domain gratis untuk membuat website

Di dunia internet, domain adalah salah satu elemen penting untuk membuat sebuah website, apalagi jika itu adalah domain gratis. Fungsi domain yaitu sebagai alamat yang memudahkan calon pengunjung untuk mengenal dan mengingat suatu halaman website. Nah, gimana caranya jika mau membuat website dengan domain gratis? Okay, akan kami sampaikan caranya, makanya simak sampai tuntas ya Domain Gratis untuk Membuat Website

Berapa Perkiraan Harga Domain?

Ada beberapa jenis generic top-level domain (gTLD) yang mempunyai fungsi masing-masing. Nah, berikut ini jenis gTLD yang tersedia di Jetorbit, yaitu:

  • .com: biasa dipakai untuk keperluan komersial atau perusahaan. Harga pertahun: Rp 130 ribu.
  • .org: biasa dipakai oleh website organisasi. Harga pertahun: Rp 180 ribu.
  • .biz: biasa dipakai untuk keperluan bisnis. Harga pertahun: Rp 200 ribu.
  • .name: bisa dipakai untuk keperluan website profil pribadi. Harga pertahun: Rp 150 ribu.
  • .id: cocok dipakai jika target pasar kalian adalah orang Indonesia. Harga pertahun: Rp 250 ribu.

Selain harga domain, kalian juga masih perlu mempertimbangkan harga hosting untuk membuat website. Tak perlu cemas. Jika ingin mencoba membuat website tanpa mempedulikan kredibilitas, ada beberapa domain gratis yang bisa kalian coba.

Domain Gratis untuk Membuat Website

Berikut ini ada beberapa domain gratis yang bisa kalian gunakan untuk membuat website. Domain gratis berikut berasal dari beberapa country code top-level domain (ccTLD).

.tk

Domain .tk adalah salah satu domain gratis yang bisa digunakan untuk melakukan eksperimen untuk website. Nama .tk adalah singkatan dari Tokelau, daerah di sekitar Selandia Baru. Domain ini cocok digunakan sebagai simulasi website, mengingat .tk masih terlihat kurang kredibel.

.ml

Domain gratis yang satu ini berasal dari salah satu daerah di Afrika Barat, yaitu Mali. Dikarenakan gratis, mau tak mau domain .ml mempunyai batasan tertentu, seperti jumlah traffic yang terbatas, nama domain yang terbatas, serta kredibilitas yang kurang meyakinkan. Namun, demi fungsinya untuk melakukan eksperimen pada website, ekstensi domain ini masih bisa kalian gunakan.

.ga

Sama seperti Mali, .ga juga berasal dari benua yang sama, Afrika, tepatnya dari daerah Gabon. Penggunaan domain ini bisa berbayar jika menggunakan jenis domain spesial, yaitu domain yang menggunakan sedikit huruf sehingga lebih mudah diingat. Harga yang dibanderol untuk domain spesial ini sekitar sekitar Rp 100 ribu/tahun.

.cf

Nama .cf adalah singkatan dari Central African atau Afrika Tengah. Sama seperti domain gratis lainnya, .cf juga mempunyai batasan tertentu. Kalian juga bisa membeli domain .cf jika ingin menggunakan nama domain premium. Tapi jika target sasaran kalian adalah pengunjung website dari Indonesia, apakah kalian yakin ingin membelinya?

.gq

Berdasarkan informasi dari freenom.com, domain gratis yang berasal dari Guinea Ekuator (Equatorial Guinea) ini juga menyediakan domain spesial yang dibanderol dengan harga sama dengan tiga ekstensi domain lainnya, kecuali .tk. Pasalnya, jika ekstensi domain lain dapat dibanderol seharga Rp 100 ribu, .tk mungkin bisa lebih mahal.

Oia, sebaiknya kalian juga mengetahui kelebihan dan kekurangan domain gratis. Kelebihannya adalah tentu kalian tak perlu memikirkan biaya tambahan untuk domain jika kalian hanya ingin mencoba membuat website yang tak membutuhkan kredibilitas atau menduduki peringkat SEO.

Kalian juga bisa bereksperimen dengan website gratis yang kalian miliki dengan jangka waktu sesuai hosting yang disewa.

Ada juga beberapa kekurangan yang sebaiknya dihindari. Misalnya, kalian akan sulit mendapatkan kepercayaan dari orang lain jika website kalian berakhiran domain gratis di atas sehingga website tidak kredibel. Selain itu, jika kalian menggunakan layanan hosting selama satu bulan, apakah kalian yakin waktu tersebut cukup untuk mengutak-atik seluruh website?

Meski gratis tapi kelima domain tersebut mungkin hanya cocok jika digunakan sebagai website simulasi saja. Kalau kalian mau memiliki website yang lebih kredibel dan dikenal oleh Google Bot, mau tak mau kalian harus menggunakan domain berbayar.

Cara Mendapatkan Domain Gratis

Di Jetorbit, kalian bisa mendapatkan domain berbayar secara gratis Web Hosting untuk paket Moon, Venus, Earth, dan Jupiter serta WordPress Hosting! Mau tahu caranya? Okay deh, simak yuk caranya!

  1. Kunjungi halaman Web Hosting dan WordPress Hosting Jetorbit.
domain gratis untuk membuat website 1
domain gratis untuk membuat website 2

2. Silakan pilih paket hosting yang kalian butuhkan, minimal order 1 tahun. 

3. Cek ketersediaan nama domain yang ingin kalian gunakan, pastikan paket yang kalian pilih sudah sesuai, pilih server hosting, dan CMS jika perlu. Setelah itu, klik tambahkan ke Cart.

Kalian akan diredireksikan ke halaman pemilihan domain. Nah, di sini kalian memiliki 3 pilihan, yaitu:

  • Beli Nama Domain Baru di Jetorbit – kalian membeli nama domain baru di Jetorbit dengan durasi satu tahun.
  • Transfer Nama Domain Saya ke Jetorbit – Jika kalian memiliki nama domain di hosting lain dan ingin memindahkan nama domain tersebut ke Jetorbit.
  • Gunakan domain yang sudah ada – kalian telah memiliki domain dan hanya ingin order hosting untuk domain tersebut.
domain gratis untuk membuat website 3

Silakan ketik domain baru kalian di kolom www. jika ingin membeli domain baru. Atau, kalian dapat memilih opsi lain sesuai dengan kebutuhan kalian. Perlu diingat bahwa transfer nama domain akan dikenakan biaya perpanjangan domain tersebut untuk satu tahun.

Setelah kalian memasukkan nama domain yang kalian inginkan klik tombol “Periksa.” Ini akan melakukan pemeriksaan pada ketersediaan domain kalian di jaringan internet. Jika nama domain Unavailable, artinya domain tersebut sudah diambil dan tidak tersedia. Silakan pilih nama domain yang baru atau menggunakan ekstensi yang baru.

Jika Domain Tersedia Anda akan melihat gambar ini:

domain gratis untuk membuat website 4

Klik tombol ”Selanjutnya” atau kalian dapat menambahkan domain lagi dengan ekstensi yang lain.

4. Perhatikan kembali biaya yang harus kalian bayarkan, ya. Jika ingin menggunakan kode promo, silakan kalian lihat kode promo di halaman promo kami di sini. Lalu klik “Checkout”. Jika kalian belum mendaftar di Jetorbit maka kalian akan diminta untuk mengisi form pendaftaran seperti Nama, Alamat, dan lain-lain. Silakan masukkan informasi yang dibutuhkan sesuai instruksi form tersebut. Jika kalian sudah mendaftar di Jetorbit klik tombol “Telah Terdaftar?”. Kalian juga akan diminta memilih metode pembayaran, pastikan kalian mencentang “Saya telah membaca dan menyetujui ringkasan d iatas dan Aturan Layanan

domain gratis untuk membuat website 5

5. Sekarang kalian hanya perlu melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi pada tagihan digital. Setelah kalian klik Selesaikan Pesanan, kalian akan masuk ke halaman tagihan tersebut. Setelah mendapatkan tagihan dan melakukan pembayaran via transfer via atm/internet banking/sms banking atau apapun, sekarang saatnya kalian konfirmasi pembayaran kalian di sini. Maksimal konfirmasi pembayaran adalah 24 jam namun biasanya kami proses sangat cepat tidak perlu menunggu 1 jam.

Okay, jadi gimana? Sudah mulai memperkirakan nama domain gratis apa yang hendak kalian pakai? 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment