya menganggap domain ini lebih umum dibanding domain khusus negara lainnya.

Karena alasan inilah, Google memperlakukan .io sebagai salah satu generic country-code TLD, yaitu ccTLD yang diakui sebagai top-level domain generik.

Lain halnya dengan TLD .ly yang mungkin sering dijumpai karena banyak bisnis yang menggunakan ekstensi ini, seperti Bit.ly dan Ow.ly. 

Akhirnya, .io pun menjadi salah satu trik yang digunakan sejumlah perusahaan global agar bisa memiliki nama brand yang mudah diingat. Mereka tidak harus berada di Kepulauan Chagos untuk bisa menggunakannya atau mengorbankan upaya SEO karena domain tidak sesuai negara.

Salah satu contohnya adalah Marco Rubio yang berhasil menggunakan rub.io pada saat kampanye presiden AS. Bricklink, platform penjualan dan pembelian kepingan LEGO, menggunakan stud.io untuk mengarahkan pengunjung ke halaman software studionya.

apa itu domain .io 1

Ada juga para penutur bahasa Italia dan Esperanto yang menggunakan .io untuk membuat domain yang relevan secara geografis dan keyword. Dalam bahasa Italia, ‘io’ berarti ‘saya’ dan bisa digunakan sebagai plesetan nama resmi daerah dan negara.

Contohnya, esperant.io mengarah ke website Libera Folio, sebuah buletin online yang ditulis dalam bahasa Esperanto.

apa itu domain .io 2

Apa Hubungan .io dan Perusahaan Teknologi?

Perusahaan lainnya dalam dunia teknologi menggunakan .io sehubungan dengan topik input/output. Perusahaan-perusahaan ini meliputi organisasi open-source dan pelaku sektor layanan finansial, seperti perusahaan mata uang crypto.

Berbagai proyek video game juga menggunakan domain .io karena istilah ini sudah lumayan dikenal untuk game berbasis browser berkomponen multiplayer dan grafik yang minimalis.

apa itu domain .io 3

Kelebihan dan Kekurangan Domain .io

Berikut ini kelebihan dan kekurangan penggunaan ekstensi ini pada alamat web kalian:

Kelebihan Domain .io

Berikut adalah kelebihan domain .io untuk website kalian:

  • Afiliasi teknologi – .io sudah cukup dikenal di dunia teknologi dan komunitas startup. Domain ini pun cukup efektif untuk komunikasi eksternal, membantu orang-orang tahu bisnis kalian termasuk dalam industri apa.
  • Ketersediaan yang luas – dibandingkan dengan domain lain, seperti .com dan .net, domain .io hanyalah sekitar 0,6% dari semua domain yang ada di dunia. Jadi, ketersediaan TLD ini bisa lebih tinggi daripada opsi lainnya jika kalian membeli nama domain untuk brand kalian.
  • Dikenali dengan baik oleh mesin pencari – Google tidak mengaitkan .io dengan Wilayah Samudra Hindia Britania, yang berarti mesin pencarinya tidak secara spesifik menyasar area geografis tersebut saat menampilkan website-website .io di halaman hasil pencarian.
  • Kreativitas nama – gunakan .io untuk meringkas URL kalian dan membuat domain yang gampang diingat.

Kekurangan Domain .io

Ekstensi domain .io juga memiliki kekurangan:

  • Harga yang lebih mahal – harga nama domain bergantung pada ekstensi, ketersediaan, dan popularitasnya. Domain .io lebih mahal daripada .email atau .com. Salah satunya karena sudah cukup populer serta banyak diminta di kalangan industri teknologi dan startup.
apa itu domain .io 4
  • Masih kurang tepercaya dan sedikit sulit diingat – dibandingkan dengan domain populer seperti .com dan .org, domain .io kurang tepercaya dan tak mudah diingat. Penyebabnya mungkin karena domain .io cenderung masih baru serta belum memiliki kredibilitas dan reputasi sebaik .com.
  • Sejarah yang kontroversial – ada masalah geopolitik atas Kepulauan Chagos antara Inggris, Mauritius, dan Amerika Serikat. Masalah ini bisa saja menonaktifkan BIOT (kode negara ISO-3166 untuk IO) dan domain .io, seperti bisnis di Inggris yang tidak bisa mendaftar atau memperpanjang domain .eu setelah terjadinya Brexit.

Kalau ingin menggunakan ekstensi .io, pastikan kalian membeli domain dari provider dengan reputasi yang baik seperti Jetorbit. Semua nama domainnya dilengkapi dengan perlindungan privasi dan bantuan ahli 24 jam. Kalian juga bisa membeli paket web hosting kami untuk mendapatkan nama domain gratis. Selain itu, Jetorbit juga menyediakan produk VPS, lho.

Semoga artikel ini bisa membantu kalian ya untuk memutuskan apakah akan menggunakan domain .io untuk website kalian atau tidak. Kalau sudah yakin, segera daftarkan domain impian kalian selagi masih tersedia melalui registrar atau provider hosting terpercaya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like