Cara Menggunakan Volume Pencarian Kata Kunci Untuk SEO

Sharing is caring!

Tahukah kalian jika volume pencarian adalah salah satu metrik penting dalam riset kata kunci? Volume pencarian kata kunci adalah salah satu metrik yang paling sering digunakan untuk riset kata kunci tapi sangat disalahpahami. Okay, baca sampai selesai yuk Cara Menggunakan Volume Pencarian Kata Kunci Untuk SEO

Apa Itu Volume Pencarian Kata Kunci? 

Volume pencarian kata kunci adalah jumlah pencarian untuk kata kunci tertentu pada mesin pencari tertentu selama periode waktu tertentu.

Bagaimana Volume Pencarian Kata Kunci Digunakan?

Dalam optimasi pencarian organik, penggunaan utama volume pencarian kata kunci ialah dalam riset kata kunci untuk menemukan informasi SEO yang berguna untuk hal-hal berikut ini:

  • Potensi penggerak lalu lintas dari kata kunci.
  • Tingkat kesulitan kompetitif kata kunci.
  • Membuat perkiraan lalu lintas.
  • Menentukan musim.

Cara Menggunakan Volume Pencarian Untuk SEO

Berikut ini ada beberapa kegunaan utama dari data volume pencarian untuk SEO:

Menentukan Nilai Potensial Kata Kunci

Meskipun tampaknya intuitif bahwa semakin banyak volume pencarian kata kunci maka semakin banyak lalu lintas yang dapat didorongnya, tapi pada kenyataannya ada banyak faktor lain yang mempengaruhi potensi pendorong lalu lintas, termasuk:

  • Relevansi kata kunci dengan situs dan audiens kalian.
  • Rasio klik-tayang (click-through rate) sebenarnya pada penelusuran.

Yang terakhir dapat sangat dipengaruhi oleh fitur pada halaman pencarian yang dapat memenuhi permintaan pengguna tanpa mereka mengklik ke situs.

Jadi, jumlah volume pencarian yang ditampilkan untuk sebuah kata kunci seharusnya hanya menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan ketika menilai prioritas untuk penargetan kata kunci.

Menilai Tingkat Kesulitan Relatif Kata Kunci

Umumnya, semakin tinggi volume kata kunci maka semakin banyak persaingan untuk poin tersebut di SERP.

Hal itu berarti akan membutuhkan lebih banyak upaya untuk memberi peringkat tinggi pada kata kunci dengan volume yang lebih tinggi.

Sebenarnya, skor kesulitan kata kunci yang dibangun dengan baik mungkin lebih berharga daripada hanya sekedar volume pencarian saja. Mungkin saja kata kunci bervolume tinggi memiliki kesulitan yang relatif rendah tapi ketika itu terjadi, kalian perlu menggali lebih dalam untuk mengetahui alasannya.

Bisa jadi nih, kalian telah menemukan peluang yang belum ditemukan oleh pesaing kalian tapi bisa juga berarti bahwa kata kunci ini tidak akan menghasilkan lalu lintas yang bermanfaat untuk kalian.

Membuat Estimasi Potensi Traffic 

Sengaja menggunakan kata “membuat” karena merupakan mitos saja nih bahwa volume pencarian yang lebih tinggi berkorelasi dengan potensi lalu lintas yang lebih tinggi.

Hal ini dapat diartikan: karena lebih banyak orang dalam saluran pencarian (search pipeline) berarti lebih banyak orang yang berpotensi mengklik hasil kalian.

Kemungkinan lain yang melemahkan potensi lalu lintas pencarian populer adalah fitur, seperti Featured Snippets

Nah, untuk alasan tersebut, alat riset kata kunci sering menggunakan rumus yang menggabungkan volume pencarian dengan perkiraan click-through rate.

Menentukan Musim

Alat yang menunjukkan tren volume pencarian kata kunci dari bulan ke bulan dapat menjadi panduan terbaik kalian terkait seberapa besar nih terkait poin waktu dalam setahun mempengaruhi minat pada kata kunci kalian.

Perlu kalian ingat nih bahwa jumlah yang dilaporkan oleh Google Ads Keyword Planner adalah rerata 12 bulan sehingga tidak memberikan indikasi terkait variasi musiman.

Dalam kasus situs e-Commerce nih, pengetahuan ini bisa sangat berharga dalam mengetahui kapan harus meningkatkan upaya untuk suatu produk atau kategori tertentu. Contoh di bawah ini tentang tren volume penelusuran 24 bulan untuk “mantel tebal”.

volume-pencarian-kata-kunci-1

Kita gak merasa heran jika pencarian mantel tebal mulai menanjak pada musim gugur dan puncaknya pada November.

Okay Guys, bisa dibilang volume pencarian tidak diragukan lagi memang menjadi metrik kunci untuk riset kata kunci yang efektif. Namun, peneliti harus menyadari juga nih keterbatasan metrik volume pencarian serta cara untuk meningkatkan informasi yang disediakan oleh data volume pencarian untuk memungkinkan penilaian yang lebih akurat.

Nah, jika kalian bisa memahami tentang volume pencarian, hal itu akan menjadi bagian yang lebih berharga dari riset kalian sendiri dan proses penilaian kata kunci.

Guys, btw, kalian jangan lupa untuk optimasi performa website, ya. Penting lho untuk menggunakan layanan website berkualitas, mulai dari domain, hosting, dan layanan pendukung lainnya. Nah, untuk mendapatkan itu semua, silakan berkunjung ke Jetorbit untuk mencari sesuai kebutuhan kalian. Selain itu, Jetorbit juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Good luck

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Menggunakan Volume Pencarian Kata Kunci Untuk SEO
Artikel
Cara Menggunakan Volume Pencarian Kata Kunci Untuk SEO
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Volume pencarian adalah salah satu metrik penting dalam riset kata kunci. Baca yuk Cara Menggunakan Volume Pencarian Kata Kunci Untuk SEO
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment