by

silvia

seo-tools-teratas-google

Guys, Google menawarkan rangkaian alat yang terus diperbarui yang berguna untuk SEO, lho. Alat ini membantu publisher untuk memahami mengapa halaman berkinerja buruk dan memandu mereka dengan saran khusus demi meningkatkan kinerja halaman web untuk tujuan peringkat yang lebih baik. Okay, yuk baca 5 SEO Tools Teratas Google

5 SEO Tools Teratas Google

Berikut ini ada lima SEO tools teratas Google yang bisa kalian gunakan:

Lighthouse

Lighthouse adalah alat peningkatan kinerja halaman web yang ada di setiap browser yang berbasis Chrome. Alat ini dapat diakses di dalam panel Chrome Dev Tools.

Berbagai cara untuk mengakses alat Google Lighthouse:

  • Pada mesin Windows, tekan tombol fungsi F12.
  • Di Windows atau Mac, klik kanan halaman dan pilih “Inspect” lalu pilih tab “Lighthouse”.
  • Di Mac, tekan: Command+Option+C
  • Di Windows, Linux, dan Chrome OS, tekan: Control+Shift+C
  • Di Chrome, klik menu 3 titik di sudut kanan atas lalu More Tools => Developer Tools
seo-tools-teratas-google-1
seo-tools-teratas-google-2

Lighthouse Menawarkan 5 Kategori Feedback

Saat ini menyediakan lima kategori feedback kinerja SEO:

  1. Performance.
  2. Progressive Web App.
  3. Best Practices.
  4. Accessibility.
  5. SEO.

Meskipun aksesibilitas tidak sepenuhnya merupakan metrik terkait SEO namun aksessibilitas ini justru berkaitan dengan pengalaman pengguna yang sudah berkunjung atau berniat mengunjungi suatu situs yang telah dinonaktifkan.

Jika ada feedback nih dari lima kategori tersebut maka bisa digunakan untuk membantu meningkatkan visibilitas pencarian di sebagian besar halaman web.

Beberapa Metrik Laporan Lighthouse Chrome Aktif

  • Viewport Meta Tag.
  • Elemen Judul.
  • Meta Description.
  • Kode Status HTTP.
  • Teks Deskriptif pada Tautan.
  • Status Halaman untuk Crawling dan Indexing yang Berhasil.
  • Memvalidasi Hreflang.
  • Memvalidasi rel=canonical.
  • Memeriksa keramahan seluler.
  • Memvalidasi keterbacaan font untuk perangkat seluler.
  • Memeriksa mobile tap targets.
  • Memeriksa apakah dokumen menghindari plugin browser untuk dilihat.
  • Memeriksa crawling dan indexing.
  • Memeriksa Robots.txt.
  • Memeriksa apakah halaman mengirimkan kode status HTTP yang berhasil.

Test My Site

Alat audit Test My Site dari Google menawarkan dua metrik:

  1. Perkiraan loading time di jaringan seluler 4G.
  2. Rekomendasi untuk mempercepat situs.
seo-tools-teratas-google-3

Ini adalah alat yang bagus untuk mendapatkan gambaran singkat tentang speed health suatu situs dan ini adalah titik awal yang baik untuk mendapatkan gambaran keseluruhan tentang pengoptimalan seluler.

Alat ini juga menawarkan untuk mengirim email laporan lengkap yang berisi saran untuk mempercepat halaman web yang diuji.

Mengapa Harus Menggunakan Test My Site

Kalian dapat memperoleh informasi serupa dengan menggunakan Page Speed Insights.

Namun alat Test My Site memberikan informasi dengan cara yang mudah dipahami, yang mana memudahkan non-developer untuk mendapatkan pemahaman tentang apa yang mungkin salah dengan kinerja situs seluler atau mobile.

Alat ini juga bagus bagi developers untuk mendapatkan gambaran umum secara singkat juga. Jika kalian ingin detail terperinci tentang apa yang perlu diperbaiki, silakan pergi ke Google’s Page Speed Insights..

Page Speed Insights

Page Speed Insights adalah alat yang memberikan skor kinerja Core Web Vital lab.

Core Web Vitals adalah metrik penting yang dibuat oleh Google untuk mewakili pengalaman pengguna di halaman web. Informasi terkait pengalaman pengguna sangatlah penting karena jika bisa memperbaiki masalah yang ada maka dapat meningkatkan rangking SEO, konversi penjualan, klik iklan, dan memberikan sedikit peningkatan faktor peringkat.

Alat online ini memberikan secara spesifik tentang apa sih yang menyebabkan perlambatan dan memberikan saran tentang cara memperbaiki masalah. Alat ini memberitahu skrip dan style sheets mana yang memperlambat situs, gambar mana yang terlalu besar, dan menawarkan banyak tips lain untuk mempercepat halaman web yang terkena pengaruh.

Mengapa Harus Menggunakan Page Speed Insights

Page Speed Insights tidak hanya menawarkan solusi yang berguna untuk masalah teknis tersembunyi yang mempengaruhi page speed tetapi juga merupakan sumber untuk mempelajari masalah tersebut.

Setiap masalah yang di-highlight tertaut ke halaman Google Developers yang mana menawarkan informasi background yang lebih mendalam dan penjelasan tentang cara memperbaiki masalah.

Safe Browsing Test

Google merayapi miliaran laman setiap hari untuk memeriksa malware. Alat ini akan melaporkan jika ada malware di situs. Alat ini juga akan memberikan tanggal terakhir kali situs diperiksa untuk malware. Beberapa situs juga diuji lebih sering daripada situs yang lain.

Mengapa Harus Menggunakan Alat Safe Browsing Test

Banyak orang tidak menganggap keamanan situs sebagai masalah SEO. Tapi keamanan situs dengan cepat menjadi masalah SEO ketika Google mulai menghapus URL dari indeksnya karena situs tersebut diretas.

Itu sebabnya keamanan situs harus dianggap sebagai bagian dari SEO. Kegagalan mengamankan situs dapat sangat berpengaruh pada visibilitas penelusuran.

Google Trends

Google Trends memberikan informasi tentang popularitas kata kunci serta mengelompokkan informasi berdasarkan waktu dan geografi.

Segmen waktu, misal bulan Januari sampai Maret di Jepang memang sedang musim dingin sehingga dapat memberikan kalian gambaran tentang bagaimana di saat musim tersebut dapat mempengaruhi kata kunci. Pengguna bisa jadi banyak melakukan pencarian dengan kata kunci sweater, boots shoes, atau shawl. Hal itu juga dapat menunjukkan kepada kalian jika kata kunci kehilangan popularitasnya.

Jika kalian melihat tren menurun pada kata kunci maka hal ini dapat menunjukkan bahwa produk atau tren dapat menyebabkan pencari kehilangan minat pada pencarian tersebut.

Mengapa Harus Menggunakan Google Trends

Google Trends juga penting untuk analisis kompetitif. Hal ini menunjukkan seberapa sering orang menelusuri Google dengan nama brand pesaing.

Garis tren menurut waktu akan menunjukkan kepada kalian terkait seberapa stabil sih tren tersebut, apakah itu naik, turun, atau stabil.

Jelas, garis tren pesaing yang sedang tren nih lalu turun itu bagus. Garis tren yang sedang tren lalu naik itu buruk.

Garis tren yang stabil (paling umum) berarti pesaing bekerja dengan baik dan kalian harus mengidentifikasi kelemahan mereka lalu menjadikannya kekuatan kalian, tentunya dengan banyak pertimbangan.

Okay Guys, jadi dengan alat-alat tersebut, kalian dapat melihat dengan tepat nih, sebenarnya apa sih yang dicari Google di situs, laman web, dan pengalaman pengguna yang berkualitas. Nah, silakan gunakan itu untuk keuntungan kalian demi mengoptimalkan sedekat mungkin dengan harapan Google dan audiens kalian.

Good luck

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment