Cara Menggunakan TikTok Untuk Pemasaran B2B

Sharing is caring!

Guys, yuk pelajari bersama-sama terkait bagaimana dan mengapa menggunakan TikTok untuk pemasaran B2B lalu membawa kampanye kalian ke level berikutnya dengan video sosial yang menarik serta kreatif. Okay deh, yuk baca Cara Menggunakan TikTok Untuk Pemasaran B2B

Manfaat TikTok Untuk Pemasaran B2B

Networking

Networking adalah taktik inti dalam pemasaran B2B; bisa melalui LinkedIn yang dirancang untuk membentuk koneksi online dengan profesional bisnis lainnya.

Meskipun TikTok tidak dirancang untuk para profesional, bukan berarti TikTok tidak dapat digunakan untuk berjejaring secara efektif, lho, Guys.

By the way, tagar khusus lokal dapat digunakan untuk terhubung dengan profesional lokal lainnya dan calon pelanggan potensial. Sebagai contoh, agen pemasaran yang berbasis di Yogyakarta bisa menggunakan #YogyashareBusiness atau #SmallBusinessTikTokYk.

Jika tagar tersebut memiliki tampilan dalam ribuan, artinya lebih mudah bagi pengguna untuk menemukan video kalian.

Ini sama saja dengan pemilihan kata kunci untuk SEO, kalian tentu ingin memilih tagar atau kata kunci yang memberi kalian sebuah peluang bagus untuk ditemukan.

Berpartisipasi dalam tren audio yang sesuai dengan merek, tujuan, dan audiens yang kalian tuju adalah cara lain untuk ditemukan dan berjejaring dengan calon pelanggan potensial.

Tapi, jangan berpartisipasi dalam tren demi itu ya Guys, selektif dan pilihlah yang akan membantu kalian untuk mencapai tujuan pemasaran kalian.

Membangkitkan Emosi

Saat memikirkan pemasaran B2B, kata “emosi” mungkin bukan yang pertama kali muncul di pikiran.

Platform informal seperti TikTok mungkin tampak terlalu asing dibandingkan dengan blog perusahaan kalian atau posting Twitter dan LinkedIn kalian sendiri.

Pada akhirnya, klien potensial tidak jauh berbeda dengan konsumen B2C. Mereka masih mencari kepercayaan dan keaslian pada suatu produk atau jasa.

Tentunya, kalian dapat membagikan hal-hal ini di post LinkedIn atau blog perusahaan.

Tapi, format video dan sifat informal dari TikTok dapat menghasilkan penyampaian yang lebih pribadi dan ROI yang lebih baik, lho. Dengan kata lain, video dapat menambah nilai besar pada strategi media sosial.

Hal ini terbukti menghasilkan lebih banyak konversi prospek daripada hanya sekedar menyajikan konten gambar dan teks.

Hasil Cepat

Kalian tidak membutuhkan banyak pengikut untuk mencapai suatu keterlibatan tinggi di TikTok kok karena jumlah pengikut kalian dan keterlibatan sebelumnya tidak menjadi faktor di dalam algoritma TikTok.

Sebaliknya, video itu justru diberi peringkat satu persatu, terlepas dari profil kalian.

Bukan Hanya Untuk Kaum Muda

Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa TikTok hanya berguna untuk pemasaran kepada kaum muda.

Ketika kalian mempertimbangkan bahwa TikTok ini memiliki lebih dari 1,1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, sebenarnya ini memberi kalian audiens yang cukup besar untuk ditargetkan, lho.

Bagaimana Melakukan Pemasaran B2B dengan TikTok

Berinteraksi

Media sosial sebenarnya tentang menyatukan banyak orang. Gunakan TikTok untuk menyatukan audiens target kalian dan menjalin hubungan dengan mereka.

Misalnya nih, kalian memberi tantangan #ayoumkmbangkit maka ini bisa mengundang usaha kecil untuk berbagi bagaimana mereka “melakukan” di tahun ini.

Memulai kampanye seperti ini dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dengan memperkenalkan nama kalian dan mendorong viewers untuk mengetahui lebih banyak tentang kalian.

TikTok juga memiliki Q&A comments function, yang mana menyoroti komentar yang berisi pertanyaan untuk pembuat video sehingga memungkinkan interaksi pribadi bahkan ketika kalian memiliki banyak komentar. Menarik, kan?

Tunjukkan Sisi Menyenangkan Kalian

Pemasaran B2B mendapatkan reputasi “membosankan” dan serius dari poin metode tradisional dan konvensionalnya. Tapi sebenarnya tidak harus seperti itu, sih.

Merangkul sisi menyenangkan perusahaan kalian dapat meningkatkan citra publik kalian dan membantu kalian agar bisa menonjol dibandingkan dengan pesaing kalian. Percaya, kah?

TikTok yang sukses memanfaatkan humor dan keterhubungan (connectedness). Kemampuan untuk menggunakan kembali audio tracks untuk berpartisipasi dalam tren,  dapat memberikan inspirasi dasar, lho.

Reuse, Recycle

Video pendidikan yang informatif merupakan cara yang bagus untuk menjual secara tidak langsung kepada calon pelanggan potensial. Kemungkinannya nih, bisa menghasilkan konten blog yang informatif itu sebenarnya sudah menjadi bagian integral dari strategi pemasaran B2B kalian.

Mendaur ulang konten ini di TikTok, mendatangkan beberapa manfaat, lho, Guys.

Pertama, kalian telah meneliti dan membuat konten yang kalian tahu akan bernilai bagi audiens kalian.

Kedua, metode ini dapat menambahkan sumber tambahan atas prospek potensial ke sales funnel kalian.

Dengan menjadikan saran atau panduan menjadi tips-tips kecil, kalian telah menunjukkan keahlian dan kepemimpinan pemikiran bisnis kalian, yang mana secara tidak langsung menjual layanan kalian.

Guys, dapat disimpulkan bahwa TikTok memiliki potensi untuk menjembatani kesenjangan emosional yang sering ditinggalkan oleh pemasaran B2B tradisional dan bisa memberikan jalan kreatif yang berharga bagi kita yang ingin mengubah strategi nih dan ingin menonjol dari pesaing kita.

Have a good day

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Menggunakan TikTok Untuk Pemasaran B2B
Artikel
Cara Menggunakan TikTok Untuk Pemasaran B2B
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bagaimana dan mengapa menggunakan TikTok untuk pemasaran B2B? Okay deh, yuk baca Cara Menggunakan TikTok Untuk Pemasaran B2B
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment